#KampongInternet : Bangga Pakai .id

 Sumenep

Sesi Bangga Pakai Id

Dalam kesempatan kali ini saya ditunjuk sebagai moderator om @Sigitwid selaku ketua @pandi_id, dimana bertemakan “Bangga Pakai .id”, ini merupakan pengalaman pertama kali menjadi moderator di Plat-M, mungkin sebelum-sebelumnya hanya jadi moderator di Seminar Nasional dan hanya acara kecil-kecil lainnya.

Dalam sesi ini saya membawakan dengan suasana baru yaitu dengan pembukaan salam menggunakan “Salam Nasionalis” dimana salam mencakup semua kepercayaan dan agama yang ada di Indonesia, semuapun tercengang bahkan ada yang nyeletuk “Orang Bali Bli ?” saya pun hanya tersenyum sinis.

Dalam kesempatan ini om @Sigitwid menjelaskan akan perkembangan pesat pengguna internet di Indonesia, dimana berjuta-juta rakyat Indonesia hanya menggunakan internet sebatas sebagai pengguna saja dan itupun hanya untuk sosial media.

Tidaklah kita ketahui bahwa masih banyak bahaya yang mengintai dibalik sosial media dan internet, termasuk bahaya Cracker dan Hacker yang mengintai data-data privasi kita di dunia maya baik itu password maupun yang lainnya.

Maka dari itu @Pandi_id membuat terobosan baru yaitu domain yang terjamin keamanannya, yaitu domain .id, Pandi sendiri adalah organisasi nirlaba yang dibentuk oleh komunitas Internet Indonesia bersama pemerintah pada 29 Desember 2006 untuk menjadi registry domain .id, dimana pada tanggal Pada 29 Juni 2007, pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika RI secara resmi menyerahkan pengelolaan seluruh domain internet Indonesia kepada PANDI, selain go.id dan mil.id. Penyerahan pengelolaan domain .id ini dituangkan dalam Berita Acara Penyerahan Pengelolaan Domain .id no. BA–343/DJAT/MKOMINFO/6/2007 dari Dirjen Aptel ke PANDI. (sumber : http:// http://pandi.or.id/id/sejarah)

Sampai saat ini .id bermacam-macam jenis dan penggunaanya, meliputi yaitu :

  • Co.id = Digunakan untuk perusahaan.
  • Or.id = Digunakan untuk organisasi.
  • Ac.id = Digunakan untuk perguruan tinggi.
  • Sch.id = Digunakan untuk sekolah-sekolah
  • My.id = Digunakan untuk personal atau pribadi.
  • Biz.id = Digunakan untuk personal atau bisnis.
  • Web.id = Digunakan untuk perseorangan atau web pribadi.
  • Net.id = Digunakan untuk bisnis maupun pribadi.

Dan sempat dibahas pula domain termuda dari @Pandi_id yaitu domain .desa.id dimana domain ini diperuntukkan untuk instansi desa, dengan domain desa kita bisa mengetahui informasi tentang sebuah desa, pendapatan sebuah desa, UKM yang ada di desa dan banyak lagi yang bias kita dapatkan dari domain .desa.id.

Maka dari itu jika anda bangga menjadi warga Negara Indonesia, anda juga harus bangga memakai domain Indonesia.

“Bangga Jadi Orang Indonesia, Bangga Pakai.id”

Author: 

Blogger. Pine Tech Consultant. Mozilla Developer. Firefox Student Ambassadors. National Geographic Indonesia. Greenpeace Indonesia

Related Posts

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.