Madura Juga Tidak Mau Kalah Seru

 Bangkalan, Berita, Madura, Ngompol Bareng, Pamekasan, Sampang, Sumenep

Roadshow 10 kota Pesta Blogger sudah tiba di Kota ke-8 yaitu Madura. Plat-M sebagai Komunitas  Blogger yang aa di Madura diberi tantangan oleh Panitia Pesta Blogger+ 2010 untuk menyelenggarakan Blogshop dan Mini Pesta Blogger 2010. Nak-kanak Blogger Bangkalan sangat antusias dari awal pemberitahuan bahwa kita menjadi salah satu tempat dari 10 kota di Indonesia untuk mengadakan acara ini. Meski ini adalah kali pertama Madura di pilih menjadi venue Blogshop dan Mini Pesta Blogger sekaligus acara besar pertama yang diselenggarakan Plat-M sejak didirikan 10 bulan yang lalu, tapi kita tidak mau setengah-setengah untuk mengadakan acara ini, kita berjanji mengkonsep acara berbeda dengan kota-kota lain. Awalnya konsep Mini Pesta Blogger kita buat outdoor atau di atas kapal, tapi karena cuaca yang tidak bisa ditebak dan keterbatasan Plat-M, akhirnya kita memilih Rumah Makan sebagai venue Mini Pesta Blogger di Madura.

Sedangkan untuk Blogshop kita memilih Laboratorium Fakultas Ekonomi – Universitas Trunojoyo Target peserta 40 orang untuk acara pagi Blogshop (Blog Workshop) sempat membuat kita pesimis akan memenuhi kuota, karena sampai H-3 cuma 28 orang, tetapi pada hari-H peserta membludak hingga 50 orang yang membuat ruangan Laboratorium Komputer yang sudah berkapasitas 26 komputer harus ditambah beberapa laptop dari teman-teman panitia Plat-M untuk menutupi kebutuhan fasilitas komputer bagi peserta. Kekurangan Laptop sedikit bisa teratasi, ketika beberapa peserta ternyata mendengarkan saran adari panitia untuk membawa laptop sendiri. Besarnya animo dari di daerah Bangkalan pada acara ini dapat pujian dari panitia Pesta Blogger+ 2010 dari Jakarta. Mereka memuji panitia lokal Madura yaitu Plat-M.

Sebagian besar dari peserta sudah mempunyai blog dan akun jejaring sosial seperti twitter dan facebook, hal ini memudahkan tutor untuk memberikan pengertian tentang Blog, selain itu kehadiran teman-teman santri dari Pesantren dan Konsulat Jenderal Amerika untuk Indonesia memberikan kesan berbeda pada acara Blogshop di Madura ini. Selain pengenalan Blog, kita juga mengenalkan Plat-M kepada kalangan pendidikan, mulai dari guru dan siswa hingga akhirnya mereka mengetahui bahwa ada komunitas Blogger di Madura, ini menjadi nilai tambah untuk Plat-M yang masih berumur 10 bulan.

Setelah acara Blogshop selesai, malam harinya kita berpindah tempat ke Rumah Makan Tera’ Bulan untuk menyelenggarakan Mini Pesta Blogger yang diberi nama Ngompol Bareng Komunitas. di acara yang bertemakan Merayakan Keragaman Madura ini dipenuhi dengan komunitas di daerah Bangkalan dan sekitarnya yang diundang secara khusus. tidak kurang dari 15 komunitas yang hadir dalam acara ini. di awal acara, tamu-tamu yang hadir dihibur oleh alunan musik khas Madura yang dimainkan oleh teman-teman Nanggala yang merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Universitas Trunojoyo.Perwakilan konsulat Jenderal Amerika yang hadir terkesima dengan pertunjukan ini.

Acara di mulai oleh tiga “presenter gadungan” Joko, Darul dan Pak Klebun Plat-M, Wahyu. Ketiganya membuka acara Mini Pesta Blogger pertama di Madura. Dilanjutkan dengan sesi sharing komunitas. Seluruh komunitas yang hadir maju ke depan memperkenalkan komunitasnya satu sama lain. Sehingga suasana penuh keakraban antar komunitas-pun sangat terasa malam itu. Acara lebih istimewa lagi ketika teman-teman Blogger Malang, Blogger Semarang, dan tidak ketinggalan saudara tua Plat-M yaitu Komunitas Blogger Surabaya, TPC (TuguPahlawan.Com).

Pada sesi sharing ini tidak jarang diselingi gelak tawa dari teman-teman yang lain karena gaya kocak komunitas yang memperkenalkan komunitasnya. Sesi Sharing Komunitas sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama. Nanggala kembali menemani santap makan malam seluruh komunitas dan hadir malam itu. Belum selesai makan, tamu yang hadir dikejutkan dengan pembagian doorprize bagi teman-teman yang mampu menjawab pertanyaan dari “presentar gadungan”. Seontak, pembagian doorprize ini membuat suasana kembali ramai, seluruh perwakilan komunitas yang hadir sangat antusias mendengarkan pertanyaan satu per satu dari presenter gadungan. Dilanjut dengan sesi terakhir acara Mini Pesta Blogger 2010 di Madura.

Sesi terakhir diisi dengan pendeklarasian 101 Postingan Tentang Madura sekaligus melaunching media yang akan digunakan 101 Postingan Tentang Madura yaitu berupa blog yang beralamatkan http://tentangmadura.com. Seluruh perwakilan komunitas maju ke depan untuk bersama-sama mendeklarasikan 101 Postingan Tentang Madura sekaligus menjadi saksi dilaunchingnya http://tentangmadura.com yang akan menjadi media untuk merealisasikan 101 Postingan Tentang Madura.

cinderamata untuk US Embassy yang bersedia hadir
Giliran untuk Ketua Panitia Pesta Blogger+ 2010, Mbak Rara.
Kenang-kenangan untuk UKMFE RATI – Universitas Trunojoyo
Kenang-kenangan untuk RM. Tera’ Bulan

Tidak terasa rangkaian acara Ngompol Bareng Komunitas sudah selesai, acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dan sesi pemotretan. Seluruh komunitas yang hadir semuannya berfoto bersama-sama untuk menjadi kenang-kenangan saat kembali ke tempat masing. Matorsakalangkong & Sayonara!


Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

15 Responses

  1. igas14/11/2010 at 20:31Reply

    xixixii. aku baru tahu ada postingan ini, salam kenal dari Dot S (komunitas Blogger Semarang), terimakasih kaosnya kemaren.. hehe

    mari mampir

  2. Cerita Oktober: Antara Pengalaman dan Mimpi « Wahyu Alam's | ????????06/11/2010 at 10:15Reply

    […] ke Madura harus kebut persiapan Blogshop dan Mini Pesta Blogger+ 2010 pertama di Madura. Acara yang diadakan 16 Oktober dalam rangkat roadshow 10 kota Pesta Blogger+ 2010 berjalan sukses […]

  3. Oktober nan Ceria :) « the_arul = Cah kene Omahe kono04/11/2010 at 20:36Reply

    […] Tanggal 16 Oktober 2010 ” Mini Pesta Blogger #1 di Madura” Secara ngawur saya termasuk salah satu anggota “gendeng” Plat-M sehingga bisa […]

  4. Plat-M, Ingin Menduniakan Madura | Tentang Madura21/10/2010 at 17:34Reply

    […] Wahyu ditemui saat acara Mini Pesta Blogger di Bangkalan, Plat-M ingin menduniakan Madura. Karena selama ini Madura lebih dikenal sebagai daerah yang […]

  5. wahyualamsyah Author

    wahyualamsyah21/10/2010 at 12:14Reply

    @rotyyu: kamu harus naik sofa hanya untuk kena foto
    @ipank: Wah.. eman..:-D semoga tahun depan masih ada!
    @rara: gantian ya mbak, setelah ntar kita ke Jakarta, selanjutnya mbak Rara ke Madura lagi! 🙂
    @Mbilung : Oke, Pak! Sampai ketemu di Jakarta

  6. Mbilung20/10/2010 at 20:36Reply

    Selamat teman-teman! … sampai bertemu di Jakarta.

  7. rara20/10/2010 at 19:56Reply

    huaaaa seru seru seru! beneran seru!
    akan mengagendakan jalan2 ke madura lagi ah.. belum sempat ke mana2 kemarin itu 🙁

    sampai jumpa di jakarta yaaa..
    udah ga sabar saya 😀

  8. ipank20/10/2010 at 14:16Reply

    sayang banget,moment ini pas gue lg g di Madura 🙁

  9. rotyyu20/10/2010 at 11:51Reply

    Fotoku paling atas sendiri…

  10. wahyualamsyah Author

    wahyualamsyah19/10/2010 at 20:57Reply

    Mangkannah Cung..!!

  11. Tukang Coding19/10/2010 at 20:29Reply

    Sayng banget Q gk bisa hadir… :'(

  12. wahyualamsyah Author

    wahyualamsyah19/10/2010 at 17:07Reply

    kamu bagian komsumsi, tidak boleh foto-foto, sana urusin makanan *nyuruh2, ckckckck!*

  13. amethyst aiko19/10/2010 at 16:18Reply

    kok ada potoku bun…..

  14. wahyualamsyah Author

    wahyualamsyah19/10/2010 at 14:04Reply

    Terima kasih, Pak Hedi.

  15. hedi19/10/2010 at 14:01Reply

    selamat buat nak-kanak Madura, semoga target 101 postingan tentang pulau garam terwujud! 😀

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.