Jujur, Berkah yang Tersembunyi

 Madura

berani jujur

Gambar:?orangjujurhebat.blogspot.com

Saya paling suka dengan orang-orang yang jujur. Itu menguntungkan. Orang jujur hari ini merupakan mutiara yang mulai langka. Ia hanya dimiliki sebagian orang sedangnya kebanyakan orang lainnya berlaku tidak jujur. Kejujuran merupakan teman yang paling disukai dalam hidup bermasyarakat. Orang jujur akan mampu menghadapi persoalan hidupnya dengan jujur. Setiap orang yang menjalani hidup dengan jujur akan beruntung. Ia akan beruntung dengan kejujurannya. Tetapi pendapat saya ini menjadi salah ketika ada orang jujur lalu menjadi hancur karena beberapa tindakan pihak tertentu yang tidak suka dengan orang-orang jujur.

Kejujuran selalu memberikan berkah yang tersembunyi. Kejujuran selalu memberikan harapan untuk didengarkan oleh orang lain, diminta nasehat dan juga diberi amanah karena kejujurannya. Kejujuran terkadang memberikan berkah tersembunyi dan ia akan beruntung dengan sikap kejujuran yang dipeliharanya. Jika ia kemudian ingkar janji, maka sedikit sekali orang yang akan mempercayai semua ucapan dan janji-janjinya di kemudian hari.

Di dalam masyarakat Madura, orang jujur sangat dihargai dan diteladani. Mereka adalah kawan yang menyenangkan sekaligus memberikan kedamaian. Hari ini mungkin banyak juga orang-orang yang tidak jujur, tetapi kita harus tetap percaya bahwa orang jujur akan selalu selamat. Beberapa hal yang bisa saya tuliskan adalah :

Pertama, orang jujur akan senantiasa menarik dan bisa dijadikan patner yang menguntungkan. Orang jujur bisa menjadi teladan dan juga mampu dipercaya dibandingkan orang yang tidak jujur.

Kedua, orang jujur selalu mengedepankan kejujuran meskipun itu pahit dirasakan daripada hasil yang hanya menguntungkan kehidupan sesaat saja. Orang jujur selalu memiliki keyakinan bahwa segala hal yang dilakukan dengan tidak jujur, itu akan mendatangkan malapetaka di kemudian hari.

Seperti pepatah Madura mengatakan bahwa “oreng djudjur mate ngonjur” yang bisa diberi makna bahwa orang jujur matinya pun dalam keadaan yang baik. ia mati meninggalkan kepercayaan orang lain. Ia berbeda dengan orang yang suka melanggar janji, sehingga segala ucapannya terkadang kurang begitu cepat dipercayai oleh orang lain. Sudahkah anda jujur hari ini?

Fendi Chovi

Author: 

Fendi Chovi, senang menulis dan jalan-jalan. Pernah bekerja di korankabar.com Berkesempatan menghadiri ASEAN Blogger Festival dan sederet kegiatan blogger baik tingkat nasional dan daerah. Saat ini aktif di komunitas blogger Plat-M, Madura dan Komunitas Lintas Agama Young Interfaith Peacemakers Community Indonesia (YIPCI). Cita-citanya ingin punya karya yang diterbitkan Kompas Gramedia. Boleh berbagi di twitter @fendichovi

Boleh berkunjung ke blog : mapping-map.blogspot.com

Related Posts

One Response

  1. Ahmad Fendi20/05/2013 at 21:44Reply

    Kejujuran adalah cermin bagi jiwa orang2 yang memiliki niat baik untuk menjaga hidupnya.

Leave a Reply

Buktikan kalau kamu adalah manusia! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.