Nobar #linimassa2

 Berita, Madura, Ngompol Bareng, Pengumuman


Malam turun dan bertabur bintang meskipun di daerah lain terjadi hujan, langit Madura masih berbelas kasihan dengan para anak-anak komunitas Plat-M Madura untuk menonton film linimassa2012 (4/11/2012). Banyak peristiwa menarik yang terjadi selama proses nonton bareng ini dimulai, saya akan menceritakan satu persatu menjadi pragmen cerita kebersamaan berkomunitas.

Sekitar jam 15.00 wib, semua teman-teman berkumpul dan menerima job desk untuk dilaksanakan. Beberapa bergerak untuk mengerjakan tugasnya, ada yang pergi mengambil snack buat para peserta nobar, sebagian lagi mencari soundsistem, untunglah salah satu anggota plat-m memiliki ini, sehingga memudahkan untuk ini.

Sebagian yang lain memasang LCD Projector dan merapikan tempat termasuk memasang tikar besar di depan Telkom Bangkalan, sebelum peserta nobar berdatangan. Berhembusan angin turun dan juga kesibukan teman-teman menyiapkan semua kebutuhan sebelum nobar berlangsung, suara adzan magrib terdengar dari salah satu masjid di sekitar Telkom. Sementara waktu break sebentar untuk sholat magrib berjama’ah. Ah, sebuah kebersamaan berkomunitas membangun kesadaran religious juga. Persiapan tempat dan juga kebutuhan yang lain, akhirnya selesai semua setelah sholat isya’ terdengar. Kita break lagi untuk sholat.

Baru sehabis itu peserta berdatangan ke tempat nobar, sebuah layar dan Lcd telah siap memutarkan film linimassa2. Tetapi, sebelumnya Wahyu Alam mengajak para peserta terlebih dahulu dalam suasana kebersamaan dengan cara memperkenalkan profil Plat-M dan dokumentasi kegiatan. Wahyu juga bertanya kepada beberapa peserta tentang kedatangan para peserta ke tempat nobar, sebagian dari mereka menjawab, “Karena ingin menonton film linimassa2, sebagian yang lain menjawab,” karena diajak temannya” bahkan ada peserta yang tidak bisa berkata apa-apa lantaran malu.

Lima menit kemudian, film linimassa2 diputar, sebuah gambaran tentang peranan teknologi dan nilai-nilai positifnya menjadi jalan cerita film ini. Teknologi bisa menjadi media untuk report sesuatu yang terjadi di masyarakat tanpa harus menunggu para wartawan datang. Sosial media dan radio juga memberikan pengaruh yang penting dalam memberikan informasi tentang apa yang terjadi di dalam masyarakat.

Dari kiri: tukang becak, satpam sampai @berbenah_diri

Kejadian-kejadian penting dan tragedi di ambon yang diangkat di film ini juga tidak terlepaskan dari peranan media massa dan teknologi sebagai media untuk memberitakan, memperlihatkan kepada masyrakat luas tentang apa yang terjadi. Serta peran sosial media semacam twitter dan facebook juga disebutkan sebagai media yang bermanfaat untuk memperkenalkan produk dan kerajinan masyarakat setempat. Media Massa jika dimanfaatkan sebagai promosi dan mencari informasi sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan Isnaini Maulana menuliskan dalam twitter –nya mengenai film ini, “Peran Citizen Journalism dalam pergerakan terasa di #linimassa2 apalagi dibawa dari tanah Maluku dari mas @almascatie Cc :@internetsehat.

Bagaimanapun, nobar kali ini memberikan kebersamaan dan antusias para penonton bahkan ketika mereka sedang registrasi di depan halaman Telkom Bangkalan.

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

5 Responses

  1. Dwi Wahyudi04/11/2012 at 15:51Reply

    Wah, kelihatannya seru acaranya. Untuk di Pontianak, penyelenggaraan nobar Linimassa 2 nya tidak terlalu ramai. Tp gpp, yang penting semangatnya tetap ada. Salam dari Borneo… 🙂

    • Fendi05/11/2012 at 19:35Reply

      salam juga oya. nobar ini adalah bentuk apresiasi kita untuk memanfaatkan teknologi

  2. Alex Bellor04/11/2012 at 12:08Reply

    maz yang lomba blog gmn ntu ?

  3. Fendi04/11/2012 at 00:49Reply

    Saya juga mengharapkan anak-anak Plat-M bisa membuat hal serupa, lihat sample nya “linimassa2012”

  4. Fendi04/11/2012 at 00:45Reply

    Sebuah film yang menginspirasi bahkan saya juga tertarik untuk melakukan hal serupa seperti apa yang dilakukan masyarakat di film ini, terutama memanfaatkan sosial media dan internet.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.