Kampus, Kuliner

4 Pilihan Tempat Ngopi Mahasiswa UTM yang Mencerminkan Kepribadian

Mahasiswa UTM Ngopi
Ngopi di Abell Cafe Bangkalan

Madura, merupakan salah satu ulau yang terletak di timur laut Jawa Timur. Pulau yang dihubungan Jembatan Suramadu dengan pulau Jawa ini memiliki empat Kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Keempat Kabupaten tersebut masing-masing memiliki tradisi dan kebudayaan yang membuat madura makin memiliki ciri khas yang kental.

Selain budaya dan tradisi yang khas, pendidikan di Madura kini sudah lebih banyak mendapatkan perhatian lebih dari berbagai lingkup. Sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mulai berkembang mengikuti arus zaman mulai dari pendidikan usia dini, sampai perguruan tinggi. Di Madura sendiri terdapat kampus perguruan tinggi negeri ternama yang sekarang sudah menunjukkan perkembangan pesatnya dan mampu  bersaing dengan kampus-kampus lain yang sudah kebih dulu. Universitas Trunojoyo Madura, merupakan satu-satunya kampus negeri di Madura yang terletak di Kabupaten Bangkalan, kecamatan Kamal. Menilik lebih dalam aktivitas mahasiswa disana tidak jauh beda dengan aktivitas pada kalangan mahasiswa umumnya. Seperti halnya kegiatan nongkrong atau bercengkerama dengan teman-teman entah dengan tujuan kerja kelompok, rapat organisasi, kencan, atau hanya menikmati waktu luang yang ada. Ada banyak pilihan dan beberapa diantaranya yang menjadi tempat favorit mahasiswa untuk melakukan aktivitas nongkrong. Ternyata, jika dilihat dari pilihan tempat ngopi favorit mereka secara tidak langsung bisa mencerminkan kepribadian mereka. berikut tempat-tempat nongkrong favorit mahasiswa UTM;

  1. Taman Kampus

merupakan tempat paling low profile ketika ingin nongkrong dengan budget yang pas-pasan. Bagaimana tidak, kalian tinggal bawa minuman dari kos atau jajanan ringan seperti sempol atau pentol untuk dibawa duduk lesehan di sekitar taman kampus, kalian bisa memilih sisi favorit dimana saja secara gratis. Tapi ingat pukul 22.00 WIB wajib meninggalkan taman karena lokasinya berada di area kampus. Tentu mahasiswa yang memilih nongkrong di Taman kampus adalah mahasiswa yang tipikal penurut, tidak neko-neko dan sederhana.

  1. Abel

Mahasiswa yang memilih Cafe Abel sebagai tempat favorit rata-rata memiliki kepribadian yang enerjik, supel dan sangat memperhatikan penampilan. Cafe ini kebanyakan dihuni dari kalangan mahasiswa kelas menengah ke atas. Tidak jarang juga digunakan sebagai tempat event-event bergengsi seperti musik dan lain-lain.

  1. WDK (Warung Depan Kampus)

Warung yang memang terletak tepat di depan kampus ini menjadi tempat khusus di kalangan mahasiwa yang memiliki jiwa seni, humanis dan tidak ribet. Lokasi yang dekat dengan kampus dengan menu yang cukup lengkap dan cukup murah sangat bisa jadi pilihan tempat favorit mahasiwa pekerja seni. Apalagi Warung ini akan sedia buka sampai pagi meskipun pelayanannya hanya sampai pukul 01.00 WIB.

  1. Peltim

Peltim adalah nama keren dari Pelabuhan Timur. Merupakan tempat yang dimana terdapat deretan warung-warung kopi klasik yang terketak di pelabuhan timur. Dengan menyuguhkan nuansa laut, kapal-kapal bersandar dan gagahnya suramadu yang terbentang sangat disukai bagi mahasiwa yang memiliki kepribadian bebas, menyukai petualangan, romantis dan jiwa sosial yang tinggi. Disana kalian bisa menikmati kopi lesehan di pinggir laut sampai shubuh. Tanpa ada jaringan WI-FI justru bisa membuat kalian lebih menghargai waktu bersama orang-orang terkasih untuk sekedar membicarakan perbedaan pesanan kopi atau sampai pembahasan masa depan. Waktu minum kopi akan semakin berkualitas.

Masih banyak tempat-tempat lain yang tetap ramai dikunjungi oleh mahasiswa-mahasiswi. Dengan segala macam aktivitas fisik dan psikis yang mereka hadapi selama masa perkuliahan, minum kopi bersama teman-teman adalah obat tersendiri untuk sekedar melepas penat dengan aktifitas yang padat atau malah menjadi teman memadatkan aktivitas. Sampai sering terdengar celetukan dari sesama mahasiwa “ojo sampe kuliahmu nganggu ngopimu” minum kopi adalah bagian dari menikmati hidup.