Berita

Tips Blogging Bersama Mbak Aulia

Aulia
Foto diambil dari laman facebook mbak Ollie

Perkenalkan nama saya Ahmad Fendi. Pada postingan ini, saya akan menuliskan kembali hasil wawancara yang saya lakukan dengan mbak Aulia Halimatussadiah, yang keren dipanggil Mbak Ollie, pada ASEAN Blogger Festival 2013, beliau adalah salah satu penulis yang cukup punya nama di negeri ini.

Kira-kira apa motivasi Mbak Ollie dalam hal blogging?

Aku sudah jadi blogger dari tahun 2003 dan kemudian aku lebih serius lagi pada tahun 2007. Dan aku selalu mengikuti dan bergabung kalau ada acara kumpul-kumpul blogger seperti Pesta Blogger dan juga Asean Blogger Conference makanya kalau tahun ini ketika ada lagi Asean Blogger Festival dan aku diminta jadi moderator maka aku mengatakan dan bersedia untuk mengikutinya. Rasanya, memang enak dan menyenangkan bergabung dengan blogger yang suka nulis, sharing-sharing pengalaman dan tukar pikiran terutama dengan ide-ide baru.

Kira-kira apa yang membedakan ketika menjadi blogger dan penulis buku?

Sebenarnya yang membedakan adalah medianya saja, kalau buku medianya adalah kertas dan dan kalau blogger medianya elektronik. Jadi untuk blogger semua orang bisa mengakses di seluruh dunia kalau buku ya terbatas kepada orang yang hanya membeli buku secara fisik.

Kira-kira ketika anda menulis buku atau blog apa sih tipsnya?

Soal tips itu, menurutku, ya kita harus rajin latihan menulis dengan rutin, jadi kita menulis tidak harus karena adanya inspirasi, mood ataupun tugas baru kita menulis. Dan perlu juga, kita harus mengalokasikan waktu setiap hari untuk menulis, seperti halnya sholat, kan ada waktu dan jadwalnya dan kita tetap diperintahkan untuk sholat meskipun kita sedang malas sekalipun. Begitu juga dalam gym, biasanya kalau kita olah raga kita biasanya rutin. Dan kenapa kita tidak menguatkan otot menulis kita dengan latihan menulis setiap hari.

Kira-kira apa pandangan anda terkait event ASEAN Blogger Festival 2013 ini?

Menurutku sangat bagus sekali, paling tidak kita bisa bertemu narasumber yang tepat dan mungkin selama ini. Kita hanya mendengarnya melalui kasak-kusuk di belakang dan kita sekarang bertemu langsung orang yang kita maksud. Oh, seperti ini orangnya tah .. orang-orang yang bisa kita tanyakan dan kita beri saran dari pihak pemerintah maupun pihak swasta. Dan kita juga bertemu dengan teman-teman blogger ASEAN bukan sekadar teman-teman blogger Indonesia, sehingga hal ini bisa memupuk rasa understanding kita, termasuk pemahaman antar komunitas. Oh, ternyata kamu begini dan negara seperti ini dan kota kamu seperti ini, jadi kita bisa lebih mengerti dan network kita bisa berkembang tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di kawasan asean.

Yang terakhir, kira-kira apa pesan mbak Olly terhadap teman-teman saya di komunitas blogger Plat-M Madura.

Aku sarankan bagi teman-teman untuk mengadakan pertemuan bulanan secara rutin serta bisa membuat proyek-proyek bersama sehingga jiwa kreatif, kemudian otot menulisnya semakin terlatih dan gunakan kesempatan juga kegiatan kumpul-kumpul seperti itu untuk selalu berkarya. Terima kasih !