Muhammad

Di kepulauan Madura, kehadiran maulid Nabi Saw. senantiasa disambut dengan meriah. Di beberapa surau dan masjid biasanya diadakan pembacaan syair Barzanji dan Diba’i. Dua kitab ini adalah kumpulan syair-syair pujian kepada nabi Muhammad Saw. yang lumayan dikenal secara luas. Bahkan, di beberapa daerah di Madura, di samping pembacaan dua kitab tersebut, tradisi mengundang kiai untuk berceramah seputar maulid nabi Muhammad kepada masyarakat kerapkali dilakukan setiap bulan maulid. Bahkan seni musik hadrah biasanya ditampilkan juga untuk mengiringi pembacaan maulid Nabi Saw tersebut.

Maulid nabi, adalah hari nabi Muhammad Saw. dilahirkan di kota Mekkah, sebagai nabi akhir yaitu penyempurna risalah nabi-nabi sebelumnya. Di bulan itu masyarakat Madura menjadi ramai mendatangi masjid dan surau untuk membaca dan mendengarkan kitab Al-Barzanji. Kecintaan masyarakat Madura kepada nabi Muhammad seringkali terlihat dari antusias masyarakat untuk selalu mengingat perjuangan nabi Muhammad menyebarkan da’wah dan juga risalah kenabiannya.

Pada maulid nabi, biasanya tema-tema yang diangkat berkaitan dengan keteladanan nabi Muhammad saw sehingga patut dicontoh oleh umatnya. Beberapa keteladanan yang ditunjukkan oleh nabi agar diikuti oleh umatnya adalah bersikap jujur, amanah, bertanggung jawab dan memiliki kepekaan sosial untuk membantu saudara saudara yang mengalami kesusahan dan butuh pertolongan.

Maulid nabi adalah salah satu bagian dari semangat untuk mencintai, mengingat dan menyebarkan kembali hal-hal yang pernah disampaikan dan diperjuangkan oleh nabi Muhammad saw. Kepada masyarakat sebagai sumber inspirasi untuk melakukan kebaikan. Nabi Muhammad adalah tokoh penting yang senantiasa dikenang oleh jutaan umat muslim di seluruh dunia. Terlebih lagi di kepulauan Madura.

Perayaan maulid nabi ini kemudian menjadi salah satu semangat untuk menghargai proses dan perjuangan nabi dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dan juga perilaku luhur lainnya. Salah satu anjuran yang seringkali nabi Muhammad katakan adalah pentingnya menjaga sholat, pentingnya bershodaqah, menjadi integritas diri dalam setiap perjuangan yang dilaluinya.

Keindahan pulau Madura dalam interaksi masyarakatnya seringkali kita temukan dalam maulid nabi ini. Beberapa masyarakat membawa berbagai buah-buahan dan menyumbangkan makanan sebagai sajian setelah selesai pembacaan barzanji untuk mengingat dan mengenang perjuangan nabi. Hal semacam ini, adalah salah satu bukti bahwa masyarakat Madura masih bisa dibilang sebagai masyarakat yang religius, dan senantiasa mempertahankan tradisi keagamaan secara bersama-sama.

Datangnya maulid nabi seharusnya jadi salah satu penyemangat untuk senantiasa menjaga diri dan semangat kebaikan. Itulah contoh nilai-nilai keteladanan yang disampaikan oleh Nabi Saw. kepada umatnya.

fendi

Blogger, penggemar fotografi dan catatan perjalanan. Minat menulis esai dan segala apa saja yang menarik baginya. Itu saja. ^_^ Bangkalan, Madura, Jawa Timur ? fendichovi.wordpress.com - @fendichovi

More Posts - Website