Taman Bermain Gladak Anyar, Konsep Smart Environment Menuju Pamekasan ‘Smart City’

 Ide Masa Depan, Pamekasan

konsep smart environment menuju pamekasan smart city

Taman bermain. Iya, orang Pamekasan menyebutnya dengan nama taman bermain. Sebuah inovasi baru pemerintah Kabupaten Pamekasan, untuk menambah keindahan di Kabupaten Pamekasan.

Kenapa disebut taman bermain, dan kenapa diberi nama gladak anyar? Disebut taman bermain, karena terdapat beberapa wahana permainan untuk anak-anak. Seperti mobilan-mobilan, perosotan anak TK dan juga terdapat lapangan futsal. Diberi nama gladak anyar, karena taman ini terletak di Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan. Sehingga orang Pamekasan menyebutnya Taman Bermain Gladak Anyar.

Fasilitas yang ada di taman bermain gladak anyar tergolong lengkap. Mulai dari tempat parkir, kamar mandi dan tempat untuk bersantai. Pengembangan untuk menambah keindahan taman gladak anyar terus dilakukan. Seperti penanaman pohon palem dan lampu untuk menambah keindahan di waktu malam hari.

Fungsi taman sangat penting bagi suatu kabupaten atau kota. Karena taman dapat berfungsi untuk meningkatan kesehatan masyarakat. Dengan semakin banyak lahan hijau, maka akan masyarakat akan punya banyak pilihan tempat bermain. Hadirnya tumbuhan di taman kota berfungsi untuk memberikan udara segar, sehingga masyarakat yang beraktivitas di dalamnya bisa lebih sehat dan meringankan beban pikiran mereka. Tingkat stres akan menurun.

Sebaliknya, jika tidak ada taman kota, maka masyarakat kebingungan untuk mencari tempat wisata. Tempat bercengkerama dengan keluarganya. Tidak hadirnya kenyamanan di kotanya, membuat mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk berkunjung ke Mall di Surabaya misalnya. Jika hal ini terjadi, maka budaya hidup tidak sehat akan tercipta pelan-pelan. Masyarakat hobi membelanjakan uangnya ke kota dan dapat mempengaruhi kehidupan sosial budayanya.

Sebegitu penting peran taman, sampai-sampai ketersediaan taman menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan kota pintar. Taman menjadi bagian dari smart environment, dan jika dikumpulkan dengan smart economy, smart governance, smart energy, smart living dan smart mobility, maka akan tercipta suatu kota yang cerdas. Kota yang nyaman bagi penghuninya dan juga ramah terhadap lingkungan.

Taman kota adalah komponen penting untuk pengembangan kota cerdas. Karena berbicara kota cerdas tak mesti selalu berhubungan dengan teknologi.

Pamekasan memulai langkah kecil untuk menjadi kota cerdas. Diharapkan ke depannya, kota Pamekasan akan lebih banyak menyediakan taman-taman yang lain yang tersebar di seluruh kecamatan. Sehingga bisa menjadi Pamekasan sebagai kota yang punya komponen smart environment.

Ketika masyarakat sehat, maka seluruh roda kehidupan di dalam kota tersebut akan berjalan dengan baik. Karena kesehatan dan pendidikan menjadi hal utama bagi bangsa Indonesia.

Kembali ke cerita Taman Gladak Anyar. Dalam setiap harinya, Taman Gladak Anyar selalu ramai dengan pengunjung, utamanya pada waktu sore. Selain di Monumen Arek Lancor, Taman Gladak Anyar menjadi pilihan orang tua untuk menemani anaknya bermain. Taman gladak anyar juga cocok sebagai tempat untuk menghilangkan penat.

Penasaran seperti apa Taman Bermain Gladak Anyar? Ayo berkunjung ke Pamekasan! (Rhosy/Alam)

Khoirur Rosy

Author: 

I Love Open Source ..!! ./Linux For Human Beings #Linux #Ubuntu

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.