Serunya Sharing Keliling Madura

 Bangkalan, Berita, Event

Bangkalan, 17 September 2011, Komunitas Plat-M mendapat penghormatan untuk menjadi tuan rumah dalam acara Sharing Keliling 2011 di Madura dengan sebutan Sharing Keliling Madura (SK Madura). Acara ini merupakan acara ke-13 Sharing Keliling 2011 yang diadakan oleh pihak salingsilang di 14 kota besar di-Indonesia. Bekerjasama dengan Labsi Unijoyo (Laboratorium Sistem Informasi Universitas Trunojoyo Madura), acara ini berlangsung di RKB D Universitas Trunojoyo Madura.

Acara yang dimulai dari pukul 08.30 – 15.00 WIB ini terbilang sukses dikarenakan antusiasme dan membludaknya peserta dari target yang ditentukan. Peserta SK Madura ini berasal dari kalangan mahasiswa, siswa dan guru, serta delegasi – delegasi dari komunitas. Total keseluruhan terdapat 106 peserta, lebih 16 orang dari target awal.

Terdapat 3 sesi utama yang akan disampaikan dalam SK madura ini, sesi pertama adalah “Riset dari Internet Sehat”, kemudian dilanjutkan dengan sesi “Kelas Pilihan”, dan yang terakhir adalah sesi “Etika bersosial Media”, namun dikarenakan masalah teknis, sesi terakhir ini diganti menjadi sesi “Sharing Antar Komunitas”.

Sesi pertama disampaikan oleh Mbak Anggie, namun dalam sesi ini kebanyakan dari para peserta mengalami krisis pengetahuan, dikarenakan salah satu dari sesi “Riset dari Internet Sehat” ini, para peserta diharuskan untuk menggambar peta Pulau Madura beserta tempat – tempat tertentu didalamnya dengan aturan yang tertulis, padahal kebanyakan dari para peserta 50% adalah orang Madura dan 50% adalah orang Luar Madura. Terlebih lagi dalam penjelasan yang disampaikan, terdapat satu hal yang cukup bisa dikatakan lucu, dikarenakan Mbak Anggie selaku pemateri salah mengucapkan bahwasanya “Madura” adalah sebuah “Kota” bukan sebuah “Pulau”, sehingga para peserta banyak yang kebingungan dan tertawa mendengarnya.

Pada sesi “Kelas Pilihan”, para peserta diharuskan untuk mengikuti salah satu dari 3 kelas dimana setiap kelas memiliki kapasitas maksimal 30 – 35 peserta. Setiap kelas yang ada memiliki materi yeng berbeda – beda, Kelas pertama dengan materi “Creative Writing” yang disampaikan oleh Bapak Wicaksono, Kelas kedua dengan materi “Photo Blogging” yang disampaikan oleh Mas Danny Tumbelaka, dan Kelas ketiga dengan materi “Video Blogging” yang disampaikan oleh Mbak Ima Noor Puspitasari. Antusiasme para peserta di setiap kelas bisa dibilang besar, dikarenakan banyaknya peserta yang aktif bertanya, bahkan disaat kelas telah usai, masih banyak dari para peserta yang tetap bertanya diluar kelas.

Sesi ketiga berlangsung setelah ISHOMA, dalam sesi ini terdapat perubahan acara yang mana awalnya ini merupakan sesi “Etika bersosial Media” yang disampaikan oleh Tim Internet Sehat, namun dikarenakan kesalahan teknis, sesi ini dialihkan menjadi sesi “Sharing Antar Komunitas”. Dalam sesi ini perwakilan dari setiap komunitas diharuskan untuk menceritakan tentang komunitas yang dibawainya. Beberapa komunitas yang hadir diantaranya Komunitas Blogger Bojonegoro, Komunitas Kommmbis, Komunitas Kabel-IT, Komunitas Peniti, dan Koelit. Acara dalam sesi terakhir ini, tidak hanya Sharing Antar Komunitas melainkan juga terdapat acara bagi-bagi dorprize dan sebuah game yaitu “Merayu Mbak Anggie” yang membuat para peserta semakin antusias dibuatnya.

Setelah semua sesi telah terlaksana, acara terakhir adalah acara penutup sekaligus photo – photo baik dari para peserta, panitia, sekaligus Tim SalingSilang. Terimakasih kami ucapkan terhadap SalingSilang yang telah mempercayakan kami untuk melaksanakan SK Madura ini, terimakasih kami sampaikan pula kepada Tim SalingSilang SK Madura, dan tidak lupa juga kepada semua peserta yang telah hadir dalam acara SK madura ini, tanpa kalian acara ini tidak akan berarti apa-apa. lw

Author: 

Related Posts

5 Responses

  1. gLeN fAdLy12/10/2011 at 20:37Reply

    hmmm seru banget lah pokonya.. hmm plat-m memang patut di jadikan guru buat komunitas lain, karena telah bisa membuat event kaya gini, kami dri bojonegoro butuh bimbingannya 😀

  2. manis05/10/2011 at 17:06Reply

    menarik !

  3. mataku05/10/2011 at 16:57Reply

    menarik dan menyenangkan !

  4. rotyyu25/09/2011 at 16:37Reply

    Mendapatkan kehormatan bukan penghormatan, kerjasamanya juga dng Labsi UTM bukan Labsi Unijoyo. Sekedar koreksi saja. Tapi acaranya benar-benar keren, sering-sering aja undang mbak Anggie ke Madura 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.