Liburan Sekolah a la Anak-anak Madura

 Sosial

Liburan anak-anak Madura

Liburan sekolah adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak seantero Indonesia. Karena pada masa ini, anak-anak dibebaskan dari tugas belajar dari sekolah. Bebas dari peraturan yang ketat di sekolah seperti masuk pagi-pagi menggunakan seragam dan pulang pada siang hingga sore hari setelah belajar seharian di sekolah. Hal seperti itu berlangsung lima hari seminggu. Dan selalu rutin dilakukan selama satu semester.

Momen liburan biasanya dimanfaatkan oleh anak-anak untuk mengajak keluarga berlibur ke tempat wisata. Tidak heran jika tempat liburan yang menyediakan permainan anak-anak menarik seperti wisata bahari lamongan, batu night spectaculer, taman mini Indonesia indah dan taman impian ancol ramai dikunjungi masyarakat.

Tentu hal seperti itu hanya bisa dikunjungi dan dinikmati oleh anak-anak yang beruntung mempunyai orang tua yang berbaik hati mengajak mereka wisata liburan a la orang kota yang identik dengan uang yang berlimpah.

Lain halnya dengan anak-anak di Dusun Labang Laok, Desa Kebun, Kecamatan Kamal, Bangkalan. Anak-anak desa ini tidak merengek ke orang tua untuk mendatangi tempat wisata yang mahal menurut mereka. Sepertinya, anak-anak ini mengerti akan kemampuan keuangan orang tuanya. Mereka memilih caranya sendiri untuk menikmati liburan mereka.

Anak-anak desa ini menikmati liburannya dengan ceria meski tanpa harus bayar mahal. Ya, mereka memilih untuk bermain keong. Tetap ceria dengan bermain bersama-sama teman satu dusun. Mereka membuat lubang pada tanah, lalu lubang itu diberi air. Lubang berisi air itu adalah arena bermain itu untuk menceburkan keongnya ke lubang terisi air itu, dan melihat keong siapa yang bisa keluar lebih cepat dari keong teman-temannya.

Belum diketahui, kapan pertama kali permainan ini dimainkan. Namun yang jelas, anak-anak dusun Labang Laok ini begitu bahagia menikmati permainan ini untuk mengisi liburan mereka.

Ternyata ada cara liburan yang lebih murah daripada hanya berkunjung ke tempat wisata yang harus menggunakan karcis untuk masuk wahana permainan.

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.