Marlena, Robot “Cantik” Berprestasi dari UTM

 Kampus

Marlena adalah salah satu robot yang dikirim oleh Universitas Trunojoyo Madura untuk mengikuti KRI tahun ini. Dikembangkan oleh UKMFT SOKET, robot cantik ini yang bertanding di kategori Kontes Robot Pemadam API (KRAI) Kategori Berkaki berhasil mengalahkan robot-robot dari kampus langganan juara seperti PENS dan ITS.

***

SOKET - Juara 2 - KRPAI 2014 a

KRI atau Kontes Robot Indonesia adalah sebuah kontes Robotika antar Peguruan Tinggi Di Indonesia. Dimana Pemenang dari KRI akan mewakili Indonesia dalam ABU ( Asia-Pacific Broadcasting Union) Robocon yang diadakan setiap tahun dengan lokasi berpindah-pindah dalam negara anggota ABU.

Sejak 2008, KRI dibagi menjadi empat regional. Kampus-kampus Jawa Timur tergabung dalam regional IV bergabung dengan Sulawesi, NTT dan Indonesia Timur. Regional IV disebut sebagai grup neraka karena terdapat kampus-kampus besar di Jawa Timur.

Kontes Robot Indonesia Regional IV yang berlangsung di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang

Ada empat kategori yang dilombakan dalam kontes tersebut, yaitu KRAI, KRPAI divisi berkaki, KRPAI divisi beroda, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Selain memperebutkan juara I, II, III, dan juara harapan, masing-masing kategori juga diberikan penghargaan khusus untuk peraih desain terbaik dan inovasi terbaik

***

Robot SOKET UTM

Marlena adalah salah satu robot  yang dikirim oleh Universitas Trunojoyo Madura untuk mengikuti KRI tahun ini. Dikembangkan oleh UKMFT SOKET, robot cantik ini yang bertanding di kategori Kontes Robot Pemadam API (KRAI) Kategori Berkaki berhasil mengalahkan robot-robot dari kampus langganan juara seperti PENS dan ITS. Marlena menjadi terbaik kedua setelah robot Dome dari Universitas Muhammadiyah Malang. Berikut pemenang untuk kategori KRAI di regional IV:

  • Pemenang 1: Tim robotik Dome dari UMM.
  • Pemenang 2: Tim robotik Marlena dari Universitas Trunojoyo Madura
  • Pemenang 3: Tim robotik EILERO dari PENS.
  • Pemenang Harapan: Tim robotik UCS-1 dari ITS.
  • Pemenang Desain Terbaik: Tim robotik Hexa RI II dari Universitas Negeri MaLang (UM).
  • Pemenang Inovasi Terbaik: Tim robotik Dome dari UMM.

Prestasi ini adalah yang luar biasa diraih oleh tim robot UTM selama ini. Semoga ke depan robot-robot buatan mahasiswa Madura bisa berprestasi lagi.

SOKET - Juara 2 - KRPAI 2014Pemenang masing-masing kategori tersebut selanjutnya akan diikutsertakan pada KRI tingkat nasional di Yogyakarta, 18-22 Juni mendatang. Mereka akan bertanding dengan delegasi perguruan tinggi (PT) yang terjaring melalui kontes serupa di empat regional berbeda. Lebih lanjut, pemenang kontes tingkat nasional akan dikirim ke kontes robot internasional.

Foto: Dokumentasi SOKET

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

One Response

  1. leo19/09/2015 at 17:47Reply

    Saya tertarik dengan artikel yang anda buat mengenai ” Marlena, Robot “Cantik” Berprestasi dari UTM ” .
    Saya mempunyai tulisan yang sejenis dan mungkin bisa menjadi referensi tulisan anda selanjutnya yang dapat anda kunjungi di Robotika.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.