Kopdar Sharing ke Pantai Siring kemuning

 Bangkalan, Len-Jelen Bareng, Wisata

Madura,Tentang Madura. Madura adalah pulau yang memiliki 4 kabupaten yaitu mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Madura sering disebut dengan pulau garam karena pulau Madura memang diliputi oleh lautan dan tak heran bila banyak sekali Pantai dan laut yang ada di pulau Madura ini. Siring kemuning salah satunya, merupakan sebuah pantai pasir putih yang merupakan salah satu pantai di Madura yang berada di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan.

Pasir putih pantai Siring Kemuning

Kali ini Pantai siring kemuning menjadi pilihan komunitas Blogger Madura atau yang sering disebut dengan Plat-M untuk ajang Kopdar bulanan yang disebut dengan “ngompol bareng” setiap tanggal 15 setiap bulannya. Dengan mencari suasana baru yang asyik serta santai sebuah pantai di kec Tanjung bumi ini adalah tempat yang sangat tepat sekali dijadikan sarana berkumpul disertai sharing ilmu dalam acara kopdar plat-M yang ke sekian kali ini. Memang pada kopdar kali ini sedikit berbeda seperti biasanya yang dilakukan pada malam hari serta kita tidak didanpingi oleh lurah/Klebun plat-M yang sedang bertugas untuk menyelesaikan salah satugasnya sebagai mahasiswa. Tapi kali ini dengan alasan mencari suasana baru dan sekaligus refreshing setelah beberapa waktu yang lalu para anggota Plat-M kebanyakan telah melaksanakan kewajibanya sebagai seorang pelajar untuk melaksanakan Ujian Akhir semester yang tentunya menguras tenaga dan pikiran.

Selamat datang

Suasana pantai pasir putih dengan semilir angin dari pantai yang begitu sejuk seakan menghilangkan panasnya matahari bulan juli yang seakan menyengat ke tubuh ini siang itu. Sekitar pantai di bawah pohon yang rindang terlihat pemandangan para siswa yang ternyata juga sedang menikmati liburan mereka sambil berkumpul bersama teman-teman sebaya mereka begitu pula teman-teman blogger Plat-M berkumpul untuk sesi sharing ilmu dan berbagi pengalaman kala mengikuti acara sharing keliling di UPN yang dilaksanakan sehari sebelumnya yang telah diadakan oleh saling silang dan internet sehat dengan panitia lokal dari Blogger TPC.

Sebelum acara sharing Plat-M ini dimulai seperti tradisi biasanya setiap kali ada orang yang baru gabung dengan Plat-M perkenalan adalah sesi yang paling menarik karena semacam OSPEK orang baru akan selalu dikerjai dengan ditanyai bermacem-macem mulai dari Nama, alamat, status, sampai mendetail. Itu cara anak-anak Plat-M untuk memeberikan sambutan hangat kepada mereka yang baru gabung. Adapun beberapa dari temen Plat-M yang baru gabung ini mengaku berasal dari kamal yang kebetulan sedang kuliah di ITS surabaya, ada juga yang dari malang, kuliah di malang..lho? terus ngapain di Bangkalan, tanya salah satu anggota plat-M yang lain…dia bilang disini ke tempat kakaknya. Apa alasan ikut Plat-M? | Lho saya baru tahu kalau ini komunitas malahan, saya pikir ini tadi cuman jalan-jalan dia bilang dengan lugunya, 🙂 Usut punya selidik, ternyata dia diajakin temenya untuk jalan-jalan aja. Tapi hal itu mungkin merupakan salah satu cara menarik orang madura agar lebih merasa memiliki komunitas Blogger Madura :). Yah itulah suasana perkenalan yang kemudian di lanjut dengan berbagi pengalaman dalam acara sharing keliling yang dibagi beberapa kelas yakni : Creative Writing, Foto Blogging, Video Blogging.

Pada sharing Creative writing di sampaikan oleh saudara Joshap yang memang pada acara sharing keliling kemarin mengikuti kelas tersebut dan ditambahi beberapa teman seperti lukman yang juga mengikuti kelas creative writing yang menceritkan bahwa kata joko dari pak Hedi bahwa “menulis itu hampir sama dengan bercerita” tulislah meski itu hanya 30 karakter karena cara untuk pintar menulis adalah dengan mulai menulis. Tanya jawab tentang creative writing juga begitu menarik untuk diikuti dengan adanya seorang anggota yang bertanya  mengapa kita “lebih enak menulis di media sosial ketimbang ke blog”. yang ternyata memang menurut trendnya tahun ini penulisan di blog atau informasi melalui blog mulai menurun dan sedikit banyak mulai disisihkan dengan adanya media sosial, baik jejeraing sosial seperti facebook,koprol,plurk dan yang terbaru Google Plus. atau pun juga microblogging macam twitter dll. Tapi semua itu sebaiknya benar-benar dijadikan sebuah cara kita untuk belajar bercerita atau menyampaikan ide dan uneg-uneg agar kita bisa memperkaya tulisan di blog untuk lebih banyak berbagi dan berkarya.

Berbagi pengalaman mengenai Foto Blogging juga sangat menarik untuk disimak, kali ini saudara fajar dibantu oleh Thoy2, menjelaskan tentang apa itu fotographi dan juga memberikan beberapa tips untuk belajar fotographi dengan selalu belajar dan mencoba untuk berfoto kemudian di upload ke internet untuk mengetahui komentar para orang-orang yang mahir dibidangnya seperti mbak poeticpicture yang menjadi pemateri dalam acara sharing keliling kelas foto blogging dan setelah proses upload ke internet tentunya kita harus siap untuk segala macam komentar baik itu kritik,saran yang membangun dan tak jarang juga harus siap dengan komentar pedas  sepedas cabai harga 90/kg :). Cerita-cerita mengenai photo yang secara tak sengaja dan menjadi photo of the year membuat suasana begitu cair dan sharing pun berlanjut ke video blogging. *ikan hiu..ikan cucut..lanjuuttt*

Sharing sambil lesehan

Pengalaman meengikuti kelas Video blogging kali ini disampaikan oleh Saudara darul yang menyebut dirinya cah kene omahe kono membagikan pengalamanya mengikuti kelas video blogging yang disampaikan oleh mas @motulz yang menjelaskan bahwa video blogging adalah cara nge-blog yang seru karena bentuknya audio Visual jadi lebih menarik. Bentuk lain dari nge-blog dengan menggunakan video ini sebenarnya memang dibutuhkan skill untuk dimana kita akan selalu berpacu dengan waktu untuk mendapatkan moment yang tepat. kenapa? karena setiap moment itu sangat unik dan tidak mungkin untuk bisa diulang…ibarat kita melihat orang kecelakaan dan disaat yang bersamaan kita sedang menggunakan hanphone untuk merekam. tapi ketika itu kita kehilangan sedetik dari moment kecelakaan tersebut. tentu kita tidak bisa meminta agar kecelakaan tersebut diulang terus kita baru merekamya to?…jadi sebenarnya video blogging ini adalah seni tersendiri dan tips yang diberikan untuk video blogging ini dari mas motulz adalah dengan mengambil atau merekamlah dimanapun dan kapanpun kemudian carilah yang terbaik. okey..

Bukan berarti karena tidak adanya tool yang memadai menghentikan kita untuk merekam tapi sebenarnya adalah content dari video itu lebih penting meski dari video yang di rekam dari hanphone tapi itu adalah liputan mengenai tsunami tentu akan lebih berharga to? mas motulz mencontohkan kata bung darul. 🙂

Acara sharing pun diakhir dengan menikmati suasana sore pantai siring kemuning beberapa moment-moment yang didapatkan dalam acara kopdar sharing kemuning tersebut bisa dilihat disini. selamat menonton.

Sangat asyik buat nambah koleksi foto atau sekedar ide tulisan di Blog

Pasir putih disertai semilir angin pantai siring kemuning

Eksotisme Pasir Puith Pantai Siring Kemuning

Menikmati semilir angin dan pasir putih disertai ombak yang besar Siring kemuning

Bersama di pantai Siring kemuning

LIPUTAN DARI PANTAI SIRING KEMUNING

Semoga bermanfaat dan keep writing, photo blogging, and video blogging.

Tulisan lain dari Nak-kanak Blogger Plat-M :

1. Fajar | Sharing Keliling

2. Umy| Kopdar bareng Sharing keliling di Surabaya

3. Toyibatul | Plat-M Kopdar Sharing Kemuning

Download Lengkap fotonya di disini [1] dan disini [2]

Wahyu Alam

Author: 

moslem – blogger – traveler – founder of @plat_m – UTM lecturer – book reader – social media – #ihateLate – t: @wahyualam – b: wahyualam.com

Related Posts

8 Responses

  1. MdarulM06/08/2011 at 21:20Reply

    Jujur saja memang pantainya sangat mak nyuss..Madura kaya akan pantai yang masih perawan tapi sayang tidak ada “germo” yang bisa memanajemen secara baik, sehingga ibarat kata ” Perawan yang terbuang :D” heheheh

  2. rotyyu24/07/2011 at 15:20Reply

    Komen kok ga masuk-masuk to yow…

  3. rotyyu24/07/2011 at 15:14Reply

    Kapan-kapan harus ke sana lagi…

  4. Sharing Keliling Surabaya21/07/2011 at 07:11Reply

    […] enthusiast masing-masing, Nak-kanak Plat-M membelah jadi tiga, nanti hasilnya masing-masing di sharing (Siring Kemuning) di Madura. Setelah ISHOMA seluruh peserta “dipaksa” berkumpul ke Ruang Ir.Sukamto untuk […]

  5. Wahyoe20/07/2011 at 22:48Reply

    Mantab………
    Keren banget ouy…
    Jadi pengen Pulkam 🙂

  6. rotyyu20/07/2011 at 22:39Reply

    Keren ya pantainya…

  7. SandaLJepitNjepat20/07/2011 at 01:13Reply

    mantab.. mantab. mantab… yuk kesana lagi yuk…
    eh jangan se… ke yang laen aja, kita jelajahi bumi madura, n kita kenalkan ke dunia…
    ane blom sempet posting yang Sharing Kemuning

    ni yang Sharing Keliling

  8. wahyualamsyah Author

    wahyualamsyah19/07/2011 at 17:12Reply

    Waw? keren, meski tertulis disini saya yang nulis sebenarnya bukan saya , melainkan si Darul yang menulis, keren seperti pantai Kuta. ASELI!

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.