Workshop Konservasi Sumber Daya Air

 Berita, Event, Madura, Pengumuman

Ilustrasi

Surabaya – Perusahaan air mineral, Aqua mengadakan workshop bertema “ Konservasi Sumber Daya Air “ yang bertempat di Gedung Giri Reka Universitas Pembangunan Veteran Nasional (UPN) Surabaya (12/10/11).

Acara ini dihadiri oleh beberapa komunitas blogger dari kota Surabaya dan pulau Madura. Pada jam 10.00 acara dimulai melalui presentasi oleh Dr. Ir. Heru Hendrayana, dari Geological Engineering Dept. Faculty of Engineering, Gaja Madha University Yogyakarta yang membahas tentang sumber air minum dan karakteristiknya. Beliau menjelaskan panjang lebar seputar fungsi air dalam kehidupan manusia serta permasalahan global air tanah dan status air tanah dan konsep ketahanan air tanah. Sebelum sesi tanya jawab, beliau mengakhiri penjelasannya, beliau memberikan konsep untuk menjaga air dan lingkungan berupa kearifan lokal yang diformulasikan oleh Sri Hamengku Buwono berupa Hamangku, Hamengku, dan Hamengkoni

  1. Hamangku berarti banyak memberi (memelihara alam) dari pada menerima (mengambil dari alam), berbudi bawa leksana atau ber-kearifan dalam memberlakukan alam
  2. Hamengku berarti Harengkuh atau ngemong, melindungi dan menganyomi (alam) tanpa membedakan-bedakan jenis, tempat, kepemilikan dan sebagainya. Bersikap adil terhadap alam(ambeg parama arta), dan setiap orang harus siap berdiri paling depan untuk mengambil tanggung jawab terhadap terjadinya kerusakan alam.
  3. Hamengkoni berarti setiap orang harus mampu memberikan keteladanan yang mengandung watak –watak yang baik dalam upaya melestarikan sumber daya alam/air.

Pada jam 11.30 yaitu sesi kedua oleh bapak Basuki Rahmat, lelaki dari Balik Papan ini bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang intens dalam persoalan lingkungan hidup. Dalam penjelasannya beliau lebih menekankan dan mengajak semua blogger untuk menggerakkan masyarakat menanam pohon melalui konten dan tulisan. Menurutnya dengan menanam pohon maka pemanasan global dan perubahan iklim juga, di samping bisa mengurangi kemerosatan tanah sedikit bisa diatasi.

Materi yang terakhir yaitu dari bapak Jito yang bekerja di perusahaan air mineral, aqua. Menurutnya acara ini diadakan untuk member pemahaman kepada masyarakat dan terutama para blogger untuk perduli dan turut melestarikan air dan lingkungannya. Perusahaan Aqua selain untuk bisnis, sebagai sebuah perusahaan  juga memberikan keperdulian dalam permasalahan sosial.

Pada jam 13.00 acara baru selesai dan dilanjutkan dengan pembagian Doorprise kepada peserta. Berdasarkan pertanyaan yang diajukan , yaitu diambil lima pertanyaan yang terpilih berdasarkan bobot pertanyaan yang diajukan dan bentuk game dari panitia. Acara yang terakhir berupa sesi foto bersama antara peserta dan panitia dan pembagian goodie bug kepada peserta. (fd)

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi

Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

13 Responses

  1. titiw03/12/2011 at 21:44Reply

    jangan lupa ajak temen-temen Madura untuk ikut lomba blognya ya! 🙂

  2. niyasyah14/11/2011 at 07:18Reply

    nyesel nyesel gak ikut 🙁
    adain ini dimadura dongg.. 😀

  3. ria lyzara13/11/2011 at 19:46Reply

    keren euw goody bag nya..bagii dunk..:P

    • wahyualam

      wahyualam13/11/2011 at 19:58Reply

      Kemarin, mangnya gak datang kawan?

  4. Farid Ilham13/11/2011 at 19:12Reply

    Menyimak az dh dpet goody bag juga…bagi yg g dpet hubungi mz wahyu….. 🙂

    • wahyualam

      wahyualam13/11/2011 at 19:54Reply

      Lah saya gak dapat rid, ngapain disuruh minta ke aku? baaa, hahaha

  5. SlameTux13/11/2011 at 13:56Reply

    tapi sayang, diriku gak dapet MP3 Playernya… (T_T)

    • wahyualam

      wahyualam13/11/2011 at 15:03Reply

      Maaf, berarti anda kurang beruntung!

  6. SlameTux13/11/2011 at 13:44Reply

    sumprit goodiebag yang kemarin bagus banget… bisa buat tempat pakaian untuk KKN nie…

  7. TreTans.com13/11/2011 at 00:18Reply

    klo ada lebih goodiebag nya, kirim ke rumah… 😉

    • wahyualam

      wahyualam13/11/2011 at 12:27Reply

      Bengal berempah kakeh?
      makanya datang bero!
      lo’ dheteng, mentah goodiebag!

      • fendi14/11/2011 at 07:13Reply

        syukurlah masih dapet goodie bag, sudah semangat semangat maju ke depan, 2 kali lagi gk dapat apa -apa, malah mas joko yang hanya dua santai di depan, malah dapat rejeki doorprise, untung sekali kalau jadi manusia duduk di depan… teman -teman, makanya selalu duduk di depan biar gk terbelakang, hahaha..

        • wahyualam

          wahyualam16/11/2011 at 05:06Reply

          Ternyata goodie bag-nya keren, nyesel saya gak ikut, ahahahaha 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.