Bangkalan, Event, Madura, Pamekasan, Sampang, Sumenep

Podcast: Madura menurut Onno W Purbo

Pak Onno ketika berdiskusi dengan Klebun Plat-M saat worskhop

Disela-sela acara NgabuburIT kemarin yang diadakan di Al-Hikam (16/08), saya berinisiatif untuk ‘menculik’ Pak Onno sebentar diajak ngobrol-ngobrol menanyakan pendapatnya tentang Madura. Bermodalkan Digital Voice Recoder, saya rekam perbincangan santai saya dengan Pakar IT di Indonesia tersebut, berikut hasil wawancara saya dengan beliau yang saya berhasil terekam:

Apa sih kesan pertama kalau mendengar kata Madura?

Kata Madura? Gersang, kayaknya hidupnya Susah. Itu kesan kata Madura waktu sebelum saya ke Madura, sesudah ke Madura ternyata orang sini hebat-hebatnya juga ya?. Ada yang bisa Linux, ada yang walaupun hidunpnya susah ternyata daya juangnya hebat

di Madura sendiri ada beberapa komunitas, kalau Linux ada KOELIT (Komoenitas Linux Trunojoyo). Acara NgabuburIT ini kerjasama dengan Kaskuser Madura, Ada juga Kaskuser Regional Madura. Kalau disini anggota KOELIT juga kaskuser juga Blogger Plat-M

Jadi 8L

Loe Lagi, Loe Lagi, Loe Lagi, Loe Lagi. Kalau mengenal kata Plat-M, (kapan) pak?

Saya tahu Plat-M beberapa hari yang lalu, jadi saya terkagum-kagum ternyata di Madura juga bloggernya,  Linux sudah tahu, tapi blogger baru tahu. Kurang narsis bloggernya, Plat-M membuat kacau semua sekolah di Madura. Semua gurunya maksa agar muridnya jadi blogger. Kayaknya ratusan ribu. Sekarang jumlah 40 blogger Plat-M, kalau tiba-tiba semua murid di Madura jadi blogger, tiba-tiba 40 menjadi ratusan ribu blogger Plat-M.

coba banyangkan 1 siswa punya blog. Sekarang nulis rata-rata nulis nulis 1 halaman sebulan.tugas dari guru. Misalnya ada 100.000 murid, jadi kita-kita tiba-tiba setahun kita punya 1,2 juta halaman tentang Madura. Ada yang nulis desanya masing-masing, Karapan Sapi , Suramadu, makanan, sate Madura, soto Madura, Soto mata sapi, bebek sinjay, semua bebek ditulis.

Segala macam ditulis, dengan jumlah 1,2 juta halaman , Tiba-tiba seluruh dunia tahu kalau ada sebuah Pulau bernama Madura dan makanan enak-enak.

Memang sejak awal, Plat-M tidak ingin Madura terkenal dengan hal-hal negatif, kita ingin menambah konten positif tentang Madura. Salah satu kegiatan Plat-M adalah Len-jelen dengan tujuan mengangkat pariwisata Madura.

Layangan di Madura bagus-bagus, foto dan tulis juga kalau layangan di Madura keren-keren. Jadi tolong negosiasi dengan sekolah-sekolah seluruh Madura, negosiasi dengan dinas Pariwisata. Tiba-tiba pariwisata Madura jadi menarik, tiba-tiba semua orang mengunjungi Madura. Madua juga beken dengan isu agamanya bagus-bagus. Berarti salah image-nya tentang Madura. Saya juga lupa kalau di Madura ada carok.

download hasil rekaman dalam format .wma