Peran Serta Media dalam Mempromosikan Pariwisata Madura

 Berita, Event

commadMadura memang sudah tidak dipungkiri mempunyai memiliki pesona keindahan yang sangat menawan. Madura merupakan salah satu pulau dari pulau-pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Berdasarkan hal-hal itulah teman-teman Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Trunujoyo Madura mengadakan sebuah acara keren “COMMADFest2015” pada hari minggu (21/6). #CommadFest merupakan singkatan dari Communication Madurese Festival yang merupakan sebuah event yang bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Madura.

#CommadFest2015 digelar dengan mengangkat tema “Peran Media Sebagai Promosi Pariwisata Madura“, diharapkan agar kita sebagai masyarakat Madura juga ikut andil dalam mempromosikan Madura, baik dalam hal pariwisata, tradisi dan budaya serta hal-hal positif lainnya keluar Madura.

Acara ini dirancang menjadi sebuah talkshow yang mendatangkan beberapa orang keren yang juga peduli akan wisata yang ada di Madura, mereka adalah Lulus Tri Andika (@inimadura), Ibu Dinara Julianti (Dosen Ilmu KOmunikasi UTM), Bapak Handoyo (Disbudpar Jatim), serta mengundang salah satu artis yang juga merupakan seorang traveler Ramon Y Tungka (Penulis buku 100 hari keliling Indonesia).

Talkshow dimulai dari Lulus Tri Andika yang merupakan orang asli Madura, lulusan Universitas Trunojoyo Madura yang sudah banyak mempromosikan pariwisata yang ada di Madura melalui akun instagram @inimadura,

Dilanjutkan dengan menghadirkan Ibu Dinara yang merupakan seorang Dosen di UTM yang juga mempunya misi untuk meduniakan madura melalui objek-objek wisatanya yang menawan, beliau menjelaskan banyak hal tentang madura baik dari segi objek wisata, tradisi dan budaya serta beberapa kuliner khas Madura ia sampaikan dengan begitu detail kepada audience yang hadir. Salah satunya yaitu tradisi “ter-ater” yang biasa dilakukan hanya pada bulan puasa, yakni pada malam-malam ganjil 10 hari terakhir bulan ramadhan.

Pak Handoyo dari Disbudpar Jawa Timur juga menambahkan bahwasanya “Pariwisata Madura terasa Kurang Lengkap tanpa Madura”, beliau juga menjelaskan banyak tentang parisiwata yang ada di Madura, salah satunya yaitu tentang “Pulau Gili Iyang”, sebuah pulau kecil di Madura yang keindahannya masih sangat alami dan serta memiliki kadar oksigen terbaik. Menurut pak Handoyo itu merupakan asset besar Madura yang harus diperkenalkan sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Madura.

“Kita Harus Sadar Wisata, jadi kita jangan hanya jadi penikmat wisata saja, melainkan kita juga harus bisa menjaga dan melestarikan pariwisata yang ada di Madura”, tegas Ramon Y Tungka saat semua sudah menjelaskan tentang pariwisata yang ada di Madura. Ramon juga menekankan bahwasanya peran media juga sangat penting dalam upaya mempromosikan Madura khususnya dalam bidah pariwisatanya, pasalnya Madura di luaran sana hanya hanya dikenal Sate dan Karapan sapinya saja, padahal banyak hal-hal keren di Madura yang juga wajib orang-orang luar Madura juga tahu.

Teatrikal CommadFestAcara #CommadFest diakhiri dengan penampilan Lukman Lutfi dari KOMPAS TV yang memberikan hiburan berupa StandUp Comedy, dilanjutkan sebuah teatrikal dari teater KEBO (Kreasi Bocah) Universitas Trunojoyo Madura dan beberapa penampilan band dari RasvanAoki, ClassHat dan ITS Jazz Surabaya.

 

Author: 

Umar Fadil. Blogger dari Pamekasan yang sangat suka menulis segala hal yang menarik tentang Madura. Mulai budaya, tradisi, wisata hingga potensi pulau garam.

Related Posts

Leave a Reply