Tahun Kedua, Refleksi Kesederhanaan

 Event, OTEMA

Dalam rangka memperingati hari jadi yang kedua, Plat-M menyelenggarakan sebuah acara yang dikemas sederhana dengan menggelar tikar di Aula RKB D, Universitas Trunonojoyo Maduratepat pada 23 Desember 2011 yang berarti tepat pula berumur dua tahun Komunitas ini berdiri di bumi Madura. Acara yang disponsori oleh Blogger Nusantara, idblognetwork dan XL ini digelar untuk merangkul semua komunitas yang ada disekitar Plat-M. Selain itu acara yang bertemakan “Memperkaya Konten Positif Tentang Madura” ini juga mengusung tujuan sharing kepada peserta tentang pentingnya gabungan antara dunia informasi dan dunia budaya. Hal ini dibuktikan dalam acara ini terdapat dua talkshow gabungan dari dua topik, yaitu teknologi dan budaya.

Topik teknologi menghadirkan Setyawan Jullev yang merupakan seorang developer Android untuk memapaparkan pengalamannya mengoprek si “robot ijo” itu. Mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya ini menjelaskan bahwa Android merupakan salah satu sistem operasi yang mudah untuk dikembangkan. Jullev –panggilan akrabnya- juga sedang menggunakan Android dalam menyelesaikan tugas akhrinya. Dalam acara ini Jullev mendemokan aplikasinya tentang digitalisasi peta Madura berbasis Android. Aplikasi ini bisa memberitahu kita apabila ingin menelusuri Pulau Madura, karena dilengkapi dengan peta dan jalan terpendek untuk menempuh sebuah kota. Setelah terkagum-kagum dengan kecanggihan Android, peserta langsung dipertunjukan video-video Plat-M.

Talkshow selanjutkan yaitu OTEMA – Obrolan Tentang Madura, OTEMA edisi kedua ini bertemakan Karapan Sapi. Bapak Hidrochin Sabaruddin seorang budayawan Madura yang mengerti awal mula dan beberapa istilah yang belum diketahui oleh kita sebelumnya. Peserta jadi mengerti bagaimana proses Karapan Sapi dan bagian-bagian dari Sapi dalam bahasa Madura, beberapa peserta menyebarkan informasi ini lewat jejaring sosial Twitter.

Hari semakin sore, semangat peserta belum surut ketika sponsor XL memperkenalkan program terbaru mereka. Di saat XL sedang presentasi program terbaru mereka, tamu istimewa datang. Mbak Mubarika dan Mbak Rara datang jauh-jauh dari Jakarta hanya demi melihat acara peringatan HUT Plat-M yang kedua. Beberapa tamu dari luar Madura juga berdatangan, mulai dari teman-teman Blogger Nusantara, Delta Blogger, id Mozilla, semuanya menyatu dengan beberapa peserta yang datang sebelumnya seperti beberapa siswa dari berbagai SMA di Bangkalan, Peniti (SMAN 11 Surabaya), Blogger Bojonegoro, dan beberapa komunitas kampus maupun komunitas di luar kampus dari berbagai latarbelakang tidak hanya komunitas blogger.

Setelah ISHOMA, Mbak Rika memberikan sebuah surprise dengan membagikan dua job review masing-masing senilai 1 juta kepada peserta yang hadir. Peserta berebutan mengacungkan tangan untuk maju ke depan, setelah diseleksi oleh Mbak Rara akhirnya Mbak Erna dan Mbak Ria yang beruntung mendapatkan job reviews. Sebelum memberikan job reviews Mbak Rika memberikan testimoni tentang acara HUT Plat-M yang kedua ini. Mbak Rika rela datang jauh-jauh dari Jakarta demi Plat-M, demi berbagi kebahagiaan di momen bahagia hari jadi Plat-M yang kedua. Beberapa saran diberikan kepada Plat-M sebagai Komunitas Blogger Madura. “Blog komunitas harus bisa jadi epicentrum konten lokal dari masing-masing daerah komunitas, idblognetwork sangat mendukung komunitas yang menggalakkan konten lokal”, ujarnya. Tidak ketinggalan mantan chairwomen Pesta Blogger 2010, Mbak Rara memberikan masukan ke Plat-M agar lebih sering mengadakan acara dengan muatan lokal, jangan “nunggu” dari brand tertentu, tetapi komunitas harus mampu berkreasi dan menyelenggarakan acara bermuatan lokal. Sebuah penghargaan luar biasa bagi Plat-M kedatangan tamu jauh dari Jakarta. Bisa berkumpul antar komunitas dari berbagai deerah di Madura menjadi kebanggan sendiri.

Setelah memberikan surprise 2 job review kepada 2 orang peserta yang hadir, dilanjutkan dengan acara puncak yaitu pemotongan tumpeng oleh Klebun Plat-M, Wahyu Alam. Tumpeng melambangkan kesederhaan, komunitas Plat-M harus tetap menjadi komunitas yang sederhana apa adanya. Sebelum memotong tumpeng, klebun mengucapkan beberapa harapan bagi Plat-M kedepannya. Semua peserta yang hadir turut larut dalam suasana peringatan puncak HUT Plat-M kedua yang diiringi lagu Jamrud – Selamat Ulang Tahun, selain itu Klebun berdo’a dengan khusyu’ di depan tumpeng sesaat sebelum pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Pak “Gempur” Abdul Ghofur yang telah membimbing komunitas ini mulai dari lahir dua tahun lalu. Setelah potong tumpeng, peserta dimanjakan dengan beberapa pengumuman lomba dan beberapa pembagian doorprize oleh panitia.

Semua peserta tenggelam dalam kemeriahan di ujung acara HUT Plat-M yang kedua. Acara diakhiri dengan sesi-sesi foto bersama. Matorsakalangkong bagu semua yang telah meluangkan waktu ikut berbagi kebahagian bersama Plat-M.

Foto se laen bedhe e kadhintoh

 

@maz_echo

Author: 

Seorang Blogger Nekat dan Local Guide Madura, yang suka Traveler dan Menduniakan Madura

Related Posts

13 Responses

  1. lubis23/01/2012 at 22:55Reply

    kerenn,,, potonya dikasih add caption dong…

  2. fenny potter19/01/2012 at 16:43Reply

    Siiipp… mantab gan… lanjut ke taon ke-3 dan seterusnya 😀

  3. anas9505/01/2012 at 23:33Reply

    Peniti, SMAN 11 Surabaya ??
    tau gitu kenalan 😀
    http://abdina.com

  4. azaxs03/01/2012 at 10:22Reply

    slamat ulang tahun ke dua plat M dari blogger ponorogo,
    maaf baru tahu.. ga ad kabar maupun undangan… 🙂

  5. rara27/12/2011 at 16:48Reply

    ada saya! ada saya! 😀

  6. Fendi26/12/2011 at 12:52Reply

    apakah artinya “HUT” hari ini sama dengan hari kemarin, tetapi saya berfikir tidak untuk nak -kanak plat-m, yang memiliki visi menduniakan madura, mereka akan bergerak seribu langkah dan secepat angin bukan secepat cahaya …. ??

  7. ariefew25/12/2011 at 18:57Reply

    Foto paling atas, kenapa selalu orang ituuu… :((

    • SlameTux25/12/2011 at 19:29Reply

      hahaha wkwkwk… kasian si klebun sempuk, dibenci banyak orang. hehehe nasib-nasib…

      • rotyyu31/12/2011 at 13:31Reply

        Salah sendiri terlalu narsis, di blog Plat M isinya foto si kelbun sempuk

    • fazza25/12/2011 at 21:27Reply

      pencitraan pak
      dia mau nyalon klebun lagi 😀

    • Rusa26/12/2011 at 13:38Reply

      Huahaha

  8. Rusa25/12/2011 at 14:43Reply

    Selamat ultah yg ke 2 PLat M, teap kompak online offline ya!
    Yay ada Rusa, walau gak kelihatan jelas sih 😀

    • SlameTux25/12/2011 at 19:31Reply

      Terimakasih ya atas kedatangannya ke HUT Plat-M yang ke 2, jangan bosan sampai bosan ya tuk main-main lagi ke Madura. 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.