Sakera dan Marlena, Robot Kampus UTM yang Berprestasi!

 Kampus

Sakera dan Marlena robot kampus utm yang berprestasi

Tim robot Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kembali berprestasi. Prestasi tahun ini cukup mengejutkan. Sakera, nama robot beroda besutan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik SOKET ini menjadi juara ketiga di bawah langganan juara nasional PENS dan ITS.

Sakera mendapatkan catatan waktu 508, sedangkan ITS 418, dan PENS menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 75. Sakera adalah robot berkaki yang bertarung di kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

Selain itu, untuk kategori robot berkaki, tim robot UTM memberi nama robotnya dengan Marlena. Pada perlombaan kemarin, Marlena menduduki peringkat 4 di bawah PENS, Unesa, Unmuh Malang. Bahkan Marlen mengalahkan catatan waktu Abinara 1 dari ITS Surabaya. Tentu catatan ini memperbaiki prestasi tim dari UTM dari tahun ke tahun.

tim robot universitas trunojoyo madura

Perlu diketahui, tim robot kampus UTM bertarung di regional IV yang dijuluki grup neraka. Regional ini bertarung kampus-kampus langganan juara seperti PENS, ITS, UB, Unair, Unesa dan kampus terbaik lainnya di Jawa Timur. Dari regional ini biasanya lahir juara nasional, atau bahkan sering mewakili Indonesia di ajang yang lebih tinggi yaitu: Aburobocon.

Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2016 Regional IV diadakan pada 5-7 Mei di GOR Perjuangan 45 kampus Polije. Regional IV meliputi Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Provinsi di Pulau Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Prestasi ini, sekali lagi, menunjukkan bahwa mahasiswa-mahasiswa dari pulau garam juga dapat berprestasi. Program riset tim robot kampus UTM sangat serius mengembangkan penelitian di bidang robotik. Semoga kampus UTM terus melahirkan generasi-generasi unggul dari pulau Madura, sehingga dapat bersaing di kancah nasional ataupun internasional. Semoga.

SOKET UTM tim robot

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

2 Responses

  1. Hamidi10/04/2017 at 00:16Reply

    Alhamdulillah, sukses selalu kawanku. Lanjutkan perjuangan. Insya Allah Madura akan selalu bisa! Bisa dan pasti bisa..

  2. HALOnetizen15/05/2016 at 06:28Reply

    wah, selamat untuk Sakera dan Marlena. Semoga terus dikembangkan dan menjadi juara nasional dan dunia.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.