Kuliner, Madura, Pengumuman

Pemenang Lomba Blog dan Lomba Logo

Pemenang Lomba Blog

Terbaik 1 dan 2 masing-masing mendapat voucher pulsa Rp50.000,-
1. Andi Sholihinsekedar-tutorial.blogspot.com
“Pecong adalah makanan tradisional yang terdiri dari apem, cennil, jungkong, ketan hitam dan kolpang yang ditaburi kelapa muda yang diparut kemudian di siram gula merah cair”. Pecong disajikan dengan menggunakan daun pisang, dan uniknya tusuk lidi digunakan untuk menusuk pecong sebagai pengganti garpu. Saat pertama melihatnya saya yakin Anda akan tergiur untuk menikmatinya. Saya juga yakin Anda akan ketagihan untuk mencicipinya lagi jika sudah pernah menikmatinya.
2. Andi Hartonoy4217k.co.cc
Jika Anda membayangkan Krupuk Tangguk seperti krupuk lazimnya, Anda jelas keliru, Krupuk Tangguk atau Krupuk Topi (Tangguk bahasa Madura = Topi), sesuai namanya, bentuk dan ukurannya justru tidak lazim. Yakni, seperti topi petani. Bisa jadi karena itu, krupuk yang diproduksi di Kampung Pongkoran, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota Pamekasan ini, sangat kondang. Tapi, mengapa orang membuat krupuk yang ukurannya tidak lazim tersebut? Ini ada ceritanya sendiri, yang berkaitan dengan acara karapan sapi.
Menurut sebuah cerita, dulu kala, Krupuk Tangguk dipakai sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari. Karena itulah krupuk ini disebut krupuk tangguk atau krupuk topi alias krupuk penutup kepala. Ukuran krupuk Tangguk paling kecil sebesar Dampar (Meja untuk membaca Al-Qur’an) atau 60 cm x 40 cm. Itu pun sebelum digoreng, jika sudah digoreng ukurannya bisa sebesar meja makan.

Lima Juara Favorit – Masing-masing Mendapatkan Voucher Pulsa Rp20.000

1. Chilfia Karuniantychilvilibra.blogspot.com

Bagi masyarakat Madura kue ini mungkin tak asing lagi. Kue Apen adalah jajanan khas Madura khususnya di Sumenep. Kue Apen sangat digemari oleh masyarakat Sumenep. Kue ini sangat cocok dimakan untuk sarapan pagi. Selain mengenyangkan, Apen juga menyehatkan lho.
Dimana bahan-bahannya terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan kelapa. Sementara sausnya berbahan gula merah, jahe, kayu manis dan daun pandan yang membuat harum. Selain rasanya nikmat, kue Apen di percaya dapat menghilangkan rasa letih setelah bekerja seharian lantaran kandungan gula merah, jahe dan kayu manis, yang mana berfungsi untuk menghangatkan badan.
Tumpukan kue Apen
2. Farid Ilhamcoretan-hidoepkoe.com
Pernahkah anda mendengar makanan yang bernama sate?. ya..Sate merupakan sebuah masakan khas madura yang ditusuk-tusuk lalu dibakar hingga agak matang biasanya bahan yang digunakan adalah daging sapi, kambing atau ayam. nah tulisan kali ini akan menjelaskan satu lagi sate unik yang berasal dari daerah madura yang akan mengundang selera pembaca untuk mencicipinya, yaitu sate lala’.
3. Rya Lyzaracasthazahra.blogdetik.com
nasi-jagung-indonesia-culinary

Eits, saat saya menyebut Kekayaan Kuliner Madura, mungkin yang terbayang dalam benak anda adalah Sate dan Soto. Ya kan?? Ayoo ngaku..hehe

But, Jangan Salah dengan Madura. Madura tak hanya memiliki Sate dan Soto dalam bidang Kuliner. Tak juga hanya Bebek Sinjay yang Termasyur di seantero Negara ini. Ia juga memiliki makanan-makanan unik yang mungkin bakalan jarang ditemui di daerah lain. Misalnya saja Nasi Jagung.

4. Agung Firdausiagvnk2.blogspot.com


Bagi orang sumenep khususnya Desa Pinggir Papas dan Kebun Dadap pastinya kenal dengan si manis si putih salju ini,
Gettas ini dibilang kuliner unik karena Gettas ini termasuk kuliner  musiman dan hanya 1 tahun 3 kali dapat ditemui pada waktu perayaan upacara Nyader (red. Dalam Bahasa Indonesia disebut Nyadar tapi di Madura disebut Nyader),

Nyader merupakan salah satu bentuk penghargaan warga Pinggir Papas terhadap leluhur mereka yang bernama Pangeran Anggosuto yang banyak berjasa memberikan pengetahuan mengenai teknik pembuatan garam, Untuk mengingat jasanya sampai saat ini pemakaman pangeran Anggosuto menjadi tempat pelaksanaan ritual upacara Nyader. Pelaksanaan Nyader didasarkan pada perhitungan pergeseran bintang antara tanggal 21 Maret dan 21 Juni setiap marahari bergeser pada equator menuju garis balik utara. Pada posisi itu Bintang Karteka(Kartika) dan Bintang Nanggele (bintang bajak) muncul dari arah timur.

5. Muhammad WasilFloat-achings.blogspot.com

Ketika kita mendengar kata Carox’s pasti orang lain mengira kalau itu adalah image dari orang Madura. Tapi jangan salah, tidak hanya kata Carox’z yang terkenal dari Pulau yang mungkin 2 tahun kedepan akan menjadi kota ini, kuliner di Madura juga me-Nusantara. Diantaranya ada Sate Madura yang sangat terkenal, Soto Madura, Nasi Rawon Khas Madura, Kocor Madura, Tettel Madura, dan banya lagi lainnya. Orang Madura tidak hanya terkenal dengan kata Carox’s-nya, namun juga terkenal dengan kulinernya. Bagi orang Indonesia, siapa sih yang tidak kenal SATE MADURA???.
Namun disini saya tidak akan membahas makanan yang sudah terkenal dari Madura, justru sebaliknya saya akan mengenalkan kuliner Madura yang belum me-Nusantara, agar semua makanan khas Madura terkenal di Indonesia bahkan kalau bisa di dunia internasional. Langsung saja saya sebut “LEPPET”, makanan ini sangat terkenal di daerah Pamekasan.

 

Pemenang Lomba Logo

Terimakasih atas antusias teman-teman untuk mengikuti lomba logo dalam rangka HUT Plat-M yang kedua ini. Dari sekitar 26 logo yang masuk di email kami, dengan berat hati tidak ada yang terpilih menjadi pengganti logo Plat-M saat ini. Hal ini dikarenakan semua logo yang masuk ke panitia belum ada yang sesuai dengan visi misi Plat-M. Tapi sebagai bentuk penghargaan panitia bagi yang mendapat vote 5 besar dan menurut pengurus Plat-M terbaik adalah logo dari Irul seorang mahasiswa Jurusan Multimedia dan Jaringan, Universitas Trunojoyo Madura. Logo ini hanya akan dipakai sebagai atribut (banner, kaos, stiker, pin, dll) Plat-M selama satu tahun ke depan.Dengan desain sebagai berikut:

Filosofi (arti bentuk lambang) :

  1. Gambar pulau Madura
  2. Oddeng khas Madura
  3. Batik (odeng) khas Madura
  4. Letak odeng berada pada huruf M : mengartikan M=Madura (Oddeng punya-nya orang Madura)
  5. Warna merah dan putih : warna khas Madura
  6. Warna merah : keberanian, semangat
  7. Warna putih : kesucian
  8. Warna hitam : netral (tidak pilih-pilih)

 

Selamat bagi pemenang lomba blog juga pemenang lomba logo, tetaplah “Memperkaya Konten Positif Tentang Madura”.