UIM: Smart Solution For your Future

 Kampus, Pamekasan

Smart Solution For your Future adalah merupakan motto sebuah Universitas yang merupakan satu-satunya Universitas Islam di Madura. Universitas Islam Madura atau disingkat dengan UIM merupakan pengembangan kelembagaan dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) yang didirikan pada tanggal 30 April 1988 yang didasari oleh adanya keinginan masyarakat dan para Kyai serta cendikiawan akan adanya Perguruan Tinggi Islam yang berkualitas dan mandiri, sekaligus dalam rangka ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan nasional di bidang pendidikan.

Pengembangan kelembagaan dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas Islam Madura terjadi pada tahun 2000 berdasarkan SK Yayasan No.46/SK/YUIM/V/2000 tertanggal 20 Mei 2000 dan kemudian mendapatkan ijin pendirian dari Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 59/D/O/2002 . UIM senantiasa konsisten terhadap tujuan awalnya yang telah dirancang oleh para pendirinya untuk mencetak sarjana muslim yang paripurna, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, professional sekaligus beriman dan bertaqwa serta berakhlakul karimah. UIM sebagai lembaga tinggi yang berada dilingkungan pesantren mengembangkan misi ganda yaitu: membangun tradisi akademik dan spiritual keIslaman secara integratif.

Kiprah maupun dinamikanya harus konsisten pada pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan (growth, change and reform) yang memiliki dua makna sekaligus yaikni makna materiil dan makna spiritual. Untuk meraih makna spiritual perlu dikembangkan rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Integrasi keilmuan antara ilmu pengetahuan, teknologi dan ilmu pengetahuan agama diharapkan menjadi solusi terhadap ragam keinginan masyarakat untuk menjadi ahli atau pakar di segala displin kelimuan.

UIM Pamekasan

Visi

Mewujudkan Universitas sebagai perguruan tinggi yang handal dan berorientasi pada masa depan, baik dalam pengelolaan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (Ipteks) maupun dalam mencetak intelektual / ilmuan dan atau profesional unggul yang dilandasi aqidah Islam Ahlus Sunnah Wal-Jamaah dan berakhlakul karimah, serta memiliki kepedulian terhadap masalah sosial, budaya, kemanusiaan dan tata nilai dalam masyarakat.

Misi

Mencetak intelektual dan/atau tenaga profesional disamping menguasai IPTEKS dibidangnya juga dibekali pengetahuan, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam ahlus sunnah wal jamaah serta keterampilan bahasa asing dan komputer.

Menciptakan, mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan IPTEKS untuk membangun bangsa serta untuk kesejahteraan rakyat dan kemanusiaan.

Mencetak lulusan unggul, beriman, bertakwa kepada allah SWT, berakhlakul karimah, bersikap ilmiah, menguasai IPTEKS, profesional, kreatif, mandiri, berwawasan ke depan serta mampu bersaing dan bekerjasama dengan sejawat dalam bidangnya.

Mengembangkan kajian-kajian keislaman yang integratif (tidak memisahkan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum) artinya semua pengetahuan yang akan dikembangkan, bertumpu pada keyakinan yang kuat dan pemahaman yang benar.

Terus apa saja sih jurusan atau prodi di UIM ini? UIM adalah universitas islam swasta yang berlamatkan Jl. Raya Bettet Kabupaten Pamekasan atau pasnya di Komplek Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Banyak sekali Prodi atau jurusan yang terdapat pada Universitas ini dan semuanya terakreditasi, sebagai mana tabel berikut :

FAKULTAS

JURUSAN / PROGRAM STUDI

JENJANG

GELAR

AGAMA ISLAM (FAI)

Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)*

S1

S.PdI

Ahwal As-Syahsiyah (Syari’ah)*

S1

S.HI

MIPA

Matematika*

S1

S.Si

TEKNIK

Teknik Informatika*

S1

S.Kom

Sistem Informasi*

S1

S.Kom

EKONOMI

Akuntansi*

S1

S.E

PERTANIAN

Argoteknologi*

S1

S.P

Agribisnis*

S1

S.P

Agrobisnis Perikanan*

S1

S.Pi

PENDIDIKAN

Pendidikan Bahasa Inggris*

S1

S.Pd

Pendidikan Fisika*

S1

S.Pd

KESEHATAN

Kebidanan*

D3

Amd.Keb

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.