Kaleidoskop Plat-M di Tahun 2010

 Bangkalan, Berita, Budaya, Kuliner, Len-Jelen Bareng, Madura, Ngompol Bareng, Pamekasan, Pengumuman, Sampang, Sosial, Sumenep

23 Desember 2009 – Deklarasi Plat-M

“Ya, itulah sambutan dari ketua Plat-M, sebuah sambutan yang sangat berharga” jelas PR II sepertinya menghibur ketika melihat saya sepertinervous sekali. “Dengan ini acara saya tutup, kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh!” PR II, Pak Slamet menutup acara sekaligus mendeklarasikan komunitas blogger baru Plat-M. Selanjutnya diakhiri dengan sesi foto-foto -sesi yang paling disukai-. Sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi saya, Plat-M dan juga Madura tentunya.

10 Januari 2010 – Kopdar pertama yang gagal gara-gara hujan lebat

Kopdar pertama, tertunda karena cuaca buruk (kayak di Inggris aja), untuk mengadakan Kopdar kedua sepertinya masih berat, karena untuk satu minggu ke depan kesibukan teman-teman sangat banyak, mulai dari yang mau “Pulkam” -Pulang Kampung-, ada ujian KKPI, sampai yang lagi sibuk-sibuknya dengan yang namanya Ujian Akhir Semester. Kemungkinan untuk bertemu dan bertatap muka langsung sangat sulit

5-6 Maret 2010 –  Amprokan Blogger di Bekasi

Wahyu, Rotua, Darul dan Aris mewakili blogger Bangkalan – Madura menghadiri temu blogger dalam rangka HUT kota Bekasi yang ke-13 itu. Sebenarnya banyak sekali dari anggota Plat-M yang ingin sekali berpartisipasi dalam acara setahun sekali itu, tapi karena kesibukan teman-teman anggota lainnya membuat hanya empat orang yang mewakili Blogger Bangkalan – Madura

15 Maret 2010 – Kopdar Pertama Plat-M

Hari Senin, 15 Maret kemarin, Nak-KanakBlogger Bangkalan mengadakan Kopdar pertama pasca acara Amprokan Blogger di Bekasi 6-7 Maret lalu.Bertempat di Gazebo Fakultas Teknik – Universitas Trunojoyo kitasharing bareng apa yang kita dapat selama di Bekasi, Apa saja kegiatan disana, Bagaimana kedepannya Plat-M semuanya dibahas bersama-sama sambil dihiasi tawa canda khas Komunitas

31 Maret 2010 – Selasah Ngangguy Batik

Nak-kanak Blogger Bangkalan dalam hal ini tidak mau ketinggalan untuk “Menularkan” demam batik ini kepada semua teman kuliah ataupun teman kerja. Seperti teman-teman Blogger Mahasiswa Universitas Trunojoyo, mereka berinisitatif setiap hari selasa memakai Batik. Bukan hanya itu saja, mereka juga mengajak teman-teman yang lainnya untuk bersama-sama memakai Batik setiap hari Selasa. Gerakan ini di beri nama “Selasah Ngangguy Batik”. Mungkin muncul pertanyaan “mengapa hari Selasa?, kok bukan hari Jum’at atau Sabtu saja?”. Pertanyaan itu banyak sekali yang menanyakannya. Alasannya adalah karena kalau gerakan ini diterapkan pada hari Jum’at, kebanyakan dari kita tidak ada jam kuliah, sehingga dimajukan hari Selasa.

8 April 2010 – Plat-M beredar di Radar Madura untuk Pertama kalinya

Berawal dari sambungan telepon tadi itulah, Saya dan mas Firman (Wartawan Radar Madura) bertemu di kantin kampus dan melakukan wawancara tentang Nak-kanak Blogger Bangkalan Plat-M. Keesokan harinya, tepat hari Minggu, 04 April 2010, untuk pertama kalinya kita beredar di koran meski itu hanya koran lokal, tapi setidaknya ada sebuah awal hubungan yang baik antara Blogger dan Para Pemburu Berita khususnya di daerah Bangkalan. Suatu perkembangan yang sangat bagus untuk sebuah Komunitas yang baru terbentuk belum genap empat bulan.

21 April 2010 – Kopdar Plat-M #2 : “Len-jelen Bareng” setiap 3 Bulan

Hujan deras usai Maghrib waktu Bangkalan, tidak menyurutkan Nak-kanak Blogger Bangkalan – Madura untuk tetap datang dalam Ngompol Bareng Plat-M yang mengambil tema blogging and sharing everything. Kopi panas Cafe Biru Daoen tidak menemani teman-teman Blogger yang hadir malam itu. Ada hal yang sedikit berbeda pada Kopdar Plat-M kali ini, karena untuk pertama kalinya kita ditemani seorang blogger dari Pamekasan. Namanya Fauzan, dia mengetahui jika ada komunitas Blogger Bangkalan ini ketika membaca Harian Radar Madura.

4 Mei 2010 – Surprise Selasah Ngangguy Batik

Pukul 11.20 wib kita mulai melancarkan aksi, tujuan pertama adalah Kopma Unijoyo, tanpa menunggu lama, kita sudah menemukan target pertama. Seorang cowok gondrong terlihat memakai batik berdiri berdiri di depan Kopma, seketika tim Surprise mendatangi dan memberikan surprise. Meski sempat terkaget-kaget karena 7 orang sekaligus mendatangi secara bersamaan sambil berteriak. Tapi cowok bernama Habiburrahman ini senang dengan surprise ini. Tidak lupa kami memberikan selembaran tentang Plat-M. Bukan hanya Mahasiswa tapi juga beberapa Dosen yang kebetulan ketahuan memakai Batik, kita juga beri surprise mereka, meski hanya cuma Pin, tapi harapan kami adalah memupuk rasa bangga dan membudayakan kepada temen-temen semua agar gemar memakai Batik kemanapun akan pergi

21 Mei 2010 – Kopi darat rasa Suramadu

Indahnya gemerlap lampu jembatan suramadu pada malam hari menemani kopdar ketiga Plat-M di Bulan Mei ini. Betempat di bekas pelabuhan timur – Kamal – Bangkalan, keindahan jembatan suramadu di malam hari terlihat jelas. Teman-teman blogger yang hadir waktu itu sangat menikmati sensasi kopi darat ditemani indahnya pemandangan malam di kamal dengan view Jembatan Suramadu.

23 Mei 2010 – Laporan dari dua seminar di Surabaya

Sabtu, 22 Mei 2010 yang lalu, dua undangan seminar sekaligus datang ke Plat-M, yang pertama masuk adalah undangan dari teman-teman Blogger Surabaya (TPC) yang mengadakan “Seminar dan Sosialisasi Implementasi Piagam ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015? yang dan undangan dari UPN “Veteran” yang mengadakan Seminar Nasional IT, The Solution of Life.

24 Mei 2010 – Launching kaos resmi Plat-M

6-7 Juni 2010 – Plat-M terheboh di S.O.L.O

Nak-kanak Blogger Bangkalan menghadiri undangan acara SOLO (Sharing Online Lan Offline) darikomunitas Blogger Surakarta (bengawan.org) pada 5-6 Juni 2010 di Surakarta (Solo) . Rombongan 43 Anggota Plat-M berangkat Jum’at 4 Juni 2010 dengan menumpang satu gerbong kereta api Gaya Baru Malam dari stasiun Gubeng  – Surabaya.

14 Juni 2010 – Ngompol bareng Kiai | Lebih dari sebuah komunitas Blogger

Blogger selalu identik dengan menulis, “ber-html dan ber-php ria“, seolah tidak acuh dengan kehidupan di sekitarnya. Hal ini yang melatarbelakangi Plat-M sebagai komunitas blogger untuk menjadikan komunitas ini lebih dari sekedar komunitas blogger. Plat-M berusaha menjadi komunitas yang mempunyai kepekaan terhadap kehidupan sosial di sekitar kita.

9 Juli 2010 – Berita Foto : Jalan Sehat Bersama Rektor Unijoyo

18 Juli 2010 – Len Jelen Plat-M Ke Mercusuar Bangkalan

Salah satu agenda rutin Plat-M yaitu Len-Jelen (dalam bahasa Madura yang artinya jalan-jalan) untuk pertama kalinya telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juli 2010. Mercusuar Bangkalan adalah tempat yang dipilih sebagai tujuan dari agenda rutin Plat-M yang rencananya akan diselenggarakan tiap tiga bulan sekali ini. Mercusuar yang terletak di desa Ujung Piring Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan ini merupakan mercusuar yang sudah tidak difungsikan lagi, karena pelabuhan yang dulunya berada di desa ini sudah ditutup. Sekarang mercusuar ini dijadikan objek wisata. Pemandangan serta pantai di sekitar mercusuar Bangkalan sangat indah, tidak heran mercusuar ini sangat terkenal di Kabupaten Bangkalan Madura.

26 Agustus 2010 –  Kopdar Offline : Buka Puasa Bersama Internet Sehat

Rabu, 25 Agustus 2010 kemarin, Internet sehat mengadakan buka bersama beberapa komunitas di Surabaya dan sekitarnya. Komunitas Blogger Surabaya ditunjuk sebagai panitia dalam acara yang diadakan di RM Bebek Pincuk Surabaya (Jl. Jemur Sari – Surabaya) itu. Selain Plat-M, ada beberapa komunitas lain yang hadir dalam buka bersama kemarin, diantaranyaKomunitas Linux Arek Suroboyo (KLAS), Peniti, Mig33 Community, dan masih ada yang lain.

21 September 2010 – Halal bi halal Plat-M

21 September 2010, bertempat di alun-alun Bangkalan, Plat-M mengadakan acara halal bi halal sekaligus diskusi persiapan Blogshop dan Mini Pesta Blogger yang akan mampir ke Madura 16 Oktober nanti. Karena masih dalam suasana lebaran, jadi pertama kita saling bermaaf – maafan antar teman-teman Blogger.

Ditemani sedikit camilan, kita bincang-bincang masalah persiapan Madura sebagai salah satu tempat acara dalam rangkaian Pesta Blogger 2010. Persiapan sudah semakin matang, meski masih perlu sedikit perubahan untuk membuat acara yang simple tapi juga menarik, semoga acara pertama Plat-M ini bisa terlaksana dengan lancar dan sukses

27 September 2010 – Plat-M Berafiliasi dengan Labsi – Unijoyo

Tanggal 25 September 2010, merupakan tanggal yang sangat bersejarah bagi Plat-M. Ya! Sejak tanggal itulah Komunitas Blogger ini berafiliasi dengan Laboratorium Sistem Informasi (Labsi). Labsi itu sendiri adalah salah satu laboratorium komputer jurusan Teknik Informatika yang berada di Universitas Trunojoyo. Hal ini dikemukakan langsung oleh Kepala Laboratorium, Bapak Yusuf dalam acara Diklat dan Raker Warga Labsi di Pacet. Keputusan ini juga sangat di dukung oleh Bapak Lutfi dan Bapak Husni. Selain itu juga disambut gembira oleh seluruh warga Labsi yang kebanyakan juga anggota Plat-M, termasukKlebun-nya pun adalah warga Labsi.

7 Oktober 2010 – Workshop IT-Expo 2010 : “Nge-Blog Cerdas”

IT-Expo 2010 merupakan sebuah acara yang diselengarakan UKMFT ITC – Unijoyo pada 6-8 Oktober 2010 yang bertemakan “Peran Komunitas Online untuk Kemajuan Bangsa”. Banyak komunitas yang terlibat dalam acara yang diadakan di gedung GSC – Universitas Trunojoyo itu. Plat-M merupakan salah satu komunitas yang diberi kesempatan ngisi acara workshop yang diberi tema “Nge-Blog Cerdas”.

12 Oktober 2010 – Sharing Komunitas Blogger dengan Peneliti

Seorang dosen dan peneliti dari Manchester University mengajak komunitas blogger di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk sharing bersama tentang peran komunitas dalam kehidupan sosial masyarakat menyikapi kemajuan teknologi. Sharing dilakukan di Basecamp Komunitas Blogger Bengawan – Solo yang diberi nama RBI (Rumah Blogger Indonesia) yang berada di Jl Apel III No.27, Jalan Adi Sucipto – Jejer – Solo

16 Oktober 2010 – Madura juga tidak mau kalah seru

Roadshow 10 kota Pesta Blogger sudah tiba di Kota ke-8 yaitu Madura. Plat-M sebagai Komunitas  Blogger yang aa di Madura diberi tantangan oleh Panitia Pesta Blogger+ 2010 untuk menyelenggarakan Blogshop dan Mini Pesta Blogger 2010. Nak-kanak Blogger Bangkalan sangat antusias dari awal pemberitahuan bahwa kita menjadi salah satu tempat dari 10 kota di Indonesia untuk mengadakan acara ini. Meski ini adalah kali pertama Madura di pilih menjadi venue Blogshop dan Mini Pesta Blogger sekaligus acara besar pertama yang diselenggarakan Plat-M sejak didirikan 10 bulan yang lalu, tapi kita tidak mau setengah-setengah untuk mengadakan acara ini, kita berjanji mengkonsep acara berbeda dengan kota-kota lain. Awalnya konsep Mini Pesta Blogger kita buatoutdoor atau di atas kapal, tapi karena cuaca yang tidak bisa ditebak dan keterbatasan Plat-M, akhirnya kita memilih Rumah Makan sebagai venue Mini Pesta Blogger di Madura.

29 Oktober 2010 – Muktamar Blogger Jilid 3

Biasanya sebelum acara Pesta Blogger+ 2010 dimulai, pada malam harinya ada acara yang dinamakan Muktamar Blogger, kita pasti mengira kalau acara ini sama seperti acara Muktamar yang diadakan organisasi-organisasi besard di Indonesia. Muktamar Blogger diadakan di sekitaran Bundaran HI dan untuk menyambut para komunitas Blogger dari berbagai daerah yang sudah berada di Jakarta untuk mengikuti Pesta Blogger. Acara yang diadakan tepat di Plaza Indonesia ini dikoordinir oleh teman-teman Blogger Bundaran HI. Muktamar Blogger bisa diibaratkan “lak-mellak” menyambut Pesta Blogger keesokan harinya. Berikut adalah hasil jeprat-jepret teman-teman Plat-M yang pertama kalinya menghadiri Muktamar Blogger.

30 Oktober 2010 – Pesta Bukan Berarti Hura-Hura

Pesta Blogger+ 2010 yang mengusung tema Merayakan Keragaman ini merupakan Pesta Blogger pertama bagi Plat-M. Pesta Blogger merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan setiap tahun sejak 2007. Mendengar namanya Pesta Blogger, pasti yang terpikirkan adalah suatu acara yang penuh dengan hura-hura dan tanpa makna.

Tetapi hal ini berbeda sekali ketika rombomgan dari Plat-M memasuki Gedung Epicentrum Walk di kawasan Rasuna Epicentrum, Jl. H R Rasuna Said kav. C22 Kuningan, Jakarta Selatan.

8-10 Desember 2010 Tello Areh Ngalateh nge-Blog dherih 0

Pelatihan nge-Blog ini dimulai dari tanggal 8-10 Desember 2010, dimana pelatihan nge-blog ini dibagi menjadi 2 shift yaitu sore dan malam. Pada sore hari pelatihan ini dimulai dari pukul 15.00 – 18.00 WIB dan pada malam harinya dimulai dari pukul 19.00 – 22.00 WIB.

Sasaran dari pelatihan ini adalah para mahasiswa/i Universitas Trunojoyo dari semua fakultas, jurusan, dan angkatan. Pelatihan ini terbilang sukses dikarenakan membludaknya peserta pelatihan, yang mana pada awalnya kita hanya menyediakan 72 kursi yang ternyata jumlah peserta yang mendaftar lebih dari kursi yang ada yaitu sebanyak 85 peserta.
16 Desember 2010 – Selamat Ulang Tahun, Saudaraku!
Tanggal 12 Desember yang lalu, Plat-M menghadiri undangan HUT saudara tua Plat-M, yaitu Komunitas Blogger Surabaya (TPC), berikut sedikit cerita dari acara yang sangat mengagumkan kemarin.
Sebelum memulai acara, kita berpose dulu di depan penginapan, setelah itu meluncur mengitari jantung kota Surabaya dengan menggunakan 2 bis pariwisata berwarna hijau. Tempa yang pertama dituju adalah Museum Kesehatan Dr. Adhyatma atau orang Surabaya lebih mengenalnya dengan Museum Santet, karena terdapat banyak peralatan yang digunakan untuk menyantet.
23 Desember 2010 – Perayaan HUT Pertama Plat-M
Happy Anniversary : Pak Klebun ditemani Okie dan Darul bersiap memotong tumpeng

23 Desember 2010 yang kebetulan hari kamis, Plat-M tepat berumur setahun. Umur yang tentunya masih bayi kalau diibaratkan manusia. Meski tidak mengadakan acara semewah teman-teman dari komunitas di daerah lain, tapi Plat-M tetap mengadakan acara meski didesain dengan sederhana, yaitu mengadakan tumpengan bersama teman-teman dari berbagai komunitas di sekitar kampus dan mengambil tempat di Coffee With Art sebuah cafe ternama dekat universitas Trunojoyo.




Wahyu Alam

Author: 

moslem - blogger - traveler - founder of @plat_m - UTM lecturer - book reader - social media - #ihateLate - t: @wahyualam - b: wahyualam.com

Related Posts

4 Responses

  1. wisata suramadu – Alunan Kata07/12/2016 at 08:23Reply

    […] Pantai Sembilangan Mercusuar yang terletak di desa Ujung Piring Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan ini merupakan mercusuar yang sudah tidak difungsikan lagi, karena pelabuhan yang dulunya berada di […]

  2. rotyyu05/01/2011 at 19:11Reply

    Btw, makasih utk ucapan selamat di header blog ini ya (walaupun ada sedikit kesalahan ketik), seingat saya tidak banyak anggota Plat M yg merayakan Natal (mungkin saya satu2nya).

  3. Wahyu Alam28/12/2010 at 20:33Reply

    Tidak terasa juga kalau kita sudah berumur setahun, dan semoga tetap sampai ribuan tahun lamanya…

  4. the_arul27/12/2010 at 20:39Reply

    Ternyata sudah banyak sekali yang kita lalui, tahun-tahun ke depan harus lebih baik lagi. okey 🙂

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.