Kasengan, Bukit Barisan di Sumenep

 Madura, Sumenep
Bukit Kasengan

Bukit Kasengan

Kasengan adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep, kira-kira 4 km kebarat dari pusat Kota Sumenep, jika anda pernah mengunjungi Asta Tinggi (makam Raja-Raja Sumenep) disebelah barat Asta Tinggi itulah letak Desa Kasengan.

Kasengan adalah sebuah salah satu Desa di Sumenep yang sangat memiliki produktivitas tinggi, karena letak geografis yang mendukung, yaitu berupa daerah dataran tinggi yang subur karena mata air terdapat dimana-mana, rata-rata mata pencaharian Warga Kasengan adalah petani karena suburnya tanah disana mendukung untuk kegiatan bercocok tanam.

Tembakau

Tembakau di Kasengan

Di Kasengan panoramanya sangat indah, dikelilingi bukit-bukit dan terhampar luas padi yang menghijau dari petak satu ke petak sawah lainnya, di Kasengan banyak bercocok tanam padi pada saat musim penghujan, tembakau pada musim kemarau disaat panca roba ditanami kacang, cabe, kentang, jagung dsb.

Sampai saat ini kasengan merupakan pemasok cabe di Sumenep, karena cabe merupakan tanaman yang cocok untuk dibudayakan disana, maka petani ikut menanam cabe di pinggir-pinggir pematang sawah disaat sawah ditanami tembakau atau paadi sehingga stok cabe terus bertambah tanpa kekurangan pasokan cabe untuk Kabupaten Sumenep

Selain keunikannya dari panorama perbukitan Kasengan juga menyimpan berbagai potensi yang menarik yaitu mendaki gunung atau bukit yang cukup tinggi dan terjal cocok bagi anda pencinta petualangan dan yang suka daki-mendaki gunung, jika anda sudah sampai dipuncak maka akan terlihat semua pemandangan seluruh kota dan sekitar Kabupaten Sumenep

Sungai Kasengan

Suasana sungai Kasengan

Selain itu di kasengan terdapat sungai yang berair jernih dan segar karena langsung dari mata air pegunungan, sungai tersebut yang cocok untuk olahraga arum jerang karena arusnya yang lumayan agar deras sedikit sehingga tidak membahayakan atau bisa juga anda memancing atau mandi dan bermain-main air disana.

Suasana di kasengan lebih indah kalau dinikmati dipagi hari, menunggu terbitnya mentari dari balik bukit, saat ini di Desa Kasengan terdapat tempat yang terkenal yaitu WPS (Waterpark Sumekar) salah satu pemandian air yang dibangun besar-besaran oleh salah satu pengusaha asal Desa Kasengan untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Kasengan, di waterpark tersebut berlatar belakang bukit yang menjulang tinggi sehingga kita bisa bermain air sambil melihat pemandangan bukit darisana.

Author: 

Blogger. Pine Tech Consultant. Mozilla Developer. Firefox Student Ambassadors. National Geographic Indonesia. Greenpeace Indonesia

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.