Karapan Sapi 2013

Madura dengan sejuta kekayaan potensi tersimpan di dalamnya. Satu diantaranya adalah karapan sapi. Bukan hanya orang Madura saja, bahkan turis asing-pun begitu menunggu setiap ada pagelaran karapan sapi setiap tahunnya. Karapan sapi Madura sudah ada sejak abad ke-14 menjadi tradisi budaya masyarakat Madura yang turun-temurun dari generasi ke generasi.

Ajang ini hampir pasti menarik perhatian turis lokal maupun internasional. Selain untuk melihat adu cepat sapi-sapi Madura, turis juga sangat mengagumi keramahan orang-orang Madura. Tidak bisa dipungkiri jika ajang karapan sapi menjadi salah satu ajang yang bisa dijadikan untuk menambah pendapatan daerah. Karapan sapi rutin dilaksanakan setiap tahun, setiap bulan bahkan setiap bulan di Madura. Setiap kabupaten memiliki jadwal tersendiri. Namun, belakangan ini, di Bangkalan khususnya, sudah sangat jarang diadakan perlombaan karapan sapi. Padahal para pemilik sapi-sapi cepat itu selalu menunggu diadakannya perlombaan yang seharusnya diadakan rutin ini.

Manfaat ketiga adalah sebagai sumber penghasilan atau perekonimoan. Budaya kerapan sapi dapat memberi penghasilan kepada yang memelihara sapi kerapan karena orang yang senang kepada sapi kerapan, ia akan membelinya walau dengan harga mahal sehingga menguntung-kan kepada penjual.Kerapan sapi tidak hanya memberi penghasilan kepada pemilik, tapi juga memberi penghasilan kepada orang-orang yang mamu memelihara sapi kerapan dari seorang juragan sapi kerapan.?Juragan yang punya ternak banyak pun akan dihormati warga karena mereka turut mengangkat perekonomian warga yang tak mampu dengan memberikan pekerjaan sebagai pemelihara sapi.

Intinya, bagaimanapun karapan sapi harus tetap dilestarikan. Salah satu cara untuk melestarikannya adalah dengan menyelenggarakan ajang perlombaan karapan sapi secara rutin dan berkesinambungan.

Tempat Pelaksanaan: Lapangan Karapan Sapi, Skep, Jl. Pertahanan, Bangkalan

Hari / Tanggal: Sabtu – Minggu, 30 – 31 Maret 2013

 

Contact Person:

  • H. Meon
  • Itsnain Maulana (+628-57468-78766)?(+628-819131997)
  • Email : berbenahdiri@gmail.com / itsnain@plat-m.com
  • Nurwahyu Alamsyah (+628-52-300-5858-9)
  • Roy Sonatha (+628-2333831388)
  • Email:info@plat-m.com
  • Web: http://plat-m.com
  • Twitter: @plat_m

Wahyu Alam

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - software quality assurance - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus