Seminar OpenBTS di SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang

 Event, Sampang

plat-m.com OpenBTS di Sampang

Ada yang berbeda terlihat di SMK Negeri 1 Tambelengan Sampang pada hari sabtu, 16 Januari 2016 kemarin. Ya, di sanalah akan digelar seminar tentang OpenBTS dengan dihadiri oleh pakarnya langsung: Onno W Purbo.

Pada jam 08.00 WIB, peserta sudah memadati ruangan. Sambil menikmati hidangan yang disediakan panitia, para peserta kelihatan sangat antusias untuk mengikuti rangkaian acara pada pagi itu. Acara diawali oleh sambutan kepala sekolah, yang kemudian dilanjutkan seminar dengan materi utama OpenBTS.

Selain dikemas sederhana, acara ini dihadiri oleh sekitar 120 peserta yang berasal dari komunitas dan perwakilan beberapa sekolah yang berada di Kabupaten Sampang, Madura.

Onno W Purbo membawa peralatan OpenBTS langsung dari Jakarta. Ia mengenalkan perangkat-perangkat OpenBTS-nya, mensimulasikan bagaimana kerja OpenBTS serta memberikan referensi cara mengembangkan OpenBTS kepada peserta. Beliau juga bercerita banyak tentang proses pengembangan OpenBTS di Indonesia, utamanya OpenBTS yang beroperasi di Papua.

Acara ini digelar di Sampang karena SMK Negeri 1 Tambelengan Sampang dinobatkan sebagai pusat pelatihan untuk pendidikan kejuruan. Dengan ini, kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tambelengan Sampang berharap, sekolahnya bisa menunjang perkembangan teknologi informasi di Madura, khususnya Kabupaten Sampang. Sehingga Madura tidak hanya dikenal dengan satenya. Akan tetapi juga dikenal dengan teknologinya.

“Kalau orang luar dengar kata Madura, mereka pasti berpikir tentang sate”. Begitulah sepenggal kalimat yang dilontarkan kepala sekolah SMK Negeri 1 Tambelengan Sampang dalam sambutannya. Beliau juga berharap, nantinya OpenBTS bisa beroperasi di Madura, utamanya di daerah-daerah terpencil yang masih minim jaringan seluler.

Diharapkan dengan adanya OpenBTS, wilayah Madura tidak lagi kesulitan jaringan seluler, selain itu hal ini dapat memudahkan masyarakat di pedalaman Madura untuk berkomunikasi. Secara khusus Onno W Purbo berharap para peserta nantinya juga bisa mengembangkan OpenBTS secara lebih luas lagi di Madura dan di Indonesia secara umumnya.

 

Berikut cuplikan seminar tentang OpenBTS yang dilaksanakan di SMKN 1 Tambelangan tanggal 16 Januari 2015

Khoirur Rosy

Author: 

I Love Open Source ..!! ./Linux For Human Beings #Linux #Ubuntu

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.