Kerapan Sapi di Bangkalan

 Bangkalan, Budaya, Madura

Pemandangan yang tidak biasa terjadi di sekitar Lapangan Skep – Bangkalan pada Minggu, 10 Oktober 2010 kemarin. Banyak penjual sate yang berjejer di pinggir jalan yang tidak bisa dilihat pada hari-hari biasa. Terlihat asap mengepul di sekitar lapak-lapak dadakan yang timbul sisa pembakaran sate khas Madura. Selain penjual sate dadakan, ada juga penyedia jasa parkir dadakan.

Ngebutttt Mode:ON!

Ya! hal inilah yang biasanya terjadi kalau ada perlombaan kerapan sapi di lapangan Skep – Bangkalan. Lapangan yang belum selesai dibangun ini digadang-gadang sebagai salah satu tempat pertandingan kerapan sapi terbesar di Madura bahkan di Indonesia (menurut Wakil Bupati Bangkalan).

Sapi-sapi yang siap bertanding

Waw!: Hadiah bagi Para Pemenang

Hari itu akan digelar Kerapan Sapi tingkat kabupaten. Lebih dari 20 tim yang ikut berpartisipasi meramaikan ajang ini. Sepanjang pengamatan penulis yang mengamati langsung di lapangan, setiap tim ternyata membawa rombongan yang menabuh alat musik khas Madura, sehingga ketika memasuki area Lapangan akan terasa sekali budaya Maduranya.

Para Penari Menghibur Penonton

Bupati dan beberapa tamu undangan terlihat menghadiri acara ini

Selain itu Bupati Bangkalan Fuad Amin dan Wakil Bupati Syafik Rofi’i terlihat duduk di tribun melihat aksi adu balapan sapi. Al-hasil pengamanan di area lokasi sangat ketat. Di tengah tim menyiapkan sapi-sapinya agar tampil maksimal, para penari mulai menghibur tamu-tamu yang hadir sekaligus membuka acara.

Bupati Bangkalan (merah) selesai mengibarkan bendera start

Bupati Bangkalan sendiri yang mengibarkan bendera start bertanda pertandingan di mulai, dan sapi-sapi berlari sekencang mungkin mengikuti arahan dari jokinya. Grand Final akan diadakan 30 Oktober di Lapangan Kerapan Sapi – Pamekasan

Kecapek-an: Sapi selesai balapan

Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

2 Responses

  1. rotyyu12/10/2010 at 07:33Reply

    Mantap..

  2. the_arul11/10/2010 at 18:17Reply

    Mantaap, acara-acara seperti ini neh yang harus sering-sering di expose 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.