Ria Lyzara, Google Student Ambassador 2013

 Berita

IMG_4616Satu lagi prestasi yang diukir oleh mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura. Dia bernama Ria Lyzara, yang tahun ini berusia 21. Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ini menorehkan prestasi dengan terpilih menjadi Google Student Ambassador 2013.

Ria Lyzara, gadis kelahiran Kota Kediri 30 Agustus 1992 ini sebelum terpilih menjadi Google Student Ambassador 2013 sudah dikenal aktif dalam dunia blogging atau hal-hal yang berkaitan dengan IT. Meskipun ia aktif “ngeblog” dan mengikuti pertemuan blogger di tingkat nasional, prestasi akademiknya tetap terjaga dengan baik. Saat menduduki semester tiga, ia mendapatkan Indeks Prestasi 4.00, sebuah nilai yang fantastis untuk mahasiswa program Studi Teknik Informatika.

Dunia “ngeblog” yang ditekuninya sejak SMA ternyata memberikan kesempatan bagi gadis berkulit sawo matang ini untuk berkenalan dengan para blogger di seluruh nusantara. Ini terbukti dari keikutsertaannya dalam ajang-ajang temu blogger baik di tingkat lokal, regional, hingga nasional. Kepada kabar UTM ia menceritakan panjang lebar pengalamannya mengikuti kegiatan temu blogger, “Saya senang mengikuti banyak kegiatan blogging, khususnya seminar, Pesta Mini Blogger, dan Kopdar. Yang paling berkesan adalah Festival TIK di Bandung, Blogger Nusantara 2011, Blogger Nusantara 2012 di Makassar, Festival TIK di Surabaya dan ASEAN Blogger Festival 2013 di Indonesia. Selain itu, kegiatan yang paling berkesan saat duduk di bangku kuliah ini adalah saat dapat undangan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya untuk menghadiri Forum Bidikmisi Nasional 2012. Acara selama empat hari tersebut sangat berkesan. Dan paling kerennya saya mendapatkan sertifikat langsung dari bapak Menteri Kemendikbudnas dengan title Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi.” Ujarnya.

Ria Lyzara diterima menjadi mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura melalui jalur Bidik Misi tahun 2011. Program bantuan pemerintah yang diberikan DIKTI kepada mahasiswa-mahasiswi kurang mampu di seluruh pelosok Indonesia ini cukup berharga bagi dirinya, karena dengan beasiswa itu ia bisa menikmati bangku perkuliahan dengan biaya dari Pemerintah.

Ketika kabar UTM menanyakan motivasi serta semangat hidup yang ia miliki terutama setelah terpilih menjadi Google Student Ambassador 2013, ia mengutarakan bahwa dirinya punya motivasi “Man Jada Wa Jadda” yaitu siapa yang sungguh-sungguh pasti berhasil. Selama ada kesempatan dia akan mencoba, tanpa harus menunggu kesempatan kedua. Pesan Al-Quran dalam surat Ar-Ra’ad ayat 11 Allah berfirman “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu mau (berusaha) mengubah nasibnya sendiri”. Ya, saat mengingat ayat tersebut dia memiliki tambahan motivasi.

1052508_10200898544660276_1076929047_o

*sumber : album #searchsummit2013

Mahasiswi berusia 21 ini merasa bersyukur terpilih menjadi Google Student Ambassador 2013 karena kegiatan ini mempertemukan dirinya dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia sehingga dengan kegiatan itu Ria Lyzara mengaku mendapatkan banyak network atau jalinan pertemanan dengan berbagai remaja di seluruh ASIA Tenggara bahkan dunia. Gadis ini juga paling senang dan hobi mengoleksi buku-buku motivasi dan beberapa hari yang lalu, ia baru saja menghadiri Search Summit with Google 2013 di Jogjakarta dan bertemu dengan Google Student Ambassador dari berbagai negara di ASIA Tenggara.

Saat ini, Ria Lyzara merupakan mahasiswi semester empat di program studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UTM. Ria, begitu ia akrab dipanggil oleh teman-temannya menceritakan pengalamannya saat mengikuti Search Summit Google 2013 di Jogjakarta, ” Dalam #searchsummit2013 tersebut, saya mendapatkan tambahan ilmu baru tentang dunia teknologi tentu teknologi Google serta bertemu dengan orang-orang dibalik kecanggihan teknologi Google yang keren-keren. Yang paling berkesan saya bertemu dengan 137 Google Student Ambassador Southeast Asia serta dua komunitas besar yaitu Google Developer Group SEA dan Google Business Group SEA. Sungguh mengesankan sekali, saya bisa menjadi bagian dari 138 GSA SEA yang terpilih dari hampir seribu mahasiswa yang mendaftar, dari hampir seratus perguruan tinggi di ASIA Tenggara.” ungkapnya dengan penuh semangat.

Ketika kabar UTM bertanya tentang motivasi dan cita-citanya, gadis ini langsung menjawab dengan penuh semangat, “Saya memiliki banyak keinginan, termasuk cita-cita untuk masa depan saya. Keinginan dan harapan jangka pendek saya ialah ingin segera lulus dengan predikat cumlaude dan diterima kerja di perusahaan IT. Cita-cita jangka panjangnya bisa diterima S2 dengan beasiswa tentunya di Nahyang Technological University Singapore atau paling tidak mendapatkan beasiswa mendapatkan beasiswa S2 di negeri sendiri, terus jadi lecturer diselingi membuka bisnis.”

Saat ini, Ria Lyzara menjadi anggota komunitas Blogger Plat-M, Madura dan anggota berbagai unit kegiatan mahasiswa di fakultasnya. Beberapa prestasi yang ia dapatkan dari aktivitas “ngeblog” di antaranya : Ria pernah mendapatkan juara 1 lomba blog Lintas Me dengan hadiah Samsung Galaxy Note 10,1 serta kompetisi menulis di blogdetik yang kemudian memberinya hadiah tiket pesawat untuk menghadiri temu Blogger Nusantara di Makassar Tahun 2012. Dengan prestasi ini, ia menjadi mahasiswa UTM yang turut mengharumkan nama Universitas Trunojoyo Madura tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga mulai melangkah Go International.

@ahmadfendi1
Nb : Profil di atas juga dimuat di Buletin Kabar UTM edisi bulan Juni 2013

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

4 Responses

  1. jarwadi21/12/2013 at 11:33Reply

    cewe yang satu ini memang luar biasa, kepribadiannya menyenangkan, saya merasa beruntung karena pernah sekali berkesempatan foto bareng 🙂

  2. jullev07/08/2013 at 11:18Reply

    Kereeeenn next step Google Developer yah biar ada penerusnya

  3. Indah Julianti S08/07/2013 at 05:16Reply

    Ria memang keren 🙂
    Terus menghasilkan yang terbaik Ria :*

  4. Agil Toko Pojok06/07/2013 at 15:25Reply

    congratulations Ria Lyzara
    keep spirit

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.