Berita, Event, Madura, Pengumuman

Workshop Konservasi Sumber Daya Air

Ilustrasi

Surabaya – Perusahaan air mineral, Aqua mengadakan workshop bertema “ Konservasi Sumber Daya Air “ yang bertempat di Gedung Giri Reka Universitas Pembangunan Veteran Nasional (UPN) Surabaya (12/10/11).

Acara ini dihadiri oleh beberapa komunitas blogger dari kota Surabaya dan pulau Madura. Pada jam 10.00 acara dimulai melalui presentasi oleh Dr. Ir. Heru Hendrayana, dari Geological Engineering Dept. Faculty of Engineering, Gaja Madha University Yogyakarta yang membahas tentang sumber air minum dan karakteristiknya. Beliau menjelaskan panjang lebar seputar fungsi air dalam kehidupan manusia serta permasalahan global air tanah dan status air tanah dan konsep ketahanan air tanah. Sebelum sesi tanya jawab, beliau mengakhiri penjelasannya, beliau memberikan konsep untuk menjaga air dan lingkungan berupa kearifan lokal yang diformulasikan oleh Sri Hamengku Buwono berupa Hamangku, Hamengku, dan Hamengkoni

  1. Hamangku berarti banyak memberi (memelihara alam) dari pada menerima (mengambil dari alam), berbudi bawa leksana atau ber-kearifan dalam memberlakukan alam
  2. Hamengku berarti Harengkuh atau ngemong, melindungi dan menganyomi (alam) tanpa membedakan-bedakan jenis, tempat, kepemilikan dan sebagainya. Bersikap adil terhadap alam(ambeg parama arta), dan setiap orang harus siap berdiri paling depan untuk mengambil tanggung jawab terhadap terjadinya kerusakan alam.
  3. Hamengkoni berarti setiap orang harus mampu memberikan keteladanan yang mengandung watak –watak yang baik dalam upaya melestarikan sumber daya alam/air.

Pada jam 11.30 yaitu sesi kedua oleh bapak Basuki Rahmat, lelaki dari Balik Papan ini bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang intens dalam persoalan lingkungan hidup. Dalam penjelasannya beliau lebih menekankan dan mengajak semua blogger untuk menggerakkan masyarakat menanam pohon melalui konten dan tulisan. Menurutnya dengan menanam pohon maka pemanasan global dan perubahan iklim juga, di samping bisa mengurangi kemerosatan tanah sedikit bisa diatasi.

Materi yang terakhir yaitu dari bapak Jito yang bekerja di perusahaan air mineral, aqua. Menurutnya acara ini diadakan untuk member pemahaman kepada masyarakat dan terutama para blogger untuk perduli dan turut melestarikan air dan lingkungannya. Perusahaan Aqua selain untuk bisnis, sebagai sebuah perusahaan  juga memberikan keperdulian dalam permasalahan sosial.

Pada jam 13.00 acara baru selesai dan dilanjutkan dengan pembagian Doorprise kepada peserta. Berdasarkan pertanyaan yang diajukan , yaitu diambil lima pertanyaan yang terpilih berdasarkan bobot pertanyaan yang diajukan dan bentuk game dari panitia. Acara yang terakhir berupa sesi foto bersama antara peserta dan panitia dan pembagian goodie bug kepada peserta. (fd)