video by: InternetSehat.Org
Kopdar Blogger Nusantara merupakan kali pertama hampir semua komunitas blogger di Indonesia hadir dan berkumpul (kopdar) di satu tempat, bukan di Ibukota melainkan di kota sebelah selatan Surabaya, yaitu Sidoarjo. Mulai dari Komunitas Blogger Aceh, Medan, Palembang, Padang, Pekan Baru, Lampung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bojonegoro, Kalimantan, Makassar, Ambon, NTT, sampai Pulau Madura semuanya berkumpul untuk bersama-sama menghadiri acara Kopdar Blogger Nusantara.

Kopdar Blogger kali ini berbeda dengan kopdar-kopdar sebelumnya, karena Kopdar Blogger Nusantara mengutamakan unsur kekeluargaan. Ini terlihat dari tempat penginapan yang disediakan oleh panitia untuk semua blogger yang hadir, penginapan ini hasil sulapan dari lapangan tennis Indoor yang berada di belakang stadion Gelora Delta. Gedung besar yang biasanya dijadikan tempat bermain tenis ini, disulap menjadi penginapan tanpa pembatas antar satu komunitas dengan komunitas yang lain.

Nak-kanak Blogger Madura – Plat-M memanfaatkan ini untuk “berkeliling Indonesia”, mendatangi satu demi satu komunitas blogger yang ada di dalam satu atap ini. Tidak ada kamar hotel, tidak ada kamar penginapan, yang ada adalah ruangan luas tanpa skat yang memudahkan semua blogger yang hadir saling kenal dan bercengkrama layaknya saudara sesama blogger.

57 Nak-kanak Blogger Madura tergelam dengan semua komunitas blogger se Nusantara saat acara dimulai di Gedung Convention Hall, Sun City, Sidoarjo. Kursi 1200 semuanya terisi penuh. Tepuk tangan riuh sering terdengar ketika terjadi hal yang menarik di atas panggung. Pembukaan acara diawali dengan tarian Sparkling Surabaya oleh Mahasiswa STIKOM Surabaya. Wakil Bupati membuka acara Kopdar Blogger Nusantara dengan berharap blogger bisa menuliskan semuanya tentang Sidoarjo. “Sidoarjo bukan hanya lumpur lapindo, area yang terkena dampak lumpur hanya 2% dari total luas daerah Sidoarjo”, sambut beliau.

Hari pertama diwarnai dengan penampilan  UKM Nanggala memukau 1000 lebih blogger yang hadir, UKM yang berasal dari Universitas Trunojoyo Madura ini membawakan tarian Monyang yang menggambarkan permohonan ampunan dosa dari seorang hamba terhadap Tuhan. Kemudian dari Penn Olson, Willis Wee datang dengan gaya elegant sharing tentang blogging. Menurut direktur sukses termuda ini “Content is a King”. Dia share tentang bagaimana membuat konten yang positif dan berkelanjutan, sampai bagaimana mengelola SEO blog.

Sanggar tari Maduraras yang berasal dari Bangkalan Madura mengejutkan peserta di hari kedua. Dengan membawakan tarian Tatak, peserta dibawa ke sebuah dimensi bagaimana kegagahan seorang wanita Madura yang bisa melindungi diri sendiri dari godaan pria jahat. Dilanjutkan dengan sharing tentang Blood4Life yang dikomandoi oleh Just Silly, gerakan donor darah yang pernah jadi iklan di televisi ini diskusi dengan para blogger tentang betapa pentingnya kita untuk menyumbangkan darah kita bagi orang yang membutuhkan.

Hal yang paling berkesan di hari kedua adalah ketika perwakilan “Mbah” Google hadir menyampaikan tentang cara kerja Google Analytics yang disampaikan secara sederhana oleh Vinoaj Wijeyakuumar. Meski memakai bahasa Inggris, tapi tidak menyulitkan para peserta memahaminya, ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang ada ketika sesi tanya jawab.

Hari Minggu, merupakan hari terakhir acara Kopdar Blogger Nusantara. Di hari ketiga sekaligus hari penutup ini dihiasi dengan acara sharing bersama antara penggagas Blogger Nusantara dengan para blogger yang hadir.

Naik ke atas panggung pula blogger tertua dan blogge termuda, selain itu juga hari itu 30 Oktober 2011 merupakan hari bersejarah bagi Komunitas Blogger Tuban. Karena komunitas ini lahir pada saat event besar seperti Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo yang disaksikan oleh hampir seluruh komunitas blogger di Indonesia. Selain itu pembacaan Jati Diri dan Sumpah Blogger Nusantara membuat seluruh peserta larut dalam nasionalisme dan semuanya merinding ketika Mas Anjari membacakan naskah Jati diri dan Sumpah Blogger Nusantara yang dibuat dengan indah oleh Akang Suryaden.

Acara Kopdar Blogger Nusantara akhirnya selesai, dan acara diakhiri dengan sesi silahturahmi dan tentunya berfoot bersama.