Suramadu, Golden Gate Bridge from Indonesia

 Ide Masa Depan

Suramadu, Golden Gate Bridge from Indonesia - plat-m

Suramadu Fireworks Show

Suramadu memiliki pemandangan malam yang indah. Bagaimana jika pemandangan indah itu dikombinasikan dengan sebuah pertunjukan kembang api seperti yang ada di luar negeri? Sebagai contoh, pada 13 September 2014 lalu, di Forth Road Bridge Skotlandia, telah diadakan festival untuk memperingati hari jadi jembatan itu yang ke-50. Perayaan hari jadi jembatan tersebut dimeriahkan oleh adanya pertunjukan kembang api.

Konsep dari Firework Show yang ada di Forth Road Bridge bisa saja diadakan di Jembatan Suramadu. Memang ada konsekuensinya mengadakan acara seperti itu seperti ditutupnya tol, biaya yang besar, dan akses laut yang terpaksa dihentikan. Namun, kami yakin penyelenggara nanti bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Acara semacam atraksi kembang api tersebut bisa dilakukan pada saat Hari Kemerdekaan Indonesia, Tahun Baru Masehi, atau hari-hari besar lainnya. Tentunya, banyak wisatawan yang rela menghabiskan uangnya untuk pertunjukan yang megah seperti itu. Para wisatawan yang ingin melihat kembang api dari selat yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Madura bisa menggunakan perahu wisata yang nantinya bisa mengantarkan para wisatawan ke tengah-tengah selat. Pertunjukan seperti itu mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Jembatan Suramadu mungkin bukan menjadi ikon saja, melainkan obyek wisata andalan dari Jawa Timur.

Berikut ini contoh dari paket wisata yang bisa jadi pilihan yang menarik wisatawan :

  • Madura Ethnic and Cultural Tour. Wisata budaya di seluruh Pulau Madura. Menampilkan berbagai budaya dan kesenian asli Pulau Madura serta mengunjungi obyek wisata yang tersebar di Pulau Madura. Paket wisata seperti ini perlu dipromosikan dan dikenalkan secara luas untuk mengenalkan budaya Madura yang unik.
  • Wisata Religi Pulau Madura. Tujuan wisatanya yakni tempat-tempat bersejarah di Pulau Madura yang mempunyai nuansa religi. Hal ini juga bisa menjadi sarana edukasi guna mengetahui peninggalan para penyebar Agama Islam di Pulau Madura.
  • Wisata Antar-Pulau. Kepulauan di sebelah timur Pulau Madura menjadi tujuan utamanya. Keindahan pantai di pulau-pulau sebelah timur Pulau Madura bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tiga contoh paket wisata di atas tentunya mampu menarik wisatawan domestik maupun luar negeri. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Madura, Jembatan Suramadu pastinya lebih sering dilewati oleh berbagai wisatawan sehingga Jembatan Suramadu menjadi ikon yang sangat melekat.

Jadi?

Kesimpulan akhir dari ide-ide kami yaitu, jadikan Pulau Madura sebagai destinasi wisata para wisatawan, tetapi transportasi harus diperbaiki hingga mampu memenuhi kebutuhan warga maupun wisatawan, dan semuanya harus ditunjang dengan promosi yang baik.

Anam Nasrudin Choirul

Author: 

Seorang mahasiswa yang suka ngeblog

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.