Suasana Ramadhan di Alun-Alun Kota Sumenep

 Madura, Sosial, Sumenep

Susana Ramadhan 2013 Sumenep

Tidak terasa bulan sudah silih berganti hingga memasuki Bulan Ramdhan atau dalam Bahasa Madura yaitu pasa’an (red.puasa). Sebelumnya saya pribadi mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankannya, semoga diterima semua amal ibadahnya.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang bagaimana suasana Bulan Puasa di Kabupaten Sumenep, Bulan Puasa kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada Bazar Takjil Ramadhan yang terletak di Alun-Alun Kota Sumenep atau lebih dikenal Taman Adipura dan ternyata Program Bazar Takjil Ramdhan ini tidak hanya di Kota Sumenep tetapi juga ada di 4 kota di seluruh Madura Meliputi Bangkalan, Sampang, Pameksan dan Sumenep.

Acara Bazar Takjil? Ramadhan ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten setempat dengan kerja sama oleh berbagai macam pihak dengan salah satunya yaitu Perusahaan Otomotif ternama dunia dan salah satu Media Cetak yang cukup terkenal di Madura,

Bazar takjil kali ini bertemakan “jajanan rakyat” dimana diantaranya yaitu berbagai macam masakan kuliner Khas Sumenep bahkan sampai kuliner Khas Nusantara ada di bazar ini salah satunya yaitu Es Pisang Ijo dan Pisang Keju khas Makassar, dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan.

Dengan adanya Bazar ini setiap sore sekitar jam 15.00-17.00 WIB, Masyarakat Sumenep berbondong-bondong ke Alun-Alun Kota untuk mencari takjil-takjil faavorit yan hendak disajikan ketika buka Puasa tiba, karena saking dari antusiasnya jalan sekitar Alun-Alun Sumenep jadi macet dan ramai oleh Masyarakat Sumenep ataupun Pendatang dari daerah lain, sampai-sampai disetiap harinya SATPOL PP dan SATLANTAS Kabupaten Sumenep menurunkan sekitar 25 personel untuk berjaga-jaga disetiap sudut Alun-Alun Kota, dengan demikian masyarakat jadi aman dan tenang dalam berwisata kuliner.

Tidak ketinggalan juga di sekitar Alun-Alun banyak takjil gratis bertebaran, entah dari salah satu perusahaan, bank, organisasi bahkan tidak lupa juga para “pemain politik” (red.caleg, parpol, cabup dsb) membagikan takjil gratis dengan cuma-cuma, kemarin saya sendiri dapat takjil dari salah satu Distributor Minuman yang cukup ternama di Sumenep dan dari salah satu Cagub Jatim yang berdomisili di Sumenep.

Dan tidak ketinggalan juga Pemerintah Kabupaten Sumenep dan Instansi Pemerintah lainnya setiap harinya juga membagikan Takjil Gratis, yang setiap harinya sudah pasti Mangkal dengan Mobil RV yang bertulisakan ?Pemerintah Kabupaten Sumenep? dan letaknya di depan pintu masuk Alun-Alun Sumenep atau depan Masjid Agung Sumenep, yang sudah menunggu Masyarakat Sumenep untuk mengunjunginya dan mencicipi Takjilnya.

Makanya kalau anda ke datang ke Sumenep di Bulan Ramadhan kali ini jangan lupa sempatkan diri untuk mampir di Bazar Takjil Ramdhan atau ke Taman Adipura untuk mencicipi aneka makanan Kuliner Khas Sumenep dan merasakan bagaimana momen suasana Ramadhan di Sumenep.

Author: 

Blogger. Pine Tech Consultant. Mozilla Developer. Firefox Student Ambassadors. National Geographic Indonesia. Greenpeace Indonesia

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.