Bangkalan, Berita, Sosial

Yang Menarik, Pelatihan Minggu ke Empat #BLC

Pelatihan pada sesi for students yang dijadwalkan minggu 22 April itu memberikan kesan tersendiri. Peserta kali ini datang dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mujahirin Arosbaya. Peserta yang berjumah 8 orang tersebut terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan dengan membawa laptop sendiri. Nampak kesan penasaran diwajah peserta kelas X itu saat pertama kali memasuki ruang BLC Telkom Bangkalan.

Pelatihan dimulai pukul 8.30 dengan pemateri Farid dan dua asistennya Eko dan weenda, seperti biasa pemateri memberikan materi tentang Internet, Blogging, Social media, dan Etika dunia maya. Disela-sela materi semua peserta ditanya apakah sudah punya email, ternyata jawabannya “belum”. Terlintas dipikiran *Punya laptop tapi tidak punya email* Menarik sekali untuk berbagi ilmu dengan mereka nih. Nah langsung deh ke TKP *hehe, maksudnya membimbing mereka membuat email. Yang menarik lagi mereka baru tahu cara mengkoneksikan wifi, memakai tab dari browser, bagaimana copy paste, letak notepad dan tools lainnya saat pelatihan berlangsung. Saat membuat email mereka tampak sedikit kesulitan, dengan sabar dan pelan-pelan kami membimbing mereka hingga akhirnya berhasil memiliki email.

Selanjutnya mereka bermain-main dengan blogdetik, proses ini semakin membuat peserta interaktif. Diselipi dengan materi Etika dunia maya, peserta dibimbing untuk menulis di blog, mengganti tema, mengganti password, dan saling berkomentar di blog teman. Dan tidak terasa jam dinding di BLC Telkom Bangkalan sudah menunjukkan pukul 12.00, saatnya kita mengakhiri sesi pelatihan kali ini. Kesan yang tertulis dari blog mereka adalah bahagia telah mengikuti pelatihan ini, senang mengenal Plat-m, dan ingin bergabung bersama Plat-m.

Kami berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk mereka kedepan. Tidak lupa kami ucapkan *Matorskalangkong* para peserta sampai bertemu di lain kesempatan.