3 Destinasi Wisata Bukit Eksotis di Kabupaten Pamekasan

 Pamekasan

Pamekasan adalah salah satu kota yang berada di Pulau Madura yang terkenal dengan Wisata Alam Api Tak kunjung Padam. Namun, tau kah kalian, bahwa Pamekasan akhir-akhir ini juga sudah tersedia wisata-wisata baru yang tak kalah menawan dengan Api Tak Kunjung Padam?.

Jika Kabupaten Sumenep terkenal dengan kepulauannya yang memilik pantai pasir putih yang bersih dan indah, maka Pamekasan juga memilik beberapa destinasi wisata perbukitan yang juga eksotis dan nyaman untuk dijadikan tempat berlibur.

Kini hadir 3 Destinasi Wisata Bukit yang tersebar di Kota yang dijuluki sebagi Kota Gerbang Salam ini. Jadi, bagi kalian yang ada di sekitar Pamekasan atau sedang mencari tempat liburan yang baru, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi 3 wisata bukit yang yang akan memanjakan dan menyenangkan hati kalian dengan keindahan bukit dan pemandanganya.

Berikut, 3 Wisata Bukit Eksotis di Kabupaten Pamekasan yang wajib kalian kunjungi :

1. Bukit Cinta

Destinasi wisata bukit pertama adalah Edu Wisata Selamat Pagi Madura (SPM) yang berada di Jalan Lawangan Daya, Sentol, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Wahana yang memiliki luas sekitar 2 hektare ini berjarak sekitar 3.5 km dari Monumen Arek Lancor yang berada di jantung Kota Pamekasan.

Bukit Cinta adalah sebuah bukit yang memiliki tangga berbentuk love atau hati. Oleh karena itu Bukit Cinta sangat digemari oleh muda-mudi, terutama yang memiliki pasangan untuk menjadikan bukit cinta sebagai latar pemandang foto mereka.

SPM mulai beroprasi sejak tanggal 08 Juli 2016, dan tersedia banyak Wahana disana seperti, Water Boom, Flying Fox, Kolam Ikan, Tempat Memanah, Playground, Taman Bunga, Berkuda, ATV dan tentunya Bukit Cinta yang menjadi sasaran utama para wisatawan.

Baca Juga: Wisata Alam Pemandian Kolam Renang Batu Kapur

Bagi kalian yang berkunjung bersama dengan anak-anak, jangan kuatir karena di sana juga ada Water Boom yang tidak terlalu dalam dan sangat cocok bagi anak-anak. Sedangkan diatas bukit cinta juga tersedia Flying Fox yang akan membawa wisatawan melihat keindahan SPM dari atas.

Wisata yang tergolong baru tersebut selalu di padati para pengunjung di akhir pekan, terutama ketika hari lebaran yang mencapai ribuan pengunjung.

2. Bukit Brukoh

Masih di Kabupaten Pamekasan, dari Monumen Arek Lancor ke Utara sejauh 25 KM, tepatnya di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan. Di desa tersebut terdapat bukit yang bernama Bukit Brukoh/Brukoh Hill.

Bukit Brukoh menjadi tempat wisata sejak pertengahan tahun 2017, dimana pada awalnya hanyalah sekedar bukit biasa. Pihak pengelola melakukan upaya yang maksimal untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Salah satunya dengan mempercantik gerbang Bukit Brukoh, menambahkan hammock, membangun patung berbentuk love dan memperindah pagar dan anak tangga bukit dengan tanaman dan bunga-bunga yang indah.

Dari bagian selatan bukit, pengunjung bisa menikmati hamparan pemandangan Kota Pamekasan yang hijau dan sejuk. Sedangkan dari timur dan utara, pengunjung di sajikan pemandangan Desa Bajang dan desa sekitarnya yang sangat memanjakan mata.

Wisata bukit brukoh di prediksi menjadi tempat favorit bagi wisatawan dan para pecinta alam, karena menawarkan keindahan yang sejuk dengan pepohonan rimbun nan hijau dibawahnya. Serta juga tersedia rumah kayu dan gazebo untuk ditempati beristirahat para wisatawan.

3. Bukit Kampung Toron Samalem

Baru-baru ini Kabupaten Pamekasan kembali menghadirkan wisata bukit yang baru, kali ini bukit tersebut terletak di Desa Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan yang dikenal dengan Bukit Toron Samalem.

Wisata Bukit Toron Samalem mulai beroperasi sejak pertengahan Juni 2018, dimana sebelumnya bukit tersebut adalah tempat penambangan batu bata yang sudah tidak difungsikan lagi. Bukit tersebut juga hampir sama dengan Bukit Jeddih yang terletak di Kota Bangkalan, hanya saja bukit tersebut tidak terlalu luas dan tidak memiliki wahana tambahan.

Bukit yang mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan ini menawarkan keindahan serta keseju kan pebukitan yang masih asri. Diatas bukit juga tersedia tempat bersantai yang beratapkan jerami padi untuk menambah kesan alami dan kesejukan sembari menikmati keindahan kolam-kolam kecil bekas penambangan batu bata.

Baca Juga: Nasi Jhejhen Khas Pamekasan

Karena tergolong destinasi wisata yang masih baru, bukit Toron Samalem masih dalam tahap pengembangan. Namun begitu, para wisatawan sudah mulai menyerbu wisata tersebut. Selain karena keindahan bukitnya yang memberikan sensasi yang berbeda, harga tiket masuk yang relaif murah, hanya 3.000 saja, membuat para wisatawaan tidak sungkan untuk berkunjung.

Jika kalian tertarik untuk merasakan sensasi alami keindahan Bukit Toron Samalem, dari Kota Pamekasan hanya berjarak sekitar 5,5 Km ke arah utara dan bisa di tempuh dengan waktu 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Nah, itu dia 3 Destinasi Wisata Bukit yang terletak di kota Pamekasan. Sangat disayangkan jika berada di Pamekasan tidak berkunjung ke 3 bukit tersebut. Semoga dengan adanya 3 wisata bukit tersebut, mampu menarik minat wisatawan lokal dan manca negara untuk berkunjung ke Kota Pamekasan. Tentunya dengan Support warga Pamekasan dan Apatur Pemerintah untuk menjaga dan melestarikan wisata tersebut.

Oleh: Mas Jhoo

Author: 

Related Posts

Leave a Reply