UTM Kembangkan Aplikasi Bahasa Madura Berbasis TIK

 Berita, Kampus

Apa jadinya jika kita bisa belajar Bahasa Madura semudah bermedia sosial. Belajar terjemahan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Madura, hingga mendengar pelafalan atau pengucapan kata yang benar. Kini hal itu tidak lagi menjadi sebuah ide atau angan-angan belaka. Jurusan Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura membuat aplikasi bahasa Madura berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Melalui situs madura.web.id, semuanya bisa belajar bahasa Madura. Tak engghi kak?

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai universitas negeri pertama di Madura berkomitmen untuk mengangkat semua potensi pulau garam. Seperti dilansir situs resminya, UTM memulai langkahnya untuk mengangkat konten lokal dengan membuat aplikasi bahasa Madura berbasis TIK.

Bahasa Madura adalah salah satu kekayaan lokal yang harus dilestarikan. Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahasa Madura akan punah tahun 2020. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi UTM untuk mempertahankan kekayan lokal warisan leluhur. Upaya mereka dimulai dengan meliris website madura.web.id.

Situs madura.web.id adalah salah satu aplikasi karya Pusat Penelitian dan Pengembangan Konten Lokal Madura berbasis Teknologi Informasi dan Komputer. Hal ini merupakan pengembangan dari kumpulan hasil penelitian-penelitian mahasiswa dan dosen program studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terutama bidang minat sistem terdistribusi dan lebih khusus lagi topik khusus information retrieval dalam lingkup laboraturium sistem terdistribusi.

Pusat Penelitian dan Pengembangan ini dipublikasikan dengan maksud untuk memberikan sumbangsih dalam proses pelestarian dan konten lokal madura seperti bahasa, budaya, pariwisata dengan memaksimalkan teknologi informasi dan komputer.

Disamping itu dengan dipublikasinkannya hasil penelitian ini agar bisa di periksa dan di koreksi berbagai hal yang belum sesuai dengan kondisi aslinya sehingga catatan ini dapat digunakan untuk mengembangkan hasil-hasil penelitian ini agar menjadi lebih baik.

Empat Aplikasi Bahasa Madura

Hingga saat ini, masih ada empat aplikasi yang sudah bisa digunakan: yaitu:

  1. Terjemahan Bahasa Madura,
  2. Belajar Bahasa Madura,
  3. Kamus Bahasa Madura dan
  4. Text to Speech Bahasa Madura.
Terjemahan Bahasa Madura berbasis web

Tampilannya mirip dengan Google Translate, dengan aplikasi ini kita bisa menterjemahkan dari bahasa Madura – Indonesia, begitu juga sebaliknya.

belajar bahasa madura

Aplikasi belajar Bahasa Madura ini akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin belajar dasar bahasa Madura. Tidak perlu datang ke Madura, cukup belajar di depan komputer Anda di rumah masing-masing.

kamus bahasa madura

Kamus Bahasa Madura berbasis web. Tidak perlu lagi membawa kamus bahasa Madura yang sangat berat. Tampilannya juga simpel dan menarik.

text-to-speech bahasa madura

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk bisa mendengar pengucapan setiap kata dalam bahasa Madura.

Kedepannya, madura.web.id akan terus memperbaik dan mengembangkan aplikasi ini. Nantinya, aplikasi ini akan bisa dinikmati di ponsel pintar Anda.

Kedepannya, madura.web.id akan terus memperbaik dan mengembangkan aplikasi ini. Nantinya, aplikasi ini akan bisa dinikmati di ponsel pintar Anda.

Plat-M sangat mendukung langkah ini sebagai terobosan yang luar biasa. Meskipun begitu, aplikasi ini masih harus dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi. Tentunya dukungan dari berbagai pihak, seperti sejarawan, budayawan dan masyarakat Madura. Semoga UTM tetap semangat mengembangkan konten-konten positif yang berbau lokal seperti ini.

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

Leave a Reply