Wisata Kuliner ke Sumenep dengan Budget 100 ribu, Dapat Apa?

 Kuliner, Sumenep, Wisata

Sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Madura, Kabupaten Sumenep merupakan wilayah yang paling dikenal oleh banyak orang, utamanya treveller (orang yang suka bepergian). Banyaknya destinasi wisata yang beragam, seperti wisata alam, wisata edukasi dan wisata kuliner menjadi alasan utama para pelancong untuk singgah ke Kabupaten Sumenep. Hal tersebut merupakan buah manis dari kerja keras masyarakat juga pemerintah dalam mengenalkan Kabupaten Sumenep (secara khusus) dan Madura (secara umum).

Nah, jika kamu sedang merencanakan liburan ke Sumenep? Dan bingung mencari kuliner khas Sumenep dengan harga yang terjangkau (uang makan cuma 100 ribu misalnya)? Maklum, cuaca kemarau membuat dompet anda kering-korontang. Ini dia, beragam destinasi wisata kuliner yang patut dicoba ketika berada di Kabupaten Sumenep:

 

Kaldu Kokot

 


Merupakan kuliner yang bisa dijadikan pilihan ketika kamu berada di Kabupaten Sumenep. Rasanya yang gurih, dijamin akan membuat dirimu ketagihan. Makanan ini berbahan dasar kacang ijo, kikil/kokot serta beberapa bumbu yang diramu khusus sehingga, menghasilkan cita rasa yang khas dan begitu nikmat. Harganya juga sangat berahabat, mulai dari Rp. 25.000-30.000 perposi.

Rujak Cingur

Rujak cingur, merupakan makanan yang patut dicoba ketika singgah di Kabupaten Sumenep. sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar cingur, kacang tanah dan sayur-mayur. Selain lezat makanan ini juga menyehatkan, sebab banyak vitamin yang bisa ksmu dapat dari sayaur-mayur yang ada didalamnya. Seperti bayam, toge dan mentimun. Satu porsi rujak cingur bisa anda dapatkan seharga Rp.15.000. Murahkan?

Cake

Makanan selanjutnya yaitu cake. Sama dengan makanan khas lainya, makanan ini sangat murah dan wajib kamu coba ketika berada di Sumenep. Kuahnya sangat gurih, tambahan potongan daging ayam, lidah sapi, wortel, kembang kol dan kacang polong dijamin membuatmu ngiler jika hanya membaca tulisan ini. Jadi, silahkan dicoba! Untuk harga jangan khawatir, perporsi bisa kamu pesan dengan harga Rp.20.000-30.000.

Soto Babat/ Soto Sabreng

Makanan satu ini asangat direkomendasikan kepada kamu yang tidak sedang diet. Soto babat namanya, merupakan jenis makanan berkuah dengan campuran kacang serta beberapa potong jeroan sapi di dalamnya. Seperti babat dan usus. Sebagian masyarakat Sumenep menyebut makanan ini dengan soto sabreng (singkong). Alasannya karena selain terdapat jeroan sapi, di dalamya juga ada potongan daun-singkong rebus. Rasa penasaran terhadap kuliner ini bisa Anda obati dengan berkunjung ke Kabupaten Sumenep dan menjediakan uang sebesar Rp. 20.000-30.000 perporsi.

Pentol Cinta/Pentol Puja

Dari segi bentuknya pentol ini sama dengan pentol yang biasa kamu temukan, yang menjadi pembeda ialah sambalnya (bukan saos tomat atau kecap). Sambal dari pentol ini berbentuk kuah, dengan campuran bumbu-bumbu dapur seperti: cabai, bawang putih, bawang merah dan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Sesuai dengan namaya, kenikmatan dari pentol ini tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata, sama seperti anda jatuh cinta, ada rasa yang tidak bisa diterjemahkan secara verbal. Perporsi dari pentol cinta bisa Anda dapatkan seharga Rp. 5.000-10.000. Kunjungan Anda ke Sumenep bisa dibilang kurang sempurna jika tidak merasakan sensasi dari pentol cinta. Pedesnya nagih.

Masak Pae

Makannan selanjutnya yaitu masak pae, kuliner yang satu ini berupa sup (sup merah yang kental). Ketika disajikan, kamu akan menemukan potongan kentang panggang yang di taburi bawang goreng di atasnya (seperti masakan Eropa gitu). Perpaduan rempah-rempah di dalamnya mrenghasilkan rasa ala Nusantara (Sumenep) yang Khas. Harganya pasti mahal? Tentu tidak, masakan khas Kabupaten Sumenep ini bisa anda beli dengan harga Rp.17.000-20.000.

Itulah beberapa kuliner murah-nikmat dan bisa dijadikan alternatif ketika kamu berada di Kabupaten Sumenep. Tunggu apa lagi, rencanakan liburan anda ke Kabupaten Sumenep. Harga kulinernya murah dan pas, juga beragam dan khas.

Related Posts

Leave a Reply