Repost: Sosialisasi Komunitas ASEAN #MenujuKEA2015

 Berita, Event

Beberapa hari yang lalu, Plat-M mendapat undangan menghadiri acara Sosialisasi Komunitas ASEAN dengan tajuk #MenujuKEA2015. KEA itu adalah Komunitas Ekonomi ASEAN. Sebenarnya, lebih spesifik, Plat-M mendapat undangan khusus untuk klebunnya, Wahyu Alam karena telah menjadi pemenang lomba blog ASEAN Blogger Festival. Berikut tulisan dari deklarator Plat-M yang sedang berada di Jakarta, Ahmad Faza:

Hari Sabtu 24 Agustus 2013, Saya pertama kalinya masuk ke salah satu gedung Kementerian Luar Negeri yang berada di Jakarta selatan tepatnya depan senayan, berangkat lebih pagi untuk menepati sebuah undangan yang harus di laksanakan karena sebuah undangan adalah sebuah janji yang harus di tepati. bBrangkat lebih pagi pada saat itu karena memang tidak tahu keberadaan gedung tersebut dengan bermodal GPS Galaxy Tab dan transportasi transjakarta sangat mudah menjangkau ibu kota Jakarta ini.

Gedung kementerian luar negeri ini gak jauh dari kosan setiabudi bahkan setiap minggu terlewati gowes sepanjang jalan Sudirman dan Thamrin, deket sih memang deket dari deketnya itu datang lebih awal dan masih sepi dengan peserta lainya, sempat bertanya-tanya apa-apaan sih komunitas blogger ASEAN ini, kenapa seASEAN? tidak komunitas blogger internasional saja :D .

Komunitas blogger ASEAN terbentuk bulan mei 2011 di Bali dengan menimbang dan memutuskan..silahkan lihat di situsnya tentang terbentuknya blogger ASEAN 😀KOMUNITAS BLOGGER ASEAN-INDONESIAseperti halnya dulu tahun 2009 gue dan kawan-kawan madura mendeklarasikan Komunitas Blogger Madura harus berjuang keras lebih keras dari biasanya sampai level luar biasa mengsosialisasikan ke masyarakat Madura khusunya dan masyarakat luar Madura umunya sama halnya komunitas blogger ASEANini harus sering bersosialisasi dan sosialisasi agar di kenal masyarakat Indonesia khususnya dana warga ASEAN umumnya *halah :D

Pada sosialisasi kali ini, komunias blogger ASEAN mengambil tema “ASEAN ConnectivityMenuju Komunitas Ekonomi ASEAN 2015:Peran dan Kontribusi Blogger serta Media Sosial dalam menghadapi Kompetisi di ASEAN” bertempat di Ruang Carakaloka, Pusdiklat Kementerian Luar Negeri. dari temannya sudah terbaca dengan jelas tentang ekonomi ASEAN dan peran blogger serta pegiat sosial media menghadapi kompetisi se ASEAN. Yang namanya kompetisi menang dan kalah, adalah hal wajar tetapi jangan di tanamkan ke mindset kita kalau indonesia akan kalah harus sebaliknya Indonesia akan mendominasi se ASEAN.lah cuma ASEAN saja kok se duniapun masyarakat Indonesia sudah mendominasi :D masyarakat Indonesia berpenduduk tidak sedikit dan tidak sedikit pula masyarakat Indonesia sudah tersebar di dunia *halah sok banget sih :D

Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media  dalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN

Acara yang dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika bapakTifatul Sembiringtepat jam 08.30 sesuai janji pak menteri datang tepat waktu memantau dari tweet pak @tifsembiring, yang di tweetkan beliau tepat waktu sesuai yang di katakan, dimulai dengan pantun ala pak menteri ini suasana menjadi Indonesia banget selain membuka acara ini pak menteri juga membuka mindset para blogger agar cinta tanah air serta berjiwa nasionalisme. Tidak hanya pak menteri komunikasi dan informatika saja perwakilan dari Menteri Luar Negeri juga memaparkan tentang keberadaaan ekonomi Indonesia di ASEAN.

Protokoler pun selesai saatnya coffee break sebentar, minum kopi dan jajanan ala Indonesia memang menjadi hal wajib kalau sudah mengadakan acara selevel internasional agar tetap cinta tanah air dan berjiwa nasionalisme, acara protokoler para menteri memang lama dan harus sabar yah begitulah para wakil rakyat harus disambut.

Perut kenyang yuuk lanjut di sesi berikutnya tentang PAPARAN dan DISKUSI mengenai Arah AEC 2015yang di bawakan para narasumber yang hebat dan berkopeten di bidangnya adaDirektur Jenderal Kerja Sama ASEAN,Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional,Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional,Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEANWOW .. setelah protokoler bukannya susana menjadi acara ringan dan bebas malah harus mikir extra membahas ekonom dari beberapa narasumber yang seharusnya di bahas selama satu hari ini di bahas beberapa jam saja, yang pasti Indonesia sudah siap menghadapi ekonomi seASEAN tetapi jangan hanya diam saja harus masih kerja keras agar indonesia menguasai pasar ASEAN bukan ASEAN menguasai pasar indonesia, kita tahu masyarakat indonesia adalah pasar empuk di berbagai kalangan termasuk tiga kesepakan komunitas ASEANPolitical-Security Community(APSC), ASEAN Economic Community(AEC), dan ASEAN Socio-Cultural Community (APSC),

Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media  dalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN?Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media  dalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN

Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media  dalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN

PAPARAN dan DISKUSI mengenai AEC 2015 dari Perspektif Wirausahawan di sesi ini hal yang paling keren acara yang ku tunggu tentang wirausaha dan pentingnya mengelola keuangan dengan narasumber Raja Sapto Oktohari Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Shinta W Dhanuwardoyo Start Up Indonesia, Aidil Akbar Madjid Independent Financial Planner. kita tahu orang-orang hebat tersebut tidak asing lagi di tipi-tipi atau media sosial, dengan membawakan acara semakin santai dan kreatif agar masyarakat indonesia mempunyai wirausaha yang banyak, menciptakan startup yang keren serta mengelola dan mendapatkan financial dengan mudah. sesi yang cocok untuk di santap di siang hari agar tetap semangat dan harus semangat menghadapi Komunitas Ekonomi ASEAN KEA 2015.

Seperti halnya kuliah beberapa SKS harus ada istirahat sholat makan agar tetap semangat mengikuti sesi selanjutnya tetapi sesi selanjutnya ini tidak membahas yang berat, membahas jalan-jalan yang hebat keliling ASEAN yang di tulis di buku The Destin ASEAN .yah bener banget sesi selanjutnya adalah bedah buku tentang perjalanan keliling ASEAN dengan biaya murah modal nekat dan berani :D buku yang di tulis oleh sepuluh penulis dengan gaya penulisan berbeda-beda dan perjalanan yang berbeda pula dari beberapa penulis dan ceritanya.

Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media  dalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN

Sesi terakhir nih yang menjadi inti tema sosialisasi komunitas blogger ASEAN ini Peran dan Kontribusi BloggerdanSocial Mediadalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN paparan yang di bawakan olehIman Brotoseno Presiden ASEAN Blogger Community chapter Indones, Admin @ASEANCom2015 dan pakAmril Taufik Gobel selaku President of ASEAN BLOGGER COMMUNITY. pada sesi inilah peran blogger dan social media media addict berperan mensosialisasikan dengan caranya masing-masing setelah mendapatkan pemaparan dari beberapa sumber sebelumnya. di sesi ini juga di ceritakan suka dan duka mensosialisasikan komunitas blogger ASEAN kepada masyarakat indonesia yang semua halnya di hitung dari uang contoh ngetweet berbayar, konten berbayar dan berbayar berbayar laiinya yaaaah itulah tipikal indonesia semua di ukur dengan uang tetapi dengan adanya kendala ini semakin asik dan berliku untuk mensosialisasikan.

sesi selanjutnya bagi-bagi hadiah.dan selamat yang sudah mendapatkan hadiah semoga semakin semangat untuk mensosialisasikan dan terus semangat untuk menjadi blogger yang bermanfaat untuk orang lain untuk nusa dan bangsa INDONESIA.

Peran dan Kontribusi Blogger dan Social Media  dalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN

perwakilan Wahyu Alam pemenang lomba blog

Download materi Peran dan KontribusiBloggerdanSocial Mediadalam Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN di sini ww.4shared.com/folder/91nii4p1/ASEAN-Blogger-Go-To-AEC2015.html

Foto di ambil dari pak amril : https://plus.google.com/photos/111062965280909091281/albums/5916073452332274593 banner=pwa

***

  • Tulisan diambil dari blog ahmadfaza.com
  • Tulisan sedikit diedit oleh @wahyualam

Author: 

Untuk saat ini belajar SEO | Blogger | Linuxer | Satpam jaringaan dan Pencinta Kuliner siap berkeliling dunia :D
http://www.ahmadfaza.com/

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.