Kopdar : Berbagi Inspirasi dan Mimpi

 Bangkalan, Berita, Madura, Ngompol Bareng

IMG_6434

Kemarin (07/07) teman-teman Plat-M mengadakan kopdar di Cafe Tom and Jerry Bangkalan. Di tempat ini, ada beberapa teman-teman Plat-M yang datang dan berbagi cerita sambil merencanakan kegiatan-kegiatan Plat-M menjelang datangnya Bulan Ramadhan.

Di kopdar kali ini, tidak jauh-jauh dari kopdar sebelumnya yaitu kita merencanakan kegiatan plat-m menyambut ramadhan. Ada tiga agenda yang akan kita lakukan yaitu santunan kepada anak yatim, pelatihan Social Media, dan Nyare Malem bersama Plat-M.

Untuk kegiatan Nyare Malem, ini merupakan kegiatan plat-m di setiap bulan puasa selama dua tahun terakhir ini. dan ini sejatinya kegiatan yang memberikan manfaat bagi orang lain dan merekatkan plat-m dengan masyarakat.

Menurut Hemat saya, kegiatan kopdar merupakan senjata ampuh bagi komunitas blogger untuk mengajak dan memperkenalkan kepada orang lain, khususnya anggota komunitasnya untuk menghasilkan ide-ide baru atau kreativitas untuk memajukan komunitas yang ditempatinya. Kopdar bukan sekadar kegiatan yang seringkali berlalu yaitu ngobrol sederhana dan ditemani kopi atau snack sebagai perekat kebersamaan.

Kopdar adalah ajang berbagi ide dan kreativitas bahkan mimpi-mimpi setiap anggota yang menjadi bagian dari komunitas blogger. Dalam kopdar Plat-M, selaku leader atau yang kerapkali disebut Klebun Plat-M, Nurwahyu Alamsyah seringkali berbagi banyak informasi dan pengalamannya, di samping juga merencanakan kegiatan-kegiatan Plat-M ke depannya.

Merencanakan kegiatan dalam kopdar adalah hal baik, karena semua anggota akan mengetahui dan memahami dan tindakan berikutnya mereka harus bekerja untuk mewujudkan ide-ide yang mereka miliki menjadi kegiatan dan nyata hasilnya.

Dengan kopdar seperti yang Plat-M lakukan, maka hal ini akan memberikan nilai positif untuk mengajak anggota mengenal bahkan juga memahami kerja komunitas, lebih-lebih mereka pada akhirnya memiliki impian dan mimpi-mimpi yang baik untuk memajukan komunitas yang mereka tempati. Tiadanya kopdar juga berpotensi untuk memunculkan matinya kebersamaan antara anggota dan pengurus. Untuk itu, kopdar adalah ruh dalam komunitas yang harus dilakukan meskipun kegiatan ini tidak perlu diadakan setiap minggu. Satu bulan ataupun dua bulan sekali, ini sudah cukup agar setiap anggota bisa dekat dengan komunitasnya.

Twitter : @ahmadfendi

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

3 Responses

  1. maz echo

    maz echo12/07/2013 at 19:51Reply

    Ngebblur Mas Brooo

  2. Indah Julianti S08/07/2013 at 05:15Reply

    Penasaran sama Nyare Malem, ditunggu cerita yang ini 🙂
    Kurang seru tanpa foto-foto, blogger kan harus narsis dengan foto 😀

  3. Itsnain Maulana08/07/2013 at 00:28Reply

    Tulisannya bagus – Sip keren.. dari Twitter : @ahmadfendi

    Tapi lebih menarik dberi picture yang kemaren mewakili suasana disana,
    terus menulis buat @plat_m yah 😀

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.