Mengintip BLC Pamekasan

 Berita, Pamekasan

Saat Kopdar bersama RT Plat-M Pamekasan

Usai mendeklarasikan diri menjadi RT Plat-M Pamekasan. Jadwal selanjutnya nak-kanak RT Pamekasan ini adalah belajar lebih dalam sosial media di BLC (Broadband Learning Center) Telkom Pamekasan. Kalau di BLC Bangkalan sudah berjalan pelatihan setiap minggu, di Pamekasan masih dalam tahap pembicaraan dengan ketua Telkom Pamekasan. Semoga dua agenda hari ini bisa berjalan lancar sesuai rencana. Pagi hari ternyata hujan lebat dan merata menghampiri Pamekasan. Dari 10 deklarator kemarin, Cuma 6 orang yang hadir. Beberapa izin tidak hadir karena hujan di daerahnya. Sebenarnya jadwal ke BLC Pamekasan ini dijadwalkan Minggu pagi, tapi ternyata peraturan di BLC Pamekasan kalau Sabtu-Minggu harus didampingi pegawai Telkom membuat kita harus menunda sehari di hari Senin.

Hari Senin memberikan berkah, karena saya bisa bertemu kepala Telkom untuk berdiskusi peluang kerjasama antara Telkom Pamekasan dan Plat-M. Sebelum bertemu kepala telkom, saya sharing tentang manfaat internet ke nak-kanak RT Plat-M Pamekasan di BLC Pamekasan. Meski tidak lengkap proses belajar lebih jauh penggunaan milist dan twitter cukup memberikan kepuasan tersendiri bagi nak-kanak RT Pamekasan. BLC Pamekasan ternyata menjadi satu ruangan dengan kantor administrasi. Wajar saja jika sabtu-minggu ketika hari libur harus tetap ada pegawai Telkom yang memantau. Meski masih berbentuk seperti Warnet –memang masih difungsikan sebagai warnet- tidak menyurutkan nak-kanak belajar. Saya menggunakan Google Documents, sebagai media untuk belajar. Mereka sangat antusias melihat kita bisa melihat kursos yang merubah di halaman Google Document Writer pada PC yang berbeda dengan bantuan koneksi internet.

Pak Abi sebagai Kepala Sekolah BLC Pamekasan menghampiri kami, dan mengajak kami berfoto bersama. Tidak terlupa X-banner Plat-M berdampingan dengan X-banner Speedy.

Selesai foto-foto, Pak Abi mengajak aku dan mas Habib (yang masih) instruktur tunggal di BLC Pamekasan ke ruangan kepala Telkom Pamekasan, ternyata saya pernah berjumpa degan Pak Delta (yang) akan menggantikan Pa Slamet di kursi ‘pemerintahan’ Telkom Pamekasan, saya berjumpa dengan Pak Delta ketika serah-terima jabatan Telkom Bangkalan pertengahan April lalu. Pembicaraan dan diskusi terjadi di sana, perjumpaan yang kedua kalinya membuat pembicaraan lebih cair. BLC Pamekasan ingin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Pamekasan. “Internet harus sudah bisa dijangkau kepada kalangan masyarakat paling rendah sekalipun”, ujar Pak Delta dengan sangat semangat. Dengan mengadakan pelatihan internet gratis di BLC Pamekasan, diharapkan akan semakin banyak warga Pamekasan yang sudah mengetahui betapa pentingnya penggunaan internet. Dengan begitu akan sedikit memberantas gagap teknologi di Pamekasan. Plat-M sangat mendukung segala bentuk kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Madura, baik Bangkalan, Sampang, Pamekasan juga Sumenep. Lewat program sederhana (sementara masih) di BLC Bangkalan dan BLC Pamekasan bisa memberikan pengetahuan dan ilmu baru masyarakat di Madura. Agar tidak begitu tertinggal dari daerah-daerah di Indonesia. Semoga kerjasama BLC Pamekasan dan Plat-M bisa segera terealisasi. Amin.

 

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

One Response

  1. marfinsyah18/05/2012 at 23:08Reply

    Salam blogger tretan, tang blog tak pernah e update karena engko tak bisa mukka’ akun blogger e hp. Maf komentarnya menyimpang dari postnya tretan.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.