Plat-M Sharing Mengenai Pelayanan Publik

 Berita

platmopengovindo

Dalam rangka memperkenalkan pentingnya pemerintah yang terbuka, Open Government Indonesia sebagai salah satu kelompok gencar dalam memberikan wacana mengenai pelayanan publik kepada masyarakat mengundang beberapa komunitas blogger di Surabaya untuk sharing perihal pelayanan publik. (08/11).

Kegiatan sharing dengan Open Government ini diletakkan di lantai dua Dapur Desa Traditional Resto Surabaya. Selama kurang lebih dua jam, panitia memperkenalkan persoalan-persoalan pelayanan publik yang harus didapatkan oleh pemerintah. Agar pelayanan publik bisa didapatkan oleh setiap masyarakat maka disini diperlukan pemerintah yang terbuka dan tranparan sehingga setiap warga masyarakat bisa mengakses setiap kebijakan yang ada ditubuh pemerintah.

Di awal presentasi dan pemutaran beberapa video mengenai pentingnya keterbukaan dan pelayanan publik, Mbak Kevin menjelaskan panjang lebar manfaat pelayanan publik yang harus diketahui oleh masyarakat. Dengan adanya keterbukaan itu, sehingga antara pemerintah dan warga adalah kesempatan untuk saling membuka diri dengan setiap program dan anggaran yang akan dikeluarkan oleh pemerintah dalam menjalankan roda kepemimpinannya.

Maka untuk memudahkan setiap bentuk pengaduan terkait masalah pelayanan publik, pemateri juga memperkenalkan situs satulayanan.net sebagai situs online yang berpartisipasi menampung segala permsalahan maupun segala persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

Kurang lebih hampir satu jam Mbak Kevin menjelaskan mengenai masalah-masalah pelayan publik dan jaringan-jaringan yang dimiliki oleh Open Government Indonesia di seluruh dunia. Pemateri kedua disampaikan oleh Bapak Imam yang meneruskan penjelasan dari pemateri yang pertama dan kemudian juga menjelaskan tujuan dan kehadiran dari Open Government Indonesia serta beberapa kompetisi yang akan diadakan untuk menantang masyarakat luas untuk berbagi ide dan gagasan mengenai pelayanan publik. Dengan jargon, ?Solusimu, ayo berinovatif menjadi salah satu bagian dari proses menuangkan ide-ide tentang pelayanan publik kepada masyarakat.

Di hadiri kurang lebih hampir lima puluh blogger yang ada di Surabaya dan Madura panitia juga memberikan sesi tanya jawab antara peserta yang berlangsung kurang lebih setengah jam yang kemudian juga mengakhiri kegiatan ini. (fd)

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, hobi jalan-jalan ke berbagai kota | menulis di blog personal ajernoles.id | twitter @fendichovi | menghadiri ASEAN Blogger Festival (ABF) dan sejumlah kopdar blogger baik tingkat regional dan nasional.

Related Posts

Leave a Reply