NgabuburIT e Madhureh asareng Onno W Purbo

 Bangkalan, Event, Madura, Pamekasan, Sampang, Sumenep
Suasana Worskhop seperti suana kuliah di kelas

NgabuburIT, sebuah acara yang hanya diadakan di 5 kota oleh tim ICTWatch dan beberapa mitranya seperti CiptaMedia, APJII, Aliansi Jurnalis Indonesia, FordFoundation, InternetSehat, Wikimedia dan Detik.com, sedangkan Plat-M berkerjasama dengan UKMFT ITC UTM, Komputek, dan Kaskuser Regional Madura. Pulau Madura mendapatkan kesempatan sekaligus kehormatan untuk menjadi salah satu dari 5 kota diadakannya NgabuburIT ini. Plat-M dalam hal ini sebagai komunitas blogger Madura menjadi penanggung jawab acara di Madura. Mengambil tema Komunitas, Media dan Teknologi acara ini digelar di PP Al Hikam, Burneh Bangkalan (16/08). Plat-M memberikan tagline untuk acara ini adalah “Nyareh Malem Asareng Plat-M” yang artinya mencari malam (Ngabuburit) bersama Plat-M.

Klebun menemani Pak Onno saat Workshop

Acara di bagi menjadi dua sesi yaitu Workshop dan Talkshow, untuk Workshop Pak Onno mendemonstrasikan bagaimana Ubuntu buatannya yang dikemas menjadi ShoolOnOffline, distro buatan sendiri di buat agar memudahkan sekolah-sekolah yang mempunyai akses internet minim sedangkan perlu internet untuk proses pembelajarannya. Selain itu Pahlawan IT Nasional –begitulah, rekan-rekannya menyebutnya- itu mendemonstrasikan bagaimana menjadikan ubuntu 11.04 menjadi server, mulai dari instalasi ubuntu sampai konfigurasi servernya sendiri.

Para peserta yang datang dari berbagai instansi seperti sekolah, pondok pesantren dan beberapa komunitas sangat antusias mengikuti sesi pertama ini. Waktu 90 menit dirasa sangat singkat untuk belajar langsung ke salah satu pakar opensource di Indonesia itu.

Donny BU, Onno W Purbo dan teman-teman yang lain sibuk memulai acara Talkshow

Sesi kedua lebih hidup karena dikonsep Talkshow, Talkshow ini sendiri dibagi dua sub sesi, yang pertama sesi adalah Membangun Komunitas di Era Media Baru. Di pandu oleh Pak Onno W Purbo, pada sesi ini Pak Klebun Plat-M, Wahyu Alam menjadi narasumber pertama untuk menceritakan bagaimana pengalamannya membangun komunitas dengan bercerita bagaimana awal mula pembentukan Plat-M.

Setelah Klebun dilanjutkan oleh Relawan TIK Indonesia, InternetSehat, dan DetikCommunity. Sesi pertama Talkshow ini berlangsung menarik karena hadir beberapa pertanyaan dari peserta yang mulai aktif dalam perbincangan.

Souvenir untuk Tim ICTWatch
Piagam penghargaan untuk PP Al-Hikam diwakili Gus Umam

Sesi terakhir dalam Talkshow yaitu bertemakan “Teknologi Komunikasi dan Partisipasi Warga”, pada sesi ini Donny BU sebagai perwakilan dari ICTWatch, dilanjutkan dengan sharing tentang hibah dari CiptaMedia.Org. sesi ini terpaksa lebih singkat karena waktu sudah menjelang berbuka puasa. Beberapa penanya diberi kesempatan berdiskusi singkat menjelang waktu berbuka puasa untuk daerah Madura dan sekitarnya.

Setelah sesi talkshow ditutup oleh Pak Onno W Purbo, acara diakhiri dengan pemberian souvenir/kenang-kenangan untuk tim ICTWatch selaku penyelanggara dan PP. Al-Hikam sebagai mitra partner dengan menyediakan tempat diadakannya NgabuburIT di Madura ini. Acara diakhiri dengan menyantap sajian yang telah disiapkan oleh panitia sambil berbuka puasa bersama. Suasana penuh keakraban, canda tawa dan pertemuan yang begitu luarbiasa terjadi di PP Al-Hikam. Sungguh menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Plat-M dan Madura pada khususnya.

foto lengkap bisa diunduh di sini

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

5 Responses

  1. Dedexz21/08/2011 at 19:11Reply

    Terimakasih buat teman2 PLAT-M telah mengundang Blogger Bojonegoro dalam acara tersebut… salam kenal Madura

  2. TreTans.com18/08/2011 at 09:25Reply

    Foto2 yng bagus2, ada di aku..

    mau??

    wani piro???

    wkwkwkwkwk.. 😉

  3. RuthaUnik18/08/2011 at 04:28Reply

    Wah, keren. . .
    Aku ketinggalan info nih.
    .
    Oya, salam kenal, dari blogger bine’ Madura 😀

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.