Len-Jelen Bareng ke Sampang

 Len-Jelen Bareng, Sampang
Sedang berkumpul menunggu nasi Kobel datang

Setelah sempat tertunda akhirnya Plat-M  mengadakan Len-jelen Bareng Jilid 2, yang pertama Len-jelen Bareng Plat-M mengunjugi Mercusuar Bangkalan. Tujuan utama dari acara ini adalah “Menduniakan Madura” seperti visi kita sebagai komunitas yang banyak terlibat aktif di dunia maya. Meningkatnya konten negatif tidak bisa kita berantas begitu saja. Salah satu cara untuk menghapus konten negatif yaitu dengan cara memperbanyak konten positif. Ibaratkan kita menuangkan air putih ke dalam gelas yang berisi racun, maka perlahan tapi pasti racun tersebut akan keluar dan berganti dengan air putih jernih yang menyehatkan.

Sebagai komunitas blogger di Madura, Plat-M akan memperbanyak konten positif tentang Madura, pikiran negatif tentang Madura selama ini terlalu melekat dalam pikiran orang lain yang cuma membaca berita negatif tentang Madura di media masa. Padahal apabila kita melihat dari dekat potensi yang dimiliki Pulau Garam ini, pikiran negatif itu akan sirna berganti dengan anggapan bahwa Madura tidak hanya carok.

Plat-M berusaha menjadi jembatan antara masyarakat Madura dan masyarakat luar yang ingin mengetahui potensi yang dimiliki Pulau Madura. Madura tidak hanya carok, Madura tidak hanya Suramadu tetapi Madura adalah sebuah pulau yang indah dan banyak menyimpan kearifan lokal yang belum ter-ekspose di media cetak ataupun elektronik. Dengan acara Len-jelen Bareng ini, Plat-M akan membuka mata dunia bahwa Madura tidak kalah dengan Bali, Madura patut untuk menjadi pilihan bagi wisatawan untuk berkunjung. Len-jelen Bareng jilid 2 ini akan melihat dari dekat potensi yang ada di kota Sampang dan kemudian disajikan dalam bentuk tulisan dalam blog untuk memperkaya konten tentang Madura di Internet. Karena selalu ada cara untuk menduniakan Madura.

ekspresif nak-kanak Plat-M 🙂

tepat berada di depan pantai Camplong – Sampang


Sampang memiliki potensi wisata yang bagus dan pantas menjadi salah satu tempat liburan untuk keluarga Indonesia. Pantai Camplong menyajikan pasir putih yang satu tingkat di bawah pantai Kuta – Bali, pemandangan, kuliner, dan penginapan tersedia di sekitar pantai bagian selatan Madura ini. 14 Nak-kanak Blogger Madura yang ikut berpetualang di kota Sampang tidak menyia-nyiakan waktu untuk mengambil gambar sebagai hadiah dan wawasan bagi wisatawan yang hendak berkunjung di Pantai Camplong ini. Suasana penuh keakraban, gelak tawa bercampur dengan angin sepoi-sepoi dari pohon Camplong menjadikan suasana Len-jelen Bareng jilid 2 kali berbeda. Setelah menikmati rujak di pinggir pantai, Nak-kanak melanjutkan perjalanan ke Gua Lebar. Seperti apa ya Gua Lebar ini?

tetap eskis je.. 🙂

Setelah menempuh perjalanan yang menanjak, akhirnya tujuh motor Nak-kanak Parkir di samping Gazebo yang bertuliskan selamat datang di Wisata Hutan di Atas Bukit (Gue Lebar). Matahari yang kian sempurna menyinari kota Sampang di siang hari tidak menyurutkan antusias kita untuk melihat dari dekat seperti Gua Lebar ini. Pemandangan kota Sampang dari atas menjadi sajian yang sayang apabila dilewati di akhir pekan. Meskipun gratis tapi sepertinya wisatawan dari luar daerah tidak memahami apa yang tersembunyi di kota Sampang ini.

berpose di bawah Hulk Madura di Gua Lebar – Sampang

Setelah puas berfoto-foto dan berpanas-panasan di Gue Lebar, Nak-kanak melanjutkan perjalanan dengan menuruni bukit pergi ke Masjid Agung Sampang untuk Shalat Dzuhur. Masjid ini mempunyai arsitektur yang sangat bagus dan sayang apabila kita tidak mengabadikan dalam sebuah gambar tidak bergerak. Suasana sangat asri membuat jemaah yang Shalat Dhuzur menjadi kusyu’menjalankan ibadahnya.

Arsitektur di dalam Masjid Agung Sampang

Akhir dari cerita Len-jelen Bareng ini ditutup dengan makan siang bersama sebuah menu yang sangat terkenal selain bebek songkem. Tidak lain tidak bukan yaitu Nasi Gobel Award. Eh, salah! Yang benar adalah Nasi Kobel. Sama seperti makanan orang Madura, nasi Kobel berisikan nasi, irisian kelapa goreng, pepes tongkol, mie keriting, tahu dan cenge alias sambal. Hanya dengan Rp7000 anda sudah bisa menikmati satu porsi Nasi Kobel plus es teh manis. Kenyang makan siang, 14 Nak-kanak kembali ke tempat masing-masing dengan sejuta kata-kata kenangan yang siap untuk ditulis di blog masing-masing.

nasi Kobel khas Sampang

*foto lengkap bisa diunduh disini*

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

8 Responses

  1. liputan-madura11/04/2011 at 22:41Reply

    mantap, nanti kami update spot menarik untuk di kunjungi kawan-kawan Plat-M, kita akan carikan tempat eksotik lain di madura.

  2. fazza31/03/2011 at 20:55Reply

    manstabs dah

  3. Tukang Coding30/03/2011 at 17:58Reply

    Asseeekkkk.. Asssseeeeeekkkk… 😀

    entar jalan Rohaniah di daerah Bangkalan.. 😉

  4. BEBEL30/03/2011 at 17:32Reply

    yuuuhuuu blog walking!!!
    bocah bojonegoro lewat bentar hehe
    heheee

  5. thoy223/03/2011 at 07:49Reply

    Wah,,, walaupun tidak bisa ikut,, namun tetap bisa menikmati meski hanya lewat “oleh-oleh” foto dari teman2…

    Len jelen Selanjutnya pengen bisa ikuttt,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ^_^

    • the_arul27/03/2011 at 09:31Reply

      Walah si toyik kemarin gak ikut yah,, asyiik lho… kenapa gak ikut kemarin?

    • wahyualamsyah Author

      wahyualamsyah27/03/2011 at 20:43Reply

      Oke. selamat menikmati oleh-olehnya ya 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.