Berita, Budaya, Event, Sosial

Oblongmerahmuda : Menelusuri Kembali Sejarah Kota Malang

Plat-M Foto Bersama

Menelusuri masa lalu kota malang, itulah barangkali kesan yang dirasakan oleh beberapa blogger yang menghadiri HUT Blogger Ngalam pada tanggal 7-8 Januari 2012 yang bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malang Kucecwara (STIE MCE). Acara HUT blogger Ngalam cukup luar biasa. Keluarbiasaan itu tampak ketika beberapa blogger mendapat kesempatan langsung mengunjungi beberapa tempat bersejarah di kota Malang yang saat ini sudah mulai berubah dan beberapa direnovasi, menjadi puing –puing sejarah yang terlupakan.

Tema Hut ke-4 blogger Ngalam tahun ini adalah #OblongMerahMuda yang merupakan kependekan dari Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah Memajukan Budaya. Acara ini dibentuk seminar dan talkshow dengan menghadirkan beberapa pemateri, diantaranya adalah : Dwi Cahyono, Ovan Tobing, Saranto, Sigit Widodo, Guman Farid Gaban, Retno Retdjono (PamanTyo), Dan Herdian Ferdianto, Muhammad Zamroni Dan Mbak Dhenny dari kapanlagi.com serta hiburan tari –tarian dan penampilan dari Embun Nasyid.

Acara ini dimulai dengan pengenalan kota Malang serta sistem pemerintahan dan orang –orang di zaman terdahulu yang menjadi bagian dari sejarah kota malang. Suguhan mengenai sejarah kota malang dan asal usul kota malang pun tidak terlepas dari bidikan para pemateri yang datang.

Sekaligus jalan –jalan beberapa tempat –tempat bersejarah di kota malang yang dimulai dari Inggil Museum Resto hingga Balai Kota Malang, Tugu Alun –Alun Bundar, Jembatan Kahuripan dan Perempatan Kayu Tangan, Serta Monument Chairil Anwar dan Toko Oen dan Pertokoan Sarinah hingga ke Museum Brawijaya. Acara ini menghadirkan masa lalu kota malang dan dibentuk semenarik mungkin, agar bisa dinikmati oleh beberapa blogger yang menjadi undangan dalam acara Hut Blogger ngalam tahun 2012 ini. (fd)