Wakili Indonesia, Nyabet Juara 2 Dunia!

 Berita, Kampus, Madura
solite studio juara 2 dunia di rusia dari Madura

#MaduraBangga: Tony Wijaya, Bagus, Ghalib, Miftah bersama mentornya Narenda

Nyaris semua social media mulai dari facebook, twitter, dan blog teman-teman di Madura sedang euforia terhadap kemenangan Solite Studio dalam Imagine Cup 2013 di Rusia. Betapa tidak, game buatan 4 mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura berhasil menjadi juara 2 dunia mengalahkan Prancis dan hanya kalah dari Austria. Berikut cerita perjalanan Solite Studio yang direpost dari blog sahabat kami, dPUMA :

Tim Solite Studioyang berasal dariUniversitas Trunojoyo Madura (UTM), berhasil pulang dengan membawa nama baik Madura dan khususnya Indonesia, kemarin (11/07/2013).

Solite Studio Madura Mewakili Indonesia diajang imagine cup 2013 di Russia

Itu karena, empat mahasiswa Fakultas Teknik – Informatika UTM terpilih sebagai Juara ke 2 se Dunia / internasional dalam kompetisi Imagine Cup 2013 Kategori Games yang diselenggarakan di St. Petersburg, Russia pada 8 hingga 12 Juli 2013 kamis yang lalu. Namun seperti apa Perjuangan Mereka hingga bisa seperti itu?

Awal Mula Berdirinya Solite Studio

Solite StudioMerupakan sebuah Game Studio yang didirikan di Kabupaten Bangkalan – Madura -Jawa Timur – Indonesia, oleh para Mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura. Solite Studio memiliki slogan atau Hastag We Grow from Dreams, jadi mereka memiliki mimpi untuk membuat Game yang bisa membuat orang lain senang serta ada unsur edukasi/pendidikannya juga. Dan sekarang mereka hanya fokus pada pembuatan aplikasi berbasis Windows Phone.

MarkasSolite Studio atau Studio tempat mereka bekerja, berada di:
JL. KH. M. Cholil Gang V
No. 49B Bangkalan
69115 Jawa Timur,
Indonesia.

Menjadi Juara Mobile Games Developer War 4 (MGDW) Rookie 2012

Prestasi gemilang yang diukir empat mahasiswa UTM layak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Solite Studio itu diantaranya,Asadullohil Ghalib Kubat(leader),Miftah Alfiansyah(programmer), Tony Wijaya(level designer), danM. Bagus Muslim(game artist).

Pada saat kompetisi Mobile Games Developer War 4 Rookie (MGDW 4 Rookie), yang diselenggarakan Nokia Developer, Agate Studio dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dalam acara one stop IT Event pada tanggal 14 Oktober 2012: Computer Festival 2012 (CompFest 2012) menetapkan Solite Studio sebagai pemenang.

Solite Studio Madura Mewakili Indonesia diajang imagine cup 2013 di Russia

Studio pengembang game asal Bangkalan – Madura ini, berhasil menyisihkan 253 studio lainnya dalam event Mobile Games Developer War 4 (MGDW) Rookie berkat karya mereka yakniSakera Math. Mereka berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 30 juta dari kejuaraan tersebut. Penyerahan hadiah dilangsungkan di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok, Minggu (14/10/2012) lalu.

Perjuangan party (sebutan untuk peserta) Solite Studio ini adalah langkah awal menuju ke tahap selanjutnya untuk lebih lengkapnya silahkanBACA DISINI.

Menjadi Juara Imagine Cup 2013 Indonesia (Nasional)

Kami yakin sudah banyak yang tahu tentang kemenangan Team yang berasal dari Madura dalam kompetisi MGDW4 Rookie. Tak hanya menyabet Juara dalam MGDW4, ia juga berhasil menyabet Gold Medal dalam Lumia Apps Olimpiad yang diadakan oleh Nokia dan Microsoft Phone yang diikuti oleh 400 Tim.

Solite Studio Madura Mewakili Indonesia diajang imagine cup 2013 di Russia

Dan lagi-lagi, dengan game-nya bertajukSave The HamsterSolite Studio berhasil menggondol Juara Nasional dalam perhelatan akbar Imagine Cup 2013 kemaren (12/04/2012) di Epicentrum, Jakarta. Solite Studio berhak mewakili Indonesia untuk final dunia Imagine Cup 2013 pada 8-11 Juli 2013 bersama 108 peserta dari berbagai belahan dunia di St. Petersburg, Russia? Untuk lebih lengkapnya silahkanBACA DISINI.

Menjadi Juara Imagine Cup 2013 Russia (Internasional)

Sebelum diberangkatkan ke Russia, tim Solite Studio yang beranggotakan Empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Solite Studio itu diantaranya adalahAsadullohil Ghalib Kubat(leader),Miftah Alfiansyah(programmer), Tony Wijaya(level designer), danM. Bagus Muslim(game artist)ditempa dan diberi pelatihan terlebih dahulu di Jakarta, tapatnya di Kantor Microsoft Indonesia selama kurang lebih satu bulan. Dan selama berada di Jakarta, mereka diberi pelatihan dan pengarangahan khusus dari Narendra Wicaksono dari Nokia Indonesia dan Irving Hitagalung dari Microsoft Indonesia.

Solite Studio Madura Mewakili Indonesia diajang imagine cup 2013 di Russia

Alhasil berkat kerja keras tim tersebut dalam babak final kompetisi Imagine Cup 2013 yang dilaksanakan di St. Petersburg, Russia akhirnya membuahkan hasil yang sangat manis. Tim yang mewakili Indonesia ini berhasil menjadi Juara ke dua pada kategori Game di Imagine Cup Russia 2013 dan berhasil membawa thropy Imagine Cup 2013 + uang sebesar $10.000 atau setara dengan Rp. 100.000.000,-

Nah bagaimana perjalanan Panjang mereka selama Berada di Jakarta dan di Russia, silahkan simak berikut ini:

The Hamsters go to Russia!

Solite Studio goes to Russia, Day 0: Jakarta ke St. Petersburg

Solite Studio goes to Russia, Day 1: Penjurian, City Tour, Media Gathering

Solite Studio goes to Russia, Day 2: Penjurian hari ke-2 dan Cultural Day

Solite Studio goes to Russia, Day 3: Juara 2 Tingkat Dunia!

Achievement / Award of Solite Studio

Solite Studio be the First Winner Mobile Game Dev War 4 Nokia, 2012

Solite Studio be the Best Education Game Mobile Game Dev War 4 Nokia, 2012

Solite Studio be the Best Education Game Mobile Game Developer War 4 Fulltouch Nokia, 2012

Solite Studio be the Gold Medal Lumia Apps Olympiad XNA Game Category, 2012

Solite Studio be the First Winner Game Competition Imagine Cup Indonesia 2013

Solite Studio be the National Winner Imagine Cup Indonesia 2013

Solite Studio be the Second Winner Games Categories Imagine Cup Russia 2013

Solite Studio be the International Winner Imagine Cup Russia 2013

Benar banget dengan slogan atau hastag dari Solite Studio yakni “We Grow from Dreams”, dan sekarang benar-benar terbukti mereka tumbuh dan berkembang serta dikenal oleh seluruh dunia karena dimulai dengan kerja keras dalam mewujudkan cita-citanya tersebut.

Kami Plat-M bersamaKomunitas Blogger Detik Pulau Madura (dPUMA)sangat bangga dengan prestasi yang kalian capai hingga taraf internasional. Dan ini membuktikan bahwasanya Madura itu bisa, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu ada dan memang patut diacungi jempol oleh siapapun itu. Mungkin pesan kami kepada yang lainnya ya, jangan sekali-kali meremehkan orang lain, karena belum tentu kalian itu lebih baik daripada orang yang kalian remehkan!?.

Congratulation for Solite Studio be the Second Winner of Imagine Cup 2013 in Russia

Madura bangga kepada kalian!

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.