Event

Lomba Menulis Opini Berhadiah ke Lampung

http://2.bp.blogspot.com/_erDoxDsjUYo/TRMu-ydFraI/AAAAAAAAAIE/X4NHACmOg9M/s1600/DSC00073.JPG

Pabrik Sugar Group di Lampung

PERHEPI Komisariat Madura menyelenggarakan lomba menulis opini dengan hadiah factory visit ke Lampung selama 3 hari. Berikut info lengkap lombanya:

Latar Belakang :

Kebutuhan gula oleh rumah tangga pada tahun 2010 diperkirakan sebesar 2,1 juta ton dan tahun 2012 sebesar 2,3 juta ton. Permintaan oleh rumah tangga masih bisa dipenuhi dari produksi dalam negeri. Namun berdasarkan data ketersediaan untuk industri yang diperoleh dari ketersediaan total dikurangi konsumsi rumah tangga diperoleh informasi bahwa rata-rata kebutuhan industri setiap tahunnya berkisar antara 1,6 – 1,7 juta ton. Jawa Timur merupakan penyumbang produksi tebu perkebunan rakyat terbesar yaitu sebesar 72,57 persen, disusul oleh Jawa Tengah dan Lampung yang masing-masing berkontribusi sebesar 16,90 persen dan 4,60 persen. Madura hingga kini masih mengandalkan tembakau sebagai salah satu komoditas andalannya. Padahal, beberapa hasil kajian menunjukkan terdapat lahan seluas 65.000 hektar yang tersebar di Kabupaten Bangkalan dan Sampang mempunyai potensi untuk pengembangan tanaman tebu.

Sebagai organisasi peminat dan profesi Ekonomi Pertanian, PERHEPI berkepentingan untuk mewujudkan swasembada gula nasional. Untuk itu, PERHEPI Komisariat Daerah Jawa Timur bekerjasama dengan Kementerian Pertanian menyelenggarakan lomba menulis opini dengan tema : “Apa yang akan saya lakukan agar rencana investasi pabrik gula dan tanaman tebu di Madura dapat terlaksana?”

Lomba dibagi dalam 2 (dua) kategori, yaitu untuk mahasiswa dan dosen. Opini bebas dan original ditulis menggunakan aplikasi pengolah kata dalam bentuk .doc atau .docx. Panjang tulisan maksimal 2 (dua) halaman A4 dengan huruf Times New Roman 12, jarak spasi 1.5 dan margin di semua sisi 2.5 cm. Tulisan dikirim dalam bentuk lampiran melalui email : perhepimadura@gmail.com
Tulisan diterima panitia paling lambat tanggal 5 Juli 2011 pukul 23.59 WIB.

Akan dipilih 6 (enam) tulisan terbaik dari kategori mahasiswa dan 2 (dua) tulisan terbaik dari kategori dosen sebagai pemenang. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa paket factory visit ke Pabrik Gula Sugar Group di Lampung selama 3 (tiga) hari.

Download publikasi lomba