Sosialisasi Drug Literacy dalam Kampanye Anti-Narkoba di Pamekasan

 Berita

04-7-2016 - plat-m.com - Sosialisasi Drug Literacy dalam Kampanye Anti-Narkoba di Pamekasan

Maraknya kasus penyalahgunaan narkoba di Bumi Gerbang Salam tak pelak memunculkan keprihatinan banyak pihak. Kali ini, Komunitas Paddhang Bulan, Tacempah, Plakpak, Pegantenan Pamekasan menyelenggarakan sebuah acara bertajuk Aksi Bersama Kampanye Anti-Narkoba di Bumi Gerbang Salam pada 29 Juni 2016 lalu di kedai milik komunitas pemuda tersebut.

Selain perihal semakin gencarnya kasus narkoba di Pamekasan, acara tersebut juga digelar untuk turut memeringati Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh tiga hari sebelumnya.  Komunitas Paddhang Bulan sendiri memiliki agenda rutin tahunan bernama Kongkow Ramadhan sehingga tema tersebut dipandang cocok menjadi tajuk acara tahun ini.

“Dibanding acara-acara pada tahun sebelumnya, Kongkow Ramadhan kali ini terbilang lebih meriah dan serius”, ujar Hamdani, ketua Komunitas Paddhang Bulan. “Panitia bekerja ekstra keras mulai dari perencanaan operasional dan teknis hingga kerjasama dengan berbagai pihak”, tambahnya. Acara memang berlangsung cukup meriah dan dihadiri tidak kurang dari 250 pelajar, mahasiswa dan warga Pamekasan bahkan Sumenep.

Di awal acara, panitia menyuguhkan penampilan musik modern yang dikemas dengan sentuhan tradisional. Selain lagu A Sky Full of Star yang dipopulerkan Cold Play, kelompok musik Komunitas Paddhang Bulan juga membawakan lagu religi dari Ungu bertajuk Segala Puji Syukur sehingga nuansa Ramadhan terasa cukup kental. Selain itu di akhir acara, panitia juga menyediakan takjil dan hidangan berat buka bersama. Acara inipun menjadi tujuan ngabuburit yang tepat dan pas bagi para peserta.

Sementara itu, acara inti diisi oleh keynote speech singkat oleh Sekretaris BNK (Badan Narkotika Kabupaten) Pamekasan, Bapak Syaiful Arifin. Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog berisi sosialisasi drug literacy dan perkembangan terkini persebaran serta penyalahgunaannya di Pamekasan, juga Madura. Tak tanggung-tanggung, panitia berhasil mendatangkan narasumber yang merupakan pakar sekaligus perwakilan dari tiga institusi terkait. Ketiganya adalah Polres Pamekasan yang diwakili oleh Bapak Hery Indra, Lapas Narkotika Kelas II Pamekasan oleh Bapak dr. Kristanto, dan BNK Pamekasan oleh Ibu Ridawati.

04-7-2016 - plat-m.com - Sosialisasi Drug Literacy dalam Kampanye Anti-Narkoba di Pamekasan (2)

Bapak Hery mengulas definisi dan ragam narkoba hingga pasal-pasal terkait penyalahgunaan dan penyebarannya menggunakan beberapa slide presentasi power point. Ia juga menjelaskan bahwa Pamekasan menempati urutan ke-2 di Madura dalam hal penyalahgunaan barang haram tersebut. Sementara itu, Bapak dr. Kristanto menjelaskan efek fisik maupun psikis dari penyalahgunaan narkoba yang dalam level tertentu dapat begitu mengancam. Adapun profil mengenai BNK Pamekasan, scope kerja serta trik-trik menjauhi narkoba disampaikan oleh Ibu Ridawati. Staff P4GN BNK tersebut juga menyampaikan harapannya agar Paddhang Bulan dapat ikut mengawal kampanye anti-narkoba di kalangan pemuda Pamekasan.

Ditemui seusai acara, Berri Anam selaku ketua panitia menjelaskan bahwa acara tersebut terselenggara atas kerjasama Komunitas Paddhang Bulan dan BNK Pamekasan dengan inisiatif dari Paddhang Bulan. Turut pula hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Kepala Desa Plakpak, Camat Pegantenan, Polsek Pegantenan dan Kodim 07-0826. Banyaknya peserta dan undangan yang hadir serta lalu lintas sore hari yang ramai mengharuskan tim dari Polsek Pegantenan untuk mengondisikan jalan raya yang bersebelahan langsung dengan lokasi acara.

Acara ditutup dengan buka bersama dan penandatanganan petisi serta pembubuhan cap tangan peserta sebagai simbolisasi penolakan bersama terhadap narkoba di Pamekasan. Penandantanganan petisi dilakukan di mushalla Paddhang Bulan sementara pembubuhan cap tangan oleh seluruh peserta di lokasi acara. Keduanya dilaksanakan bersamaan di tempat terpisah setelah acara buka bersama.

 

Oleh: Berri Anam

 

Anam Nasrudin Choirul

Author: 

Seorang mahasiswa yang suka ngeblog

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.