Pesona dan Keunikan Karang Entang, Desanya Para Petani

 Bangkalan, Sosial, Wisata

 

Desa Karang Entang Kecamatan Kwanyar

Desa Karang Entang Kecamatan Kwanyar

Karang Entang merupakan salah satu desa yang terletak di selatan pulau Madura, tepatnya berada di Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Desa yang memiliki empat dusun ini bisa dikatakan merupakan daerah dengan lokasi yang cukup air bahkan bisa dikatakan lebih. Berbeda dengan desa-desa tetangga yang sangat susah untuk mendapatkan air, bahkan harus membeli untuk mendapatkan air. Hal ini dikarenakan letak geografis desa Karang Entang yang berada pada dataran rendah dan berdampingan dengan bukit kapur disekitarnya.

Tak heran jika daerah Karang Entang merupakan daerah cukup air dan disekitarnya tidak, mengingat untuk mengebor sumber air di desa ini cukup sampai lima sampai sepuluh meter. Dengan banyaknya air yang bisa didapatkan di desa Karang Entang, tidak heran desa ini merupakan desa yang cocok untuk ditanami beberapa tumbuhan seperti pohon gayam ataupun bertanam padi.

Padi menjadi sumber kehidupan masyarakat di desa ini, karena petani merupakan mata pencaharian utama rata-rata masyarakatnya. Nampak jelas bilamana kita berkunjung ke desa ini seluas mata memandang, kita disuguhi dengan pemandangan persawahan yang begitu luas dan indah.

Dengan jumlah penduduk menyentuh angka seribu orang, desa ini nampak tetap eksotis dengan keindahan alam serta keramahan warganya. Uniknya, hasil panen tidak dijual seluruhnya tetapi untuk dikonsumsi sendiri. Hanya saja bila butuh uang para petani disini akan menjual hasil panennya bahkan bila sedang mengadakan hajatan mereka akan menjual seluruh hasil panennya. Begitulah kehidupan petani rata-rata masyarakat Madura.

Selain itu yang terkenal dari desa Karang Entang ini adalah home industry dari pembuatan keripik gayam serta keripik lorjuk. Produk buatan Bu Kulsum ini sudah cukup maju dan juga bisa menghadirkan lapangan pekerjaan bagi warga disekitarnya. Dengan berlokasi di dusun cangkreng, tak membuat distribusi dari produk ini terhambat. Produk Bu Kulsum yang berlabel “Sumber Rejeki” tersebut sudah tersebar diseluruh pulau Madura dan juga area sekitar Surabaya.

desa Karang Entang Kwanyar Bangkalan Madura

Desa Karang Entang Kecamatan Kwanyar Madura

Meski memiliki produk saingan di kota lain di pulau madura, keripik lorjuk serta keripik gayam asli Karang Entang ini dipercaya konsumen memiliki rasa yang lezat daripada produk buatan dari daerah lain yang sejenis. Terbukti dengan banyaknya pesanan yang diterima mulai dari sistem pemesanan biasa hingga sistem dropship dengan melabeli produk buatan Bu Kulsum dengan merek dagangnya sendiri.

Dibalik luasnya hamparan sawah dan semilir angin serta ditemani teduhnya jejeran pohon bambu, desa Karang Entang memiliki cerita uniknya sendiri. Salah satunya pusaka yang banyak terdapat di desa ini dipercaya warga memiliki kesaktian.

Konon dahulu kala, ada seseorang yang bertapa di pinggir sungai lalu melihat besi di sungai yang mengambang melawan arus air. Si petapa juga mendengar kabar bahwa ada seekor hewan yang susah diburu. Sehingga si petapa mencoba memburu hewan tersebut dengan besi yang ditemukannya di sungai. Dilemparkanlah besi itu kepada hewan yang dimaksud lalu hewan tersebut seketika mati.

Begitu sekelumit pesona dan keunikan desa Karang Entang. Tertarik ke sini teman bloggers?

Aldiansyah Lukman

Author: 

Member of @plat_m | Photography is my passion | camera is my partner | what about you? | Communication UTM 2012 | Kacong Madura | Freelance Photographer

Related Posts

2 Responses

  1. umam18/08/2015 at 18:50Reply

    keren mas desa sya msuk juga

  2. umam18/08/2015 at 18:48Reply

    keren mas desa saya

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.