Makanan Khas dari 4 Kabupaten Madura

 Kuliner, Madura, Wisata

Madura adalah sebuah pulau di bagian timur pulau jawa yang terpisah oleh selat madura antara pulau madura dan pulau jawa. Madura memliki 4 kabupaten yaitu; Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Madura memiliki banyak keragaman khas, mulai dari pakaian, tradisi, rumah, makanan, dll.

Berbicara tentang makanan, konon masakan yang paling enak dengan berbagai olahan rempah-rempah yang digunakan adalah masakan madura. Hampir sebagian dari masakan madura memiliki nilai khas tersendiri bagi para kuliner dalam kota, luar kota bahkan manca negara. Biasaya masakan madura identik dengan rasa asi-asin pedes, jadi buat kalian para pecinta kuliner yuk kita berkenalan dengan makanan khas dari 4 kabupaten madura.

Bangkalan

Bangkalan mempunyai makanan khas terkenal di nusantara salah satunya adalah sate madura,soto madura,rujak madura dan masih banyak yang lainnya. Berikut makanan khas kabupaten Bangkalan yang wajib kamu coba;

Topak Ladhe

Topak Ladhemerupakan makanan khas yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kental yang nikmat dan gurih. Makanan ini akan lebih nikmat jika ada potongan lontong yang akan membuat lidah bergoyang. Anda dapat menikmati masakan ini di pasar senenan kota bangkalan.

Tajin Sobih

Selanjutnya ada tajin sobih. Makanan ini tidak jauh berbeda dengan bubur yang pada biasanya. Rasanya sangat gurih karena didominasi oleh rempah-rempah manis.

Nasi Serpang

Makanan yang gak kalah lezatnya, nasi serpang dengan berbagai macam pilihan lauk seperti ikan dan daging ditambah dengan kerupuk rambak bambu rujak yang akan membuat lidah anda bergoyang.

Sampang

Nasi Jagung

Makanan yang terbuat dari bahan dasar jagung ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung, untuk menikmatinya bisasanya di tambahkan lauk-pauk seperti telur petis, daging tolotoh, kering kentang, pindang tongkol dimasak pedas dan sambal mangga untuk lebih nikmatnya.

Bebek Songkem

Bebek songkem ini dibuat dari bahan dasar bebek yang dibumbui oleh rempah-rempah pilihan, yang kemudian di bungkus dengan daun pisang dan selanjutnya di kukus tiga sampai empat jam lebih, untuk menghasilkan rasa yang istimewa.

Nasi Kobel

Berawal dari masakan rumahan ketika istri nelayan membuat masakan olahannya sendiri seketika suaminya pergi melaut. Dengan menu sederhana yaitu nasi yang di beri lauk ikan laut, sambal kelapa dan sambal Buje cabbih/Garam dan Cabe yang di ulek tanpa air, yang menjadikan ciri khas makanan kobel ini adalah sambal kelapanya. Sambak kelapa untuk nasi kobel ini panggang di atas cowek.

 

Pamekasan

Sate Lalat

Dari namanya saja sudah mengerikan sate lalat. Mungkin kita berfikir bahwa makanan ini terbuat dari bahan dasar lalat ? Justru tidak, sate lalat ini adalah sate yang seperti pada umumnya, yaitu sate daging biasa (ayam, kambing, sapi) yang di tusuk kecil2 pake lidi, sate ini yang menjadi unuknya yaitu potongan dagingnya kecil-kecil menyerupai lalat, biasanya dalam penyajian sate ini biasanya di sajika dengan irisan lontong.

Keripik Tette dan Petis Ikan 

Keripik tette adalah ciri khas makanan pamekasan, keripik ini terbuat dari bahan dasar singkong. Awalnya singkong yang udah di kukus ditumbuk dan ditipiskan, sedangkan petisnya dari ikan tuna atau ikan cakalan. nah kalau keduanya di jadikan satu bakal merasakan kelezatan yang luarbiasa. Pastinya kalian akan menambah porsi untuk makanan ini .

Rujak Tajin

Makanan yang satu ini gak kalah menariknya yaituRujak Tajin. Yang terbuat dari bubur beras yang dimasak dengan santan sampai lunak yang kemudian ditambahkan irisan bawang daun (bukan bawang prei) dan sedikit garam. Untuk bumbu rujaknya sendiri dari Petis Ikan yang diulek dengan cabe rawit, yang di tambahkan sedikit garam dan gula, sebagai tambahan agar rujak tajin ini semakin lezat bisa ditambahkan tomat, cacahan timun dan tauge matang dan yang terahir akan diguyur dengan Bumbu rujaknya.

 

Sumenep

Kaldu Kokot

Makanan khas sumenep ini yang sangat enak adalah Kaldu Kokot. Kaldu kokot sendiri adalah makanan yang terkemal dengan kelezatannya yang menggoda selera yaitu rasa tulang sapi yang masih ada sumsumnya pada tulang yang masih menempel dagingnya. Yang membuat ciri khas tersendiri dari makanan ini adalah kacang hijau atau kedelai sebagai kaldu yang menjadi beraneka rasa. Biasanya makanan ini dapat ditemui dibelakang Museum Keraton Sumenep.

Lontong Campor

Lontong campor juga tidak kalah menariknya dan sangat populer. Masakan ini biasa di jual pada pagi hari sebelum beraktifitas karena saat pagi hari membutuhkan makanan yang enak dan akan berselera bagi penikmatnya. Makanan ini terbuat dari lontong, daging sapi yang diptong kecil-kecil, korket atau singkong serta mie soun, semua bahan akan menjadi satu kemudian akan disiram dengan kuah santan dan sambal kacang yang enak. Karena semua bahan dicampur menjadi satu oleh sebab itu dinamakan Lontong Campor.

Mento

Mento juga merupakan makanan khas Sumenep yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu. Jika dilihat seklias makanan ini mirip dengan kue bawang. Perbedaannya terdapat pada cara memasaknya, jika kue bawang digoreng, sedangkan kue mento ini dikukus.

Ini merupkan kue basah sehingga tidak bisa jika dijadikan oleh-oleh khas sumenep. Apalagi kue ini tidak bisa bertahan lama, paling lama hanya sehari saja. Jadi jika anda berada di Sumenep cobain makanan khas ini.

Man reman

Selanjutnya ada Man reman makanan khas Sumenep yang wajib kamu coba dan kamu jadikan bekal oleh-oleh. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah dari tepung ketan dan gula aren. Makanya man reman menjadi makanan yang rasanya sangat gurih renyah dan rasanya manis dari gula aren asli serta tidak menggunakan pemanis buatan pastinya aman deh.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply