Seorang Blogger Harus Berbagi dan Perduli, Why Not?

 Berita, Budaya, Sosial

Eksistensi Seorang blogger terletak ketika ada semangat lebih perduli untuk berbagi, dimulai untuk berbagi kontens lokal yang ada di sekitarnya (@Ahmad fendi1, 2012)

Ilustrasi Berbagi. Sumber: ngerumpi.com

Menarik sekali menyimak penjelasan bapak Gumam Farid Gaban mengenai alam, manusia dan budaya maupun penjelasan Antyo Retdjono mengenai blogger, sebagai bagian dari dokumentasi sosial. Dua pemateri di HUT blogger Ngalam ini banyak berbicara mengenai #OblongMerahMuda mengenai potensi lokal yang harus dipromosikan oleh seorang blogger.

Menarik karena Bapak Farid Gaban pernah melakukan perjalanan ke 85 pulau yang dikenal dengan Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa, sehingga beliau mampu melihat bentangan alam ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dilihat dan dibagikan kepada orang lain, baik mengenai manusia dan budaya yang ada sehingga mampu memperkaya konten mengenai keragaman yang ada di tanah air, sehingga tidak sepantasnya seorang blogger hanya berbagi konten mengenai kisah –kisah dirinya sendiri dan melupakan dunia orang lain yang perlu diapresiasi.

Antyo Retdjoko pun menambahkan bahwa blogger, sebagai bagian dari dokumentasi sosial tidak terlepas karena ngeblog adalah bersaksi. Bersaksi betapa indahnya apapun yang berada dilingkungan kita, seorang blogger seharusnya memiliki semangat berbagi, berbagi gagasan, budaya maupun tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Karena kenyataannya, beberapa blogger lebih suka menuliskan cerita pribadi dan catatan mengenai pemilik blog itu sendiri, namun perlu juga diapresiasi apabila mereka berbagi pengalaman berharga, yang terkadang bisa menginspirasi pembacanya untuk maju. Kisah –kisah pengalaman berburu beasiswa, kisah mengikuti student exchange, maupun studi di luar negeri serta pengalaman meraih penghargaan bergengsi. Ketidak mampuan berbagi merupakan sisi kelemahan seorang blogger untuk menunjukkan diri dan kontens yang menjadi bidikannya, sekaligus promosi blog. Seorang blogger sebenarnya lebih mudah dan gampang, ujar bapak antyo

Sejatinya, seorang blogger hanya memerlukan keterampilan untuk memotret, merangkai cerita, bahasa blog tidak tidak terikat, kita menulis yang penting tulisan dan gagasan itu mudah dimengerti pembaca. Seorang blogger bebas berekspresi dan bernarsis ria. Expresikanlah kontens lokal sebanyak –banyaknya untuk berbagi.

Bapak antyo hanya menekankan Seorang blogger harus lebih banyak memiliki keperdulian dan semangat serta membagikan. Karena setiap kontens dan berbagai rentetan kisah itu berada di sekitar kita. Semuanya ada disekitar kita, tinggal sejauh mana kita lebih perduli untuk mencatat, ujarnya memberikan penekanan kembali.

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi

Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

4 Responses

  1. fajar26/01/2012 at 16:48Reply

    terima kasih sudah mengingatkan kembali.. slam semua untuk teman2 baru yg berpotensi 😀

  2. rotyyu20/01/2012 at 08:31Reply

    Tapi jangan lupa, ngeblog itu juga unjuk kebebasan dan selama tidak mengganggu kebebasan manusia lainnya apapun isi blognya tidak jadi masalah.

  3. SlameTux18/01/2012 at 20:23Reply

    Seorang blogger memang harus kaya akan konten seperti halnya yang dikatakan oleh @Pamantyo, biar gak mati konten dan gak mati gaya didunia perbloggingan.

  4. MdarulM11/01/2012 at 19:39Reply

    The king of content dan juga disebut denga 1 paman banyak keponakan ini punya banyak sekali blog dan terurus semua..dan tidak mementingkan SEO tapi semangat berbagi..luar biasa dan saluuut dah sama @pamantyo 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.