Nyare Malem di Pamekasan

 Berita, Pamekasan

Kemarin (20/07/13) Komunitas Blogger Plat-M mengadakan ngabubur IT dengan tema “nyaremalem”. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu Resto Kunya-Kunya yang merupakan tempat makan yang ramai dikunjungi anak-anak muda di Pamekasan. Kegiatan nyare malam ini dimulai sekitar jam 16.00 dengan dihadiri kurang lebih 60 puluh orang dari berbagai desa di kabupaten Pamekasan.

Kegiatan ini merupakan acara menunggu malam sambil menikmati saat-saat datangnya berbuka puasa dengan cara mendengarkan materi tentang social media. Kegiatan Plat-M ini melibatkan RT pamekasan sebagai tuan rumah sekaligus pelaksana kegiatan tersebut.

Pada acara ini, sekitar jam 16. 15 wib ketua RT Pamekasan memberikan sambutan serta ungkapan terima kasih kepada seluruh peserta yang rela menyempatkan waktu untuk hadir dan ikut menikmati nyaremalem bersama anggota Plat-M yang lain.

Kemudian, perkenalan tentang Plat-M disampaikan oleh Nurwahyu Alamsyah yang banyak menceritakan pengalamannya berbagi kisah-kisah awal saat membangun dan mengembangkan plat-m dari tahun ke tahun, terutama setelah komunitas blogger ini pertama kali didirikan di-launching di Universitas Trunojoyo Madura, yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di tanah pulau garam, Madura. Pada perkenalan itu, peserta NyareMalem diajak untuk melihat foto-foto dokumentasi kegiatan plat-m dan beberapa acara yang Plat-M adakan termasuk kegiatan-kegiatan yang pernah plat-m ikuti di luar Madura, seperti Pesta Blogger, Amprokan blogger, hingga temu Blogger Nusantara.

Setelah kurang lebih satu setengah jam memperkenalkan komunitas blogger Plat-M, ketua yang kerapkali di panggil klebun Plat-M ini menyerahkan kepada M. Darul Mukhlasin. Pada kesempatan kali ini, M. Darul Mukhlasin yang merupakan salah satu dari beberapa orang deklarator Plat-M menyampaikan materinya seputar “iklan di blog” kepada peserta nyare malem bersama Plat-M.

Setelah panjang lebar menjelaskan tentang materi iklan di blog dan cara-cara meraih uang melalui kegiatan ngeblog kemudian darul Mukhlasin juga menjelaskan bahwa kalau bisa kegiatan ngeblog harus dijadikan sebagai hobi dan juga sarana mencari uang. Ia menjelaskan seperti ini kepada peserta, “seseorang yang suka menulis blog karena faktor kesenangan, maka ia meskipun tidak mendapatkan uang. Ia tetap menulis karena menulis itu memberikan kesenangan. Sebaliknya, orang yang menulis hanya karena ingin mendapatkan uang, ketika ia menulis lalu tidak mendapatkan uang. Maka ia akan berhenti menulis. Maka agar semua bisa berjalan, lebih baik jadikan menulis sebagai bentuk kesenangan.”

Di saat M.Darul Mukhlasin hendak mengakhiri materi seputar iklan di blog dan ia juga sempat berbagi saran dan nasehat. Ia mengatakan kepada para peserta bahwa “jika anda ingin menulis, maka cobalah kata kunci beberapa tema yang paling suka dicari Google kemudian buatlah kata kunci itu menjadi tulisan di blog kita.” Ujarnya kepada para peserta dengan senyum khasnya.

Sebelum dia menutup materi iklan di blog dan ia juga tak lupa memberikan nasehat bahwa “seorang blogger harus punya motivasi, selalu menulis, selalu belajar, dan tidak takut untuk mencoba.” Tuturnya. Ia juga menambahkan, temukanlah apa yang kamu minati dan kamu senangi dan beritahukanlah kepada dunia apa yang kamu bisa agar dunia kelak bisa menemukanmu.”

Apa yang disampaikannya kemudian mendapat applause dari beberapa peserta dan itulah saat ia menutup materi seputar blog dan cara mengiklankannya melalui sosial media. Acara berikutnya adalah acara penutup yang kembali disampaikan oleh RT pamekasan serta foto-foto bersama antara peserta dengan panitia. Tepat beberapa menit sebelum peserta menikmati sajian berbuka puasa yang telah disediakan oleh panitia nyare malem di ruangan resto kunya-kunya.

@ahmadfendi1

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.