Kota Sampang

 Sampang
Pantai Camplong di Kota Sampang

Kota Sampang, kota yang secara geografis berada di timur kabupaten Bangkalan dan di sebelah barat Kabupaten Pamekasan ini mempunyai beberapa tempat pariwisata yang menarik dan pantas untuk dikunjungi. Selain menyajikan pemandangan yang tiada duanya, budaya, kuliner serta kehidupan sosial masyarakatnya menggoda kita untuk mengetahui lebih jauh.

Beberapa tempat pariwisatanya juga mengundang selera para pelancong untuk sekedar singgah menikmati keindahan alam kota Sampang. Pantai Camplong merupakan sebuah kawasan yang cukup terkenal di daerah ini karena mempunyai pemandangan laut selatan Pulau Madura. Dari pantai ini kita bisa menyaksikan birunya air laut Selat Madura. Letak pantai ini berada di ujung selatan Pulau Madura. Rambu-rambu lalu lintas di Kota akan memudahkan untuk menemukan pantai Camplong.

Nak-kanak Blogger Madura Plat-M berpose di pinggir pantai Camplong

Berikut penulis akan memberikan beberapa tips dan info yang mungkin bisa bermanfaat apabila anda berniat berkunjung ke salah satu pantai paling terkenal di Madura selain pantai Lombang di Sumenep.

  1. Waktu pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini, karena kalau di siang hari kita akan sedikit terganggun dengan sengatan sinar matahari.
  2. Areal parkir lumayan luas, tarifnya Rp2.000/motor.
  3. Selain parkir, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp2.000/orang.
  4. Apabila anda membutuhkan tempat menginap, tepat di pintu masuk pantai, ada hotel Camplong yang akan memanjakan anda dengan fasilitasnya.
  5. Selain hotel, beberapa restoran ataupun tempat makan di sekitar pantai ini juga banyak terdapat lapak-lapak pedagang yang menjajakan aneka makanan mulai dari rujak, es kelapa muda sampai aneka makanan.
  6. Anda tertarik menyusuri selat Madura dengan menggunakan perahu nelayan? Hanya dengan Rp5.000/orang anda sudah menikmati perahu bersama teman, sahabat, rekan kerja ataupun keluarga anda.
  7. Jangan lupa bawa kamera, karena rugi kalau anda tidak mengabadikan gambar di pantai ini.

Dari Pantai Camplong di pesisir selatan Sampang, kita beralih ke utara sedikit ada Gua Lebar. Sesuai namanya, gua ini mempunyai ruang gua yang lebar dan sangat kokoh. Untuk bisa menyaksikan gua ini, anda perlu menarik gas motor anda sedikit lebih kencang karena gua ini terletak di atas bukit. Sampai di atas, kita akan disambut oleh beberapa Gazebo yang berdiri cantik di atas sebuah bukit. Kita bisa memarkir motor kita di dekat Gazebo. Berikut beberapa tips dan info tentang Gua Lebar, anda harus melihat gua yang satu ini.

  1. Gua ini berada di atas bukit, sehingga apabila anda mengendarai mobil, anda harus menitipkan mobil di bawah, karena untuk naik ke atas rasanya sangat sulit karena jalannya sangat sempit. Anda tidak pelu kuatir dengan keamanan mobil anda, karena masyarakat sampang sangat ramah.
  2. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk menyaksikan gua Lebar ini.
  3. Ketika di atas kita akan mendapatkan “hadiah” angin sepoi-sepoi yang sangat bagus untuk merefresh pikiran kita yang sedang pengat dengan pekerjaan.
  4. Selain itu view kota Sampang dari atas dapat kita saksikan dari atas bukit dan merupakan pemandangan yang luar biasa.
  5. Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini, kalau anda nekat pada siang hari, alangkah baiknya kalau anda menyiapkan payung untuk melindungi anda dari sengatan matahari siang.

Hulk di depan Gua Lebar

Selain kedua obyek wisata di atas, sebenarnya ada beberapa lokasi wisata yang dapat anda kunjungi di kota Sampang ini. Seperti keindahan Masjid Agung Kota Sampang, Waduk Klampis, Hutan Nepa dan masih banyak yang lain.

Untuk kuliner, bebek songkem wajib anda coba, karena menjanjikan sensasi berbeda ketika menikmati bebek untuk yang di kukus. Hmmm yummy! Kalau tidak ada nasi songkem, nasi Kobel bisa menjadi alternatif wisata kuliner anda di kota Sampang.

satu porsi nasi Kobel khas Sampang

oleh-oleh khas Pantai Camplong

*foto lengkap bisa dilihat disini*

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

7 Responses

  1. farda hasan10/07/2016 at 22:26Reply

    Ke gua lebar parkir mobil dimana ? Kan gangnya kecil

    • Wahyu Alam Author

      Wahyu Alam10/07/2016 at 23:20Reply

      Bisa parkir di Masjid Agung.
      Kemarin kami soalnya pakai motor sehingga bisa masuk ke gang kecil itu.

  2. Andry Berlianto25/10/2012 at 10:41Reply

    can’t wait to explore Madura next time, sementara ke pantai Camplong dulu 🙂 : http://andryberlianto.wordpress.com/2012/10/06/pantai-camplong-madura/

  3. Thiya Renjana25/03/2011 at 15:10Reply

    Ngga ada pantai² Bangkalan, Kak???
    Atau memang di Bangkalan ngga ada pantainya? 🙁

    • wahyualamsyah Author

      wahyualamsyah27/03/2011 at 20:34Reply

      Bangkalan ada pantainya juga lo, ada pantai Rongkang, ada pantai Basmalah, ada pantai Mercusuar. Banyak. tapi gak terlalu bagus 🙂

  4. thoy223/03/2011 at 07:52Reply

    jepretannya kurang pas,,, kurang benar2 bisa meng-expose keindahan pantai camplong…

    tapi tak apa lah,,,
    Sukses selalu untuk Plat-M….

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.