Mas Yan saat sharing dengan Nak-kanak Blogger Madura Plat-M

Kopdar (Kopi Darat) Plat-M bulan april tahun ini merupakan Kopdar yang spesial. Berbeda dengan Kopdar biasanya, agenda bulanan Plat-M yang rutin dilaksanakan tiap tanggal 15 ini sekaligus menjadi acara Nonton Bareng film Linimas(s)a. Sebuah film dokumenter yang diproduseri oleh Donny B.U dan berisi tentang peran besar perkembangan teknologi (internet) dalam merubah kehidupan bangsa Indonesia.  Acara ini tentu saja menjadi lebih berbeda dan mengasyikan.

Film dokumenter ini berdurasi 45 Menit dan dengan Lisensi Creative Commons, artinya siapapun bebas menggandakan, memanfaatkan dan mendistribusikannya. Di Madura sendiri Plat-M berkesempatan melaksanakan Nonton Bareng Film yang telah diputar di berbagai daerah seluruh Indonesia tersebut. Linimas(s)a menggambarkan peran dan kekuatan gerakan sosial publik di ranah offline maupun online, yang mampu menciptakan pengaruh sosial yang tidak bisa dianggap remeh bagi bangsa Indonesia.

Nobar Plat-M kali ini bertempat di Coffee With Art (CWA), yaitu salah satu cafe lesehan yang berada di Jalan Raya Telang Kamal-Bangkalan. Acara yang dilaksanakan pada Jum’at malam ini dihadiri kurang lebih 35 teman-teman Plat-M. Dimulai sejak pukul 19.00 WIB  acara ini dibuka dengan sambutan klebun Plat-M yaitu Wahyu Alamsyah. Nuansa lesehan dan ruangan yang terbuka menumbuhkan suasana keakaraban dan kekeluargaan yang kental antar teman-teman Plat-M.

suasana saat nonton bareng

Kopdar biasanya dihadiri oleh nak-kannak Plat-M saja, namun berbeda dengan kopdar kali ini. Dalam acara ini juga hadir dua orang dari ICT Watch, yaitu Yan Aryanto dan Muchlis Ifransyah. Beliau-beliau inilah yang memberikan pengantar tentang film Linimas(s)a serta menjawab pertanyaan teman-teman seputar film. “Dalam membuat film dokumenter, yang terpenting adalah take picture sebanyak-banyaknya”, kata Yan Aryanto memberikan jawaban atas salah satu pertanyaan peserta. Selain itu beliau juga menambahkan agar kita harus tetap semangat menulis dan menulislah sebanyak-banyaknya, karena menulis sangatlah penting. Seperti kata pepatah, ikatlah ilmu dengan menulisnya.

Meskipun dapat dibilang acara ini semi formal, namun lama kelamaan suasanapun mencair oleh canda tawa khas teman-teman Plat-M. Yan Aryanto yang awalnya terlihat masih kaku, akhirnya melebur juga dengan celoteh serta senda gurau dalam sharring kabara’ – katemor (sharring bebas). Suasana semakin meriah ketika di akhir acara diadakan pembagian doorprize. Doorprize diberikan pada teman-teman yang bisa menjawab pertanyan seputar film dengan benar. Acarapun berakhir dengan meriah penuh dengan kegembiraan.

pemenang doorprize dan teman-teman Plat-M lainnya

Itulah serangkaian acara Kopd[Nob]ar Plat-M bulan April tahun ini. Di akhir acara Yan Aryanto menyampaikan harapannya terhadap Plat-M. Beliau berharap Plat-m dapat bertahan dan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang baik khususnya bagi pulau Madura dan Bangsa Indonesia pada umumnya.