Oblongmerahmuda : Menelusuri Kembali Sejarah Kota Malang

 Berita, Budaya, Event, Sosial

Plat-M Foto Bersama

Menelusuri masa lalu kota malang, itulah barangkali kesan yang dirasakan oleh beberapa blogger yang menghadiri HUT Blogger Ngalam pada tanggal 7-8 Januari 2012 yang bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malang Kucecwara (STIE MCE). Acara HUT blogger Ngalam cukup luar biasa. Keluarbiasaan itu tampak ketika beberapa blogger mendapat kesempatan langsung mengunjungi beberapa tempat bersejarah di kota Malang yang saat ini sudah mulai berubah dan beberapa direnovasi, menjadi puing –puing sejarah yang terlupakan.

Tema Hut ke-4 blogger Ngalam tahun ini adalah #OblongMerahMuda yang merupakan kependekan dari Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah Memajukan Budaya. Acara ini dibentuk seminar dan talkshow dengan menghadirkan beberapa pemateri, diantaranya adalah : Dwi Cahyono, Ovan Tobing, Saranto, Sigit Widodo, Guman Farid Gaban, Retno Retdjono (PamanTyo), Dan Herdian Ferdianto, Muhammad Zamroni Dan Mbak Dhenny dari kapanlagi.com serta hiburan tari –tarian dan penampilan dari Embun Nasyid.

Acara ini dimulai dengan pengenalan kota Malang serta sistem pemerintahan dan orang –orang di zaman terdahulu yang menjadi bagian dari sejarah kota malang. Suguhan mengenai sejarah kota malang dan asal usul kota malang pun tidak terlepas dari bidikan para pemateri yang datang.

Sekaligus jalan –jalan beberapa tempat –tempat bersejarah di kota malang yang dimulai dari Inggil Museum Resto hingga Balai Kota Malang, Tugu Alun –Alun Bundar, Jembatan Kahuripan dan Perempatan Kayu Tangan, Serta Monument Chairil Anwar dan Toko Oen dan Pertokoan Sarinah hingga ke Museum Brawijaya. Acara ini menghadirkan masa lalu kota malang dan dibentuk semenarik mungkin, agar bisa dinikmati oleh beberapa blogger yang menjadi undangan dalam acara Hut Blogger ngalam tahun 2012 ini. (fd)

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

8 Responses

  1. business daily31/01/2012 at 18:04Reply

    Walaupun nama Malang telah mendarah daging bagi penduduknya, tetapi nama tersebut masih terus merupakan tanda tanya. Para ahli sejarah masih terus menggali sumber-sumber untuk memperoleh jawaban yang tepat atas pernyataan tersebut di atas. Sampai saat ini telah diperoleh beberapa hipotesa mengenai asal-usul nama Malang tersebut. Malangkucecwara yang tertulis di dalam lambang kota itu, menurut salah satu hipotesa merupakan nama sebuah bangunan suci. Nama bangunan suci itu sendiri diketemukan dalam dua prasasti Raja Balitung dari Jawa Tengah yakni prasasti Mantyasih tahun 907, dan prasasti 908 yakni diketemukan di satu tempat antara Surabaya-Malang. Namun demikian dimana letak sesungguhnya bangunan suci Malangkucecwara itu, para ahli sejarah masih belum memperoleh kesepakatan. Satu pihak menduga letak bangunan suci itu adalah di daerah gunung Buring, satu pegunungan yang membujur di sebelah timur kota Malang dimana terdapat salah satu puncak gunung yang bernama Malang. Pembuktian atas kebenaran dugaan ini masih terus dilakukan karena ternyata, disebelah barat kota Malang juga terdapat sebuah gunung yang bernama Malang.

  2. Syafrizal Setia Budi22/01/2012 at 08:17Reply

    Unyu-Unyu yah klo bisa ikut kesana,, saya dijember,,,, ga bisa kesana

  3. rotyyu20/01/2012 at 08:27Reply

    Negeri kita ini memang aneh, kita punya sejarah perjuangan yg begitu panjang, kita juga punya begitu banyak bangunan dan benda peninggalan sejarah, tapi kita tidak menghargainya. Di beberapa daerah malah ada pemerintah yg memaksa mengganti bangunan bersejarah dng mal dan plaza. Coba kita tengok kota-kota di Eropa seperti Barcelona, mereka begitu menghargai dan merawat dng baik bangunan bersejarah peninggalan nenek moyang mereka. Kini bangunan-bangunan itu justru menambah daya tarik utk para wisatawan yg berkunjung ke sana.

  4. amethyst aiko15/01/2012 at 08:05Reply

    keren banget.. tapi sayang diriku tidak bisa ikutan

  5. SlameTux12/01/2012 at 12:12Reply

    Keren banget dah acara dari Blogger Ngalam ini 🙂

  6. R Verry Kurniawan11/01/2012 at 18:37Reply

    Mantap Sekali Ulasan lengkapnya seputar Oblong Merah Muda, Terima Kasih atas support dan partisipasinya dalam acara #OblongMerahMuda bersama XL di Malang

  7. phrairin10/01/2012 at 20:45Reply

    keren namanya, oblongmerahmuda, hehe

  8. azizhadi10/01/2012 at 16:25Reply

    Selamat ulang tahun bloggerngalam (blogger Malang) semoga tetap menjadi blogger yang mampu menaikkan konten lokal,

    Ayo Kopdar lagi, #ketagihankopdar apalagi sama teman-teman Plat-M yang benar benar Militia kalo soal Kopdar 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.